Skip to main content

Punya Market Place Sukses? Bisa!!

Yang namanya bisnis  pasti terkait sama yang namanya jual beli, entah itu menjual produk atau juga menjual jasa. Dengan kemudahan yang ditawarkan dunia maya, kini menjual atau membeli barang secara online adalah pilihan yang sering di gunakan para pebisnis atau pengusaha untuk mendapatkan konsumen.
Semakin banyaknya pebisnis yang melakukan promosi, bisa kita jadikan peluang untuk membuat "Market Place", yap sebuah tempat jual beli. Bukan pasar bukan mall, tapi situs jual beli.

Salah satu situs jual beli yang saat ini sangat populer adalah tokobagus.com, Ini gue nyoba searching dengan keyword "Situs Jual beli terpopulier 2013 di Indonesia", munculah website "Tokobagus.com"






Apa itu Tokobagus.com? 


"Tokobagus.com adalah pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja. Untuk para penjual, pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Tokobagus. Iklan anda akan dilihat oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis. Bergabunglah sekarang juga bersama jutaan member lain yang sudah terdaftar."
 Begitulah keterangan di hompage tokobagus.com.

Tokobagus.com bukan satu-satunya market place yang ada di Indonesia, tapi mengapa ketika kita mencari dengan "Keyword" jual beli, situs jual beli, dan lainnya ia bisa ada di urutan pertama?
Bagaimana bisa tokobagus.com menyaingi para kompetitornya?

Yuk kita cari tahu! Biar bisa bikin juga market place yang nggak kalah keren dari Tokobagus.com! ;)

- Semua Bisa Jadi Duit

Begitulah kira-kira ajakan yang di lontarkan tokobagus.com pada konsumen-konsumennya. Hari gini siapa sih yang tidak suka dengan Uang? Dengan memanfaatkan barang-barang tidak terpakai para konsumen tokobagus bisa memanfaatkan fitur pemasangan iklan di situs ini, menjadikan benda yang tadinya tak terpakai sebagai sumber dana tambahan.

Kejelian tokobagus.com bisa kita tiru nih guys, walaupun tidak hanya barang bekas yang di jual di tokobagus.com, mereka berhasil menggaet banyak konsumen dengan ajakan tersebut. Cobalah pilih kata-kata yang mampu menarik perhatian Konsumen (Unique Message), misalnya kita akan membuka sebuah market place khusus peninggi badan, kita bisa gunakan kata "Jangan sampai kamu jadi orang PENDEK SENDIRIAN!", atau kalau kita menyediakan market place khusus makanan kita bisa menggunakan kata-kata : "Mau makan tapi malas keluar? Kita antar sampai depan Kamar!".

- GRATIS

Semua orang yang memasang iklan di tokobagus.com tidak harus membayar. Itu menjadi nilai lebih yang bisa membuat konsumen memilih tokobagus.com. Kita bisa menirunya, berikan pelayanan terbaik dengan GRATIS. Siapa sih yang tidak suka dengan hal-hal GRATIS? Nah, lalu bagaimana kita mendapatkan keuntungan dai market place yang kita buat nanti? Buatlah fitur-fitur premium yang bisa diakses secara istimewa oleh konsumen yang mau membayar lebih. Seperti Konsumen yang membayar lebih, iklannya akan di tempatkan di urutan paling pertama. Agar semakin banyak yang menginginkan fitur premium, kita juga bisa menggunakan taktik "Limited offer" pada penawaran fitur premium. Buatlah konsumen marketplace kita tidak merasa rugi mengeluarkan sedikit dana lebih, untuk fitur yang berbeda daripada konsumen lain.


 - User Friendly

Semua orang suka dengan hal-hal praktis. Jangan buat konsumen kesulitan menggunakan fitur di market place kita karena mereka akan berpikir duakali untuk menggunakannya. Updatelah Marketplace kita dengan tekhnologi yang mudah di jangkau oleh konsumen. Seperti yang di lakukan tokobagus, mereka menambahkna fitur "WeChat" yang semakin memudahkan para usernya berkomunikasi satu sama lain, baik penjual maupun pembeli.

Yang paling rentan selain fitur dari sebuah market place adalah "KEPERCAYAAN". Yap, karena user yang memasangkan iklannya berasal dari semua kalangan, kita tidak tahu apakah dia benar-benar penjual atau jangan-jangan akan melakukan modus penipuan? Jangan sampai ini terjadi di marketplace yang kita buat sehingga market place kita tercap tidak baik. Kita bisa menambahkan fitur verifikasi untuk penjual, nah ini juga bisa jadi peluang kita mendapatkan dana tambahan. Mengapa tidak kita memungut biaya agar user tersebut bisa terverifikas akunnya? :)

Jangan ragu untuk menyediakan kelebihan pada Market place yang kita miliki. Bantulah konsumen dengan menyediakan fitur tanya jawab 24 jam.

- Promosi

Semua produk perlu promosi, tokobagus merupakan salah satu website yang rajin berpromosi. Kita bisa meniru cara promosi mereka yang selalu memanfaatkan moment, seperti saat lebaran, mereka mengeluarkan TVC tentang 'Maaf', coba praktekan pada produk kita, bisa juga kita mempromosikan bisnis dengan mengadakan kuis dengan tema yang sedang 'in' di kalangan.masyarakat.


Promosi tak harus dengan hal-hal yang serius, entah disengaja atau tidak, salah satu picture ini juga menjadi ajang promosi tokobagus.com :
Dan satu lagi, tokobagus.com juga memasang iklan di google, jadi ada beberapa keyword yang kita cari makan tokobagus.com akan tampil di urutan pertama. Kita juga bisa memasang iklan di google, cobalah cari agency yang lebih berpengalaman agar saat memasang iklan di google kita bisa memaksimalkan dana yang kita miliki.



 Nah dengan hal-hal tadi , apakah sudah siap menjadi salah satu pesaing tokobagus.com? :)





Comments