Skip to main content

Tips Menabung : Saldo Awal Hanya 5.000,- Tahun Depan Jadi 6.890.000,- Mau?

"Bang bing bung yook, kita nabung. Tang ting tung yoo jangan di hitung, tahu-tahu kita nanti dapat untung!" Yang tahu lagu itu, berarti Anda satu angkatan dengan saya! *yeeeaay*. Dalam kesempatan kali ini saya mau share gimana caranya nabung dengan setoran awal cuma goceng, tapi tahun depan saldonya akan menjadi 6 JUTA Lebih! Lumayan banget kan. Tapi gimana caranya? 



Kalau di luar negeri nama metode ini adalah "52 Weeks Money Challange", jadi akan ada waktu selama 52 minggu untuk kita menabung, dan jumlah tabungan perminggunya akan bertambah 100 persen dari saldo awal yang kita tabungkan. Mudah kan? Sudah kebayang belum? Kalau belum coba deh perhatiin tabel berikut ini :


Sebelum melakukan metode ini, cobalah lihat jumlah setoran atau uang yang harus Anda tabung dalam minggu terakhir. Kira-kira apakah Anda sanggup untuk menabung sebanyak itu? Misalnya kalau saya memilih untuk menyetorkan uang sebesar 5000,- rupiah saat minggu pertama, itu artinya saya harus bisa menyetorkan uang sejumlah 260.00,- rupiah di minggu terakhir. Sanggup? Kalau belum, bisa looh di ganti jumlah setoran perharinya. Misalnya dengan 4000, 3000, 2000, atau 1000. Tapi jika Anda merasa "Aahh, sanggup dong segitu, lebih gede juga bisa!" Anda mungkin harus coba saldo awal sebesar 10.000,- rupiah.


Saya sih kayaknya belum sanggup kalo yang 10000 ini, wehehehe. Masih banyak cicilan, bo! Kalau Anda ingin berhasil di "52 Weeks Money Challange" ini, ada satu hal yang sangat-sangat penting dan harus Anda lakukan, yaitu KONSISTEN.

Yaps ini adalah tantangan yang godaan terberatnya adalah diri sendiri. Siapa yang nggak ngiler di saat tengah bulan, lalu di depan mata ada uang yang melambai-lambai? Tapi ingat, tantangan ini 52 minggu, kalau baru 40 minggu uangnya sudah di pergunakan sih sama saja dengan FAILED, alias misi gagal. Ini cocok juga di terapkan pada anak Anda atau Anda yang memiliki anak di kelas 5 SD, 2 SMP, dan 2 SMA. Mengapa? Karena pasti tahun depannya membutuhkan dana tambahan untuk liburan. Eh tapi saya dan Rudi, melakukan tantangan ini untuk merayakan first anniversary di Mei 2016 nanti. So sweet'kan? *wink*

Ada beberapa cara penyimpanan yang bisa Anda aplikasikan dalam "52 Weeks Money Challange" ini. Diantaranya :

Source  http://bit.ly/celengantransparan

1. Menyimpan dalam "Celengan"
Pastikan celengan Anda tidak bolong dan mudah di bongkar, hehe. Lebih bagus lagi jika Anda menabung dengan jenis uang yang seragam. Misalnya seribuan, atau lembaran lima ribu. Jika Anda menaruhnya dalam wadah atau celengan transparan, maka tabungan Anda ini juga bisa dijadikan penghias ruangan. Cool! But, hati-hati jika akan di taruh di ruangan yang umum seperti ruang tamu dan ruang keluarga, karena kejahatan bukan hanya karena ada niat si pelaku tapi juga karena ada kesempatan. 

Source : http://bit.ly/menabungdibank

2. Setor Tunai Pada Rekening Khusus
Yang ini agak ribet untuk anak-anak yang masih belajar menabung. Belum lagi karena harus adanya minimal saldo awal setiap Bank yang mungkin tidak sesuai dengan saldo awal yang Anda tentukan di "52 Weeks Money Challange". Tapi cara ini cukup simple untuk Anda yang sudah memiliki rekening, jika memungkinkan buatlah rekening khusus "52 Weeks Money Challange". Anda yang sudah memiliki fasilitas m-banking atau e-banking bisa mentransfer dana ke rekening khusus yang sudah Anda buat setiap minggu-nya sesuai dengan jumlah yang Anda tentukan di awal.

Untuk Anda yang ingin memiliki tabungan, tapi bingung akan membuat tabungan di bank apa yang sekiranya bisa sesuai dengan Anda, bisa kunjungi cermati.com disana ada banyak informasi mengenai finansial yang akan memudahkan Anda untuk membuat keputusan finansial yang tepat. Nggak percaya? Boleh langsung cek  ==> cermati.com

Source  http://bit.ly/tabunganemas

3. Ditukar Dengan Emas Atau Dollar
Iya, 10.000,- rupiah nggak cukup buat ditukar dengan emas. Harga emas saat ini kalau tidak salah sekitar 572.000,- rupiah. Jadi Anda bisa menukar uang Anda menjadi emas batangan saat tabungan Anda sudah berjumlah sesuai dengan emas yang ingin Anda beli. Atau Anda bisa menukar uang rupiah Anda dengan USD. Cara ini cocok untuk Anda yang tidak bisa melihat uang tergeletak begitu saja. 

Mudah kan? Iya mudah sih kalau cuma di bicarakan. Tapi kalau di praktekan? Ingat ya, sekali Anda tidak mematuhi seperti tidak menyetorkan dalam satu minggu atau menabung tidak sesuai dengan ketentuan, niscaya "52 Weeks Money Challange" yang Anda lakukan akan gagal. Nggak mau gagal kan? Yuk sama-sama sukses menabung dengan metode "52 Weeks Money Challange"! Semangat!

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati"

Comments

  1. Ahaha.. sepertinya saya bisa coba nih, tampak mudah tapi aplikasinya, hemmm.. tergantung niat sih ya, wkwkwk.

    Nice info mbak Amy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah berkunjung mba Hani, iya nih yang paling mudah dan yang paling sulit yaa konsisten hihihi.

      Delete
  2. Hm.. bisa dicoba, celengannya udah ada, hanya belum diisi juga..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip mba, nanti kalau udah berhasil posting yaaa :D

      Delete
  3. terima kasih sharingnya mbak Ami. Menabung harus di biasakan dari awal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lidya, kalau nggak dibiasain mah suka jadi susah. *ngomongindirisendiri*

      Delete
  4. Replies
    1. Makasih sudah berkunjung mba, silahakan di share kalau dirasa ada manfaatnya :D

      Delete
  5. Yah aku mah gak istiqomah orangnya. Celengan udah banyak, isinya kosong semua dong. Hadeuuhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seenggaknya udah istiqomah nggak diisi ya teh, hihihihi

      Delete
  6. Yang cepet untung, menabung bisa dengan membeli dollar...harusnya dulu sebelum naik, kalau sekarang kebangetan dollarnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mba, tapi kita nggak tau nanti setahun kemudian dollar jadi berapa rupiah :D Siapa tahu jadi 10 kali lipat *jangandongplease* *belumpunyadollar*

      Delete
  7. yeay....saya tahu lagunya. Berarti seangkatan dong?

    :D

    ReplyDelete
  8. Bagus dan bermanfaat infonya :)
    Menabung memang sangat penting untuk rencana masa depan kita.
    Ijin berbagi ini dia Tips agar bisa menabung http://kampoengilmu.com/tips-menabung/

    ReplyDelete
  9. Bagus dan bermanfaat infonya :)
    Menabung memang sangat penting untuk rencana masa depan kita.
    Ijin berbagi ini dia Tips agar bisa menabung http://kampoengilmu.com/tips-menabung/

    ReplyDelete

Post a Comment