Wednesday, 3 September 2014

Tips Beli Kambing Kurban 2014

Tahun 2014 ini, Idul adha atau hari lebaran haji akan jatuh pada tanggal 5 Oktober. Itu artinya saat ini mungkin kamu lagi bingung nih mau mengkurbankan apa di hari Idul Adha nanti? Kambing atau Sapi? Onta atau mending nyusul rombongan buat naek haji? Daripada kamu kurban perasaan lagi tahun ini, mending kamu kurban kambing aja yuk! Kambing dari segi ekonomi lebih murah daripada sapi, nah tapi yang di kurbanin jangan kambing sembarangan yah! Sebelum beli kambing buat kurban, mending kamu baca dulu tips beli kambing kurban 2014 berikut ini :

Pertama, kamu harus nabung. Harusnya sih minimal kamu dari tahun kemarin nabungnya. Jadi kamu bisa nyicil sebulan 100 ribu rupiah buat beli kambing kurban tahun 2014 ini. Tapi nasi sudah jadi bubur, ini tinggal sebulan sebelum hari Idul Adha, jadi yasudahlah kamu mau nggak mau harus siapin dana sekitar 2 Juta rupiah. Mahal? Ya enggak dong, ingat balasannya. Mau kan punya kendaraan di Syurga kelak? Nyicil motor 3 tahun aja yang pas udah lunas motornya udah rusak bisa, masa nyicil kendaraan buat di Akhirat kelak nggak bisa?

tips beli kambing kurban 2014


Kedua, Kamu harus cari tahu ciri-ciri kambing sehat yang oke buat berkurban. Masa kamu mau kurban kambing yang nggak sehat? Nanti bukannya menebar kebaikan tapi kamu malah menularkan penyakit. Oh NO! Oiah, perlu di inget juga minimal usia kambing yang mau di kurbanin itu juga setengah tahun, alias 6 bulan! Kalau kemudaan nggak boleh, kasian masih belum cukup umur. Kambing yang kamu gunakan buat berkurban juga nggak boleh yang cacat atau memiliki aib. Kayak misalnya buta, sakit, pincang, atau sangat kurus.

tips beli kambing kurban 2014

Ketiga, ini penting juga nih. Pas kamu beli kambing kurban di tahun 2014, kamu nggak boleh membeli kambing tersebut dengan uang yang tidak halal. Apalagi kalau kamu karena nggak punya uang tapi pengen kurban terus malah mencuri kambing. Jangan ya! Jangan. 

Setelah kamu menemukan kambing yang oke sesuai dengan syarat kurban, uangnya udah ada, kamu tinggal membayarnya. Nah ada lagi nih tips beli kambing kurban 2014 biar kamu nggak ketipu. Apalagi misalnya kamu beli secara online. Nggak lucu kan kalo kamu kehilangan uang 2 juta yang niatnya buat kurban itu.. Iyasih iklas, tapi kalo uangnya di pake sama orang nggak bertanggung jawab kan males juga yaah, apalagi uangnya itu hasil nabung. Iyuwh.

Biar kamu nggak ketipu, Kamu harus pastiin penjual kambing tersebut adalah penjual yang jujur, yang amanah yang nggak mungkin nggak akan ngirim kambing  ke kamu setelah kamu membayarnya.  Gimana cara memastikan bahwa penjual itu jujur?
  • Minta foto real kambingnya, nah ini khusus kalo kamu beli online ya, dan belinya bukan di penjual yang sudah punya nama. Kalo kamu belinya di aqiqah.com atau apa gitu yang sejenis dan udah terkenal, nggak mungkin juga kamu minta poto asli kambingnya, yang ada kamu di maki-maki. Hihihihi.
  • Biasanya nama akun rekening dan nama penjual sama. Inget ini berlaku buat penjual kambing yang baru kamu kenal, bukan di penjual kambing yang besar apalagi udah PT.
  • Berdoa, niatkan dalam diri kamu bahwa kamu ingin beribadah, dan semoga sang penjual kambing tidak menipu kamu sehingga kamu bisa mengkurbankan kambing di hari Idul Adha nanti.
Selesai tips beli kambing kurban 2014 kali ini, apakah ada yang mau di tanyakan? Silahkan jika kamu memiliki tips beli kambing kurban 2014 lainnya bisa kamu tambahkan di kolom komentar ya! Sekian.

Salam,
Seseorang yang ingin berbagi tips beli kambing kurban 2014.


1 comment:

  1. Semangat iabadah qurban, berbagi kebahagiaan ada yang model lembaga qurban online seperti saat ini banyak dilakukan, karena bisa lebih mudah dikala kesibukan untuk berkurban

    ReplyDelete