Skip to main content

Ramadhan 1436 H : 3 Aplikasi GRATIS Untuk Mempermudah Ibadah

Menyambut bulan Ramadhan, saya belum bisa berbagi sedekah harta buat munggahan, hehe. Jadi saya berbagi informasi aja ya tentang aplikasi-aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita melakukan kebaikan. Kalau yang udah tahu, Alhamdulillah.. Kalau yang belum tahu semoga informasi yang saya tuturkan disini bisa bermanfaat ^^

1. Aplikasi LINE. LIVE EVENT = LINE RAMADHAN
Aplikasi LINE memang lagi hits di tengah masyarakat. Bukan hanya di Indonesia, di negara-negara Asia lainpun LINE memang sedang di gandrungi. Menurut saya salah satu alasannya adalah LINE selalu mencoba update hal-hal terkini yang ada di Masyarakat. Nah salah satu yang bermanfaat dari aplikasi LINE selain untuk main LETS GET RICH adalah LINE RAMADHAN.



Sesuai dengan gambar di atas, sudah kelihatan kan ada apa saja di LINE RAMDAHAN ini. Betul kita bisa melihat jadwal imsakiyah, jadwal magrib, jadwal shalat, dan doa-doa. Terlihat sepele, tapi menurut saya apa yang di berikan di Line Ramadhan ini bisa mempermudah kita dalam beraktivitas di bulan Ramadhan.


Kita hanya perlu mengetikan apa yang akan kita cari. Misalnya DOA, nah saya mencoba-nya dan keluarlah gambar berisi doa berbahasa Indonesia yang saat di perbesar akan muncul pilihan untuk Save atau Share. Nah kita tinggal pilih mau save doa-nya atau share ke teman-teman kita. Dua-duanya juga bisa, disave lalu di share. Keren kan? 

Beberapa kata kunci yang bisa di gunakan di LINE RAMADHAN ini adalah "BUKA" atau "IMSAK" untuk jadwal imsak dan berbuka di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makasar. Kita juga bisa memasukan kata kunci "SUBUH", "DZUHUR", "ASHAR", "MAGRIB", atau "ISYA" untuk jadwal shalat di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makasar. Untuk kultum, kita hanya pelu mengetikan kata "KULTUM" pada chat dengan akun LINE RAMADHAN. Biar nggak lupa berapa hari kita menjalankan puasa, ada fasilitas LINE STAMP RAMADHAN, bukan sebagai hari berpuasa saja fasilitas ini juga bisa memberikan penggunanya voucher KF* dan Alfama*rt! Keren. Untuk DOA, kita hanya perlu mengetik kata "DOA" seperti gambar di atas. Asik kan aplikasinya? *wink*

2. Aplikasi AL-QUR'AN BAHASA INDONESIA.
Aplikasi ini bukan hanya di buat khusus bulan Ramadhan, aplikasi ini bisa kita gunakan sehari-hari, selamanya. Gadget dan smartphone jangan hanya di gunakan untuk maen games, update status via social media, dan chating ya! *ngobrolsambilngaca*


Ini adalah penampakan aplikasi Al-Qur'an yang free alias gratis. Saya rasa aplikasi ini cukup lengkap, karena kita bisa mencari ayat yang mengandung sebuah kata yang kita inginkan. Misalnya saya ingin mencari kata "puasa", maka hasil pencarian dengan hasil ayat-ayat yang mengandung kata "puasa" akan muncul. Jika lebih dari 50 hasil biasanya akan muncul notifikasi yang mengajurkan kita menggunakan Al-Qur;an Pro.


Bukan cuma membatu kita untuk mengaji, aplikasi ini juga bisa menjadi alarm alias pengingat shalat kita karena di lengkapi dengan jadwal shalat yang bisa di sesuaikan dengan kota tempat kita berada.



Apakah kamu pernah pakai aplikasi ini? Alhamdulillah kalau sudah pakai, yang belum nggak saya paksa koo, kalau mau pakai boleh, pakai aplikasi sejenis juga bisa. *smile* Cuma sayangnya kadang ada iklan besar yang muncul full screen dan berisi hal yang tidak sepantasnya dilihat. Sebaiknya di klik tanda x lalu laporkan. Atau lebih amannya membeli Al-Qur'an pro yang bebas iklan. *sayabukanpromosi*

3. Aplikasi HIJRI CALENDER.
Penting nggak sih ini? Sebagai umat muslim tentu sangat penting. Kalau semua muslim setuju dengan kalender hijriah ini, saya rasa sidang isbat yang menghabiskan dana "Sekian" itu nggak perlu ada setiap tahun. Inisih pendapat pribadi aja, menurut saya sidang isbat yang di lakukan untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan itu seharusnya di pakai untuk hal lain yang lebih banyak manfaatnya. Maaf kalau salah. Nah ini ada aplikasi kalender hijriah ini sudah sangat jelas menuliskan kapan tanggal 1 Ramadhan untuk tahun masehi.


Di kalender ini tertulis juga kapan tanggal 1 syawal, yang saya rasa sudah benar dan nanti tidak perlu ada lagi sidang-sidangan. *CMIIW* Dari kalender hijriah juga kita bisa tahu sebenarnya jika menuruti kalender ini, kapan tanggal lahir kita sebenarnya? Kalau saya bulan Rajab, Suami saya bulan Dhu alqa'da. Dan menurut kalender hijriah ini usia saya dan suami lebih tua 1 tahun dari hitungan tahun masehi. Sebenarnya bukan hanya ada satu aplikasi sejenis kalender hijriah ini, suami saya menggunakan Date Converter, tapi saya lebih suka pakai yang ini. 


Itulah tiga aplikasi yang menurut saya bisa mempermudah kita melakukan kebaikan. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Sekalian saya mohon maaf jika ada kata-kata yang saya tuliskan dan saya ucapkan melukai perasaan teman-teman semua.

Jika yang saya tulis dan ucapkan tidak bermanfaat, mohon di maafkan dan jangan diikuti. Jika bermanfaat, mohon di sebarkan pada teman-teman yang lain. Marhaban ya ramadhan, semoga berkah Allah selalu melimpah pada kita semua. Aamiin.




Comments

  1. Assalamualaikum
    Dua dan tiga alhamdulillah sdh saya instal sdh lama...
    Yg no satu itu saya tidak instal. Ga ada teman, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam teh okti, hehe kenapa atuh yang satu nggak di instal, saya pake looh *buatmaengame* :D

      Delete
  2. makin dipermudah ya menjalankan ibadah. tinggal kita meningkatkan kualitas ibadah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga nggak kita sia-siakan ya mba ^^

      Delete
  3. Saya Insya Allah mau coba yang ketiga, kapan hari malah heboh nyari-nyari di Internet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, itu saya nyarinya di googleplaystore mba, semoga ketemu yaaa :D

      Delete
  4. Aku baru instal yg al-qur'an, yg lainnya belum nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, nggak wajib teh, tapi seru kalo pake yang pertama Yang ke3 untuk reminder aja :D

      Delete

Post a Comment