Skip to main content

BISNIS KEREN ala Boyce Avenue Featuring Scream, Kalahkan BEBEK GARANG!

Apa jadinya kalau :
   FEATURING
 Tentu saja jadi BISNIS KEREN
Bukan, bukan mau bilang mereka berkolaborasi. Tapi ini sih yang gue banyangin ketika pertama kali denger kata "REVENUE STREAM" Yaa, mungkin cuma di otak gue aja kali yah.


Hihihihi, Revenue Stream, adalah Sumber pendapatan.

Lalu apa hubungannya dengan BISNIS KEREN??
Pernah terpikir nggak guys, apa saja sumber pendapatan yang bisa kita dapetin dari bisnis yang lagi kita jalanin?

Kita ambil contoh, BEBEK GARANG.
Tempat makan dengan menu utama bebek ini bisa dibilang termasuk salah satu bisnis keren yang sukses. Cabangnya udah dimana- mana bro! :)
Siapa yang nggak ngiri sama Bisnis ini? Yuk kita jadi saingan mereka!

- BEBEK SEGAR MERANGSANG

Itu singkatan BEBEK GARANG. Unique message yang jadi brand ini bikin orang yang pengen makan makanan pedas langsung teringat "Segar merangsang" dan jangan di tanya lagi kalo mau makan menu bebek ya pasti disitu.

Yap, cobalah cari hal-hal atau sebuah inovasi produk yang belum ada di tempat kita. Misalnya jualan kerang kulit lunak, Permen anti ngantuk, atau Nasi Kuduk (Kuning dan Uduk), kuatkan sisi "berbeda" alias differensial dari produk yang akan kita jual.

Selain penjualan produk yang berbeda tentu ada lagi yang bisa kita jadikan Revenue Stream, alias sumber pendapatan kita. Kalau kita punya satu warung yang punya penghasilan perbulannya 40 juta rupiah, coba kaliin sama jumlah warung yang kita jadiin cabang. Udah berapa tuh? So, jangan sungkan buat buka warung dengan beberapa cabang.

- PERMAINAN

Kalau kita masuk ke salah satu warung Bebek garang, akan ada yang berbeda di setiap mejanya. Yap, biar pengunjung nggak boring pas nungguin pesanannya dateng, Bebek Garang menyediakan permainan Halma, Ular tangga, Uno, bahkan Playstation. GREAT!!  

Kita juga bisa nih ngehadirin sesuatu yang unik buat bikin konsumen kita nggak rewel pas nungguin menunya datang, misalnya memasang LCD Touchscreen dengan permainan bounce atau permainan tetris, bahkan kita bisa menjadikan permainan tersebut terkoneksi dan menjadikannya tournament antar pengunjung dengan jam-jam tertentu. :)

- SUSU SUSANTI
Bebek garang menghadirkan brand minuman susu susanti sebagai pilihan bagi konsumennya yang cuma ingin nongkrong- nongkrong cantik tanpa memesan makanan beratnya. Kalau Bebek garang punya susu susanti, kalau warung kita punya apa nih?
Gaet salah satu brand atau produk lain yang berbeda dari menu di warung kita, nggak mesti beda brand, dengan menghadirkan menu-menu bervariatif kita juga bisa menggaet berbagai kalangan. Nggak cuma yang pengen makan makanan berat saja.

- PESAN ANTAR

Ini dia yang sedang tren dikalangan kuliner, banyak beberapa dari konsumen yang kadang malas meuju tempat makan favoritenya, alesannya macet lah, ujanlah, sibuklah, apapun alasan konsumen, pastikan mereka bisa menikmati produk kita. 
Selain menambah omset penjualan, Layanan Pesan antar ini juga bisa jadi salah satu Revenue Stream buat bisnis kita. Dengan menambahkan ongkos pengantaran atau bisa dengan minimal order produk kita.

- FRANCHISE
Siapa yang nggak tau, kalo udah franchise jelas banget ini buat pemasukan kita. Bebek garang sudah melakukan ini. Masa kita nggak? ;)

- PROMOSI DAN DISKON
Promosi online yang dilakuin bebek garang di mulai dari Twitter, Facebook, Dan Website. Selain itu mereka juga ngasih diskon-diskon unik. Misalnya pas lagi ulang tahun makan disana dapet diskon sekian persen, atau promo- promo lainnya. Ini bisa kita contoh, cobalah promo unik, misalnya tanggal 13, nah siapa yang dateng kesana dengan jumlah orang 13 bisa dapet diskon 13 persen.Pusing pusing deh ngitungnya! :p

Yang gue tau sih yah baru itu yang dilakuin BEBEK GARANG buat menjalankan bisnisnya. Nih, adalagi beberapa hal yang semoga belum dilakukan bebek garang biar kita bisa jadi saingannya n ngalahin omsetnya! ;)

- SPONSOR

Apa itu? Yap, kalian mungkin udah nggak asing sama kata ini. SPONSOR. Kalau kita membuka warung yang menyediakan menu bebek, kira-kira produk apa yang bisa jadi sponsor kita? Buatlah listnya.
Bebek Kagok negro http://bebekgarang.com/? p=39
 Bebek bumbu kecap yang diracik khusus dengan paduan rempah. Terasa manis dan gurih sampai ke dalam dagingnya. Disajikan dengan sambal dan lalab.

Dari keterangan di atas, kita tahu ada beberapa produk yang di gunakan untuk menghidangkan produk ini.
1. Kecap. Carilah perusahaan yang memproduksi kecap.
2. Sambal. Carilah proudusen sambal.
3. Lalab. Bisa kita ajak join tuh supermarket suplier sayuran. ;)
4. Penyedap. Produsen penyedap bisa kita jadikan target sponsor.
5. Peralatan makan. Kamu juga udah tau jawabannya. Pasti pabrik atau suplier peralatan makan. Mutiara Kitchen misalnya, atau Subur Mart. ;)

Itu baru 1 menu ya guys, menu lainnya? Sudah pasti sangat banyak! Revenue Stream, kita modal dikit, konsumen dan sponsor senang! ^^

- PRODUKSI SENDIRI

Ketika kita sudah punya banyak cabang, punya banyak franchise, omset udah milyaran, kenapa kita mesti ngambil bahan baku kita dari suplier?
Produksi sendiri apa yang kita butuhkan, akan jauh lebih UNTUNG dari pada kita memesan pada supier. Kita bisa ternak bebek sebagai salah satu jalan untuk menambah Revenue Stream kita. Nggak cuma bahan  baku produk, kita bisa juga memproduksi furniture yang kita pakai di warung utama untuk frenchise kita. So, its a revenue stream for us!

- RECYCLE SYSTEM

Bukan mau nyuruh pake sisa makanan orang buat di jual lagi yah! Dari menu-menu yang di hidangkan mungkin ada bagian dari bahan baku yang tidak di pakai. Contoh telur. Kita kan nggak masak telor ama kulitnya, nah dari kulit telur itu kita bisa menghasilkan sesuatu. Misalnya di jadiin kerajinan tangan berbentuk lampu unik. Bisa juga dijadiin kayak gini nih :

Ini bisa jadi Revenue Stream juga buat kita!

So, udah siap buat punya REVENUE STREAM dari bisnis yang lagi kita jalanin? Jangan sampai rahasia revenue stream ini ketahuan duluan ama yang lain guys!
Semangat!! ^_^



Comments