Skip to main content

Branding Nggak Pake Bayar Mahil ~

Agustus sudah mau masuk ke minggu terakhir. Hari ini gue mau sok iyah bahas tentang marketing online boleh? Nggak, gue bukan ahli di bidang marketing, gue cuma mau sharing aja beberapa strategi yang gue tahu supaya biaya branding kita murah tapi bisa meriah untuk marketing secara online. *benerin dasi* *padahal nggak pake dasi* *padahal nggak tahu itu bahasa yang di pake udah bener atau belum* :D

Cara pertama adalah dengan membuat komunitas.
Nah jadi pertama-tama kita jangan dulu langsung bikin page/group dengan brand kita. Misalnya brand kita adalah brand yang menjual makanan pedas, sebaiknya nama group yang kita buat adalah "Pecinta Pedas" atau "Pencari Kepedasan". Nah ketika komunitas yang kita bikin sudah besar, maka kita tinggal promo deh ke semua anggota komunitas dengan kata-kata "Hai temen-teman pecinta pedas, udah cobain "BRAND kita" belum?". Setahu saya pasti orang-orang akan penasara. Brand kita akan di cari mereka! ^_^


Cara kedua adalah membuat konten/postingan menarik.
Konten menarik saat ini sudah banyak beredar, bahkan konten yang menceritakan tentang buaya menangis juga bisa jadi konten yang menarik. Atau mungkin kalian ingat cerita tentang anak kecil yang harus mengumpulkan LIKE oleh ayahnya?


Nah, meskipun kita tidak kenal dengan anak ini, kita juga bukan komunitas pecinta anak, tapi timbul sebuah perasaan untuk berbagi. Itulah yang di maksud konten menarik. Konten yang membuat orang lain yang melihatnya ingin melakukan sesuatu, entah itu hanya LIKE, share, atau bahkan mencari tahu ini foto siapa. Nah apakah kalian pernah melakukan hal ini pada Brand kalian?


Bahkan ketika ayahnya memposting hal lain, banyak orang yang penasaran apakah keinginan sanga Anak sudah dikabulkan? Yuk mulai sekarang isi konten di social media BRAND kita dengan hal-hal postifi yang menarik!

Bisa juga kita lakukan dengan memposting hal-hak yang bersifat tips dan trik atau ramalan. Salah satu fanspage yang sering mengupload konten menarik walaupun nggak ada hubungan apapun dengan brandnya adalah GERY Chocolatos ==> Lihat Fanspagenya disini.

Cara terakhir adalah KUIS.
Kalian tahu ada berapa banyak kuis hunter di dunia ini? Banyak! Dan mereka dengan suka rela akan publish brand kamu sebanyak-banyaknya! Rela nyepam, rela di musuhin temen-temennya demi menangin kuis kamu! Keren nggak? :D

Hadiah yang kalian siapkan bisa besar bisa kecil, cuma pulsa 10 ribu juga para Kuis Hunter siap membuat brand kalian beredar. Tapi perhatikan syarat dan ketentuan, jangan sampai kuis yang kita bikin malah akan di protes 7 turunan ya!

Kuis yang sedang gue lakukan untuk bisnis gue :



Selain 3 cara tadi, ada satu cara yang paling mudah. Tapi tidak murah. Kita bayar ads, atau iklan. Macam-macam ads yang bisa kita pasang sangat banyak, diantaranya :

  • Facebook Ads
  • Twitter Ads
  • Google Ads
  • Youtube Ads
Mana yang paling tepat untuk brand yang kita miliki? Nanti di bahas lagi yaa, kan sekarang lagi ngomongin tentang handing social media buat brand kita supaya branding kita murah meriah bukan yang pake bayar. Iya kan? So, sekian, semoga bermanfaat.

Salam. ^^


Comments