Skip to main content

Ramadhan 1436 H : Tutorial Membuat Postingan Blog Di Blogger.Com Untuk Pemula

Setelah sebelumnya saya mencoba menjelaskan gimana caranya membuat blog di blogspot, sekarang saya mau coba bikin sedikit tutorial cara membuat postingan di blog, bukan contentnya ya tapi postingannya aja. Karena ini materi yang simple, langsung aja yaks.
Pertama masuk ke akun blogger.com kamu.

Kedua, klik blog yang mau kamu isi-in artikel/ postingan, atau bisa langsung klik thumbnail/tombol oranye yang ada kaya pinsil/pulpennya.



Kalau kamu pilih klik dulu blognya, nanti kamu bisa pilih thumbnail/tombol entri baru.


Gampang kan? Nanti bakal langsung ada deh tempat dimana kamu bisa nulis artikel/postingan untuk blog kamu.


Ketiga, nulis deh.
Secara umum, menulis di blog ini mirip dengan menulis di microsoft word, misal untuk menuliskan kata yang di cetak tebal, hanya perlu mengaktifkan huruf B, untuk thumbnail seperti kertas yang terobek, itu berfungsi untuk memotong tampilan artikel sebelum pembaca menuju ke halaman artikel yang kita buat. Contohnya :


Nah disitu ada "lanjutin baca-nya" itu bukan di tulis manual, tapi menggunakan tanda "break page" alias kaya kertas kerobek gitu :D
Disebelah kanan ada kata Label (TAG), ini bisa buat tag kata kunci yang ada di postingan blog-nya kamu. Jadwal bisa di gunakan untuk kamu menyesuaikan postingan akan di publish tanggal dan jam berapa, bisa otomatis (sesuai settingan internet) atau kamu atur sendiri (bisa maju atau mundur waktunya). Untuk lokasi, bisa kamu isi ataupun nggak, nah di paling bawah ada settingan (pilihan) tentang komentar dan lainnya.

Keempat, setelah selesai mengetik postingan kamu, klik Publikasi untuk mempublish postingan, simpan untuk menjadikannya draft, pratinjau untuk melihat hasilnya, atau tutup kalau kamu nggak jadi mosting. 


Sehabis kamu selesai membuat artikel, akan muncul seperti ini. Beberapa ada juga yang akan muncul pop up untuk share di G+. Untuk Edit, kamu tinggal klik edit. Untuk melihat postingan, klik Lihat, sementara untuk bagikan klik bagikan (share di G+), dan menghapusnya cukup klik, Hapus. Sekian cara bikin postingannya.

Hehe mudah ya? Koo di bikin tutorialnya? Yaa biar banyak aja artikel yang saya bikin, hehehe. Semoga bermanfaaat ^^

Comments