Skip to main content

Napak Tilas Fun Blogging 6

Koo bisa sih suka ngeblog? Yaiya dong, secara blogging itu bisa dilakukan kapan saja dimana saja dengan keadaan apa saja asalkan ada sinyal internet. Yang lebih asik, ngeblog itu bisa dilakukan dengan siapa saja sambil ngapain aja. Mau udah mandi kek, belum mandi kek, udah dandan kek, pake daster kek, pokoknya bebas. Apa sih yang lebih menyenangkan daripada kebebasan? *wink*

Saya ngeblog dengan banyak tujuan, salah satunya adalah mendapatkan "nilai" lebih daripada kebanyakan orang. Dilingkungan saya jarang yang suka ngeblog, sehingga saya harus beradaptasi dengan teman-teman baru yang memang suka blogging. Saya pernah bergabung dengan berbagai komunitas blogger, tapi nggak pernah aktif. Hihihi, saya type silent reader dibeberapa komunitas. Yang lama-kelamaan akhirnya sayapun lupa ada di komunitas tersebut. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah komunitas baru bernama "Blogger Muslimah". Karena masih baru dan jumlah anggota yang sedikit, komunikasipun intens. Saya merasa menemukan komunitas yang benar-benar bisa saya masuki. Meski ada yang bilang kita tak boleh membatasi diri, tapi pada hakikatnya manusia butuh suatu lingkungan dimana ia merasa nyaman. Iya kan? Dan di komunitas "Blogger Muslimah" inilah saya menemukan kenyamanan untuk menyuarakan apa yang saya pikirkan dengan berbagai persamaan yang ada pada masing-masing membernya.


Dari "Blogger Muslimah" saya mengenal sosok "Liswanti Pertiwi", akrabnya dipanggil Teh Lis, atau Mba Lis. Meski belum pernah bertatap muka dan hanya saling colek mencolek di facebook serta whatsapp, Teh Lis menjadi salah satu inspirasi saya mengikuti sebuah komunitas blogger bernama "Fun Blogging". Dari timeline facebooknya, saya menemukan informasi bahwa "Fun Blogging 6" akan diadakan di Kota Bandung. Yeaaah!

Dengan semangat'45 saya mendaftar, ngirim email ke panitia. Namun ke-excited-an saya berkurang ketika ada biaya registrasi sebesar 100ribu rupiah. Whehehehe. Iya, saya kira GRATIS. Well saya coba pertimbangkan, apa benefit yang kira-kira akan saya dapatkan dan apakah setimpal dengan apa yang harus saya investasikan. Setelah menimbang-nimbang dalam waktu 5 menit, saya belum menemukan jawabannya. Akhirnya saya screencapture email dari panitia dan saya kirimkan pada suami saya tercinta. "Sayang, aku mau ikutan acara ini. Boleh nggak?" selain minta izin, kalimat ini juga bermaksud untuk minta uang hihihi. Suami saya yang baik hati langsung meng-iya-kan. Aassiik!

Saking girangnya, saya lupa bookmark email dari panitia. Dan sampai akhirnya deadline pembayaran sudah terlewat. Saya terancam gagal ikutan fun blogging 6, hiks. Namun dengan memberanikan diri saya bertanya pada panitia apakah masih bisa mendaftar dan membayar biaya registrasi? Ternyata bisa. Alhamdulillah... Awalnya saya berfikir kalau memang tidak bisa, berati belum waktunya saya bergabung dengan fun blogging. Padahal dipikiran saya saat itu sudah terbayang pulang membawa hadiah gadget dan akan mendapatkan job-job kece di komunitas tersebut. 

Iya, tujuan saya ngeblog kan memiliki "nilai lebih" dan saya rasa salah satu komunitas yang bisa dijadikan sebagai jembatan itu adalah fun blogging. Konon, disana akan dishare banyak peluang job dan lomba untuk blogger. Saya sebagai blogger matre merasa tertantang untuk bergabung di komunitas ini. Jadi investasi 100 ribu yang awalnya terdengan mahil karena setara dengan membayar TDL(Top Level Domain) yang sampai sekarang belum saya miliki. Jadi gimana? Jadi yaa ikutan dong. Berita baiknya, suami saya juga mau ikutan. Meski dia bukan blogger, dia mau nemenin istrinya yang lagi hamil muda. Awalnya saya minta di dropship aja *jualan online kali*, tapi suami tercinta mau ikutan aja. Sekalian dia juga pengen tahu, ngeblog itu gimana. Lebih tepatnya sih takut istrinya ada yang ngeceng kali yak, hihihi.

Hari yang ditunggu tiba, Fun blogging 6 dimulai. Saya dan suami tiba di Dago DigiLife jam 9 pagi. Disana sudah banyak peserta, nggak ada yang saya kenal. Kecuali Mba Shinta Ries dan Ani Berta, yang kebetulan jadi pemateri disana. Iya saya kenal, soalnya saya add akun facebooknya. Nggak tahu deh merekanya kenal saya ato nggak. Tapi pas salaman, mba Shinta Ries menyapa dengan ramah. Wehehehe, senangnya diingat orang lain. Kursi dibarisan depan masih kosong, saya dan Rudi langsung duduk disana. 


Biar kekinian, saya dan Rudi foto dulu. Hihihi, ceritanya mau pamer kentjan tjantik diacara yang nggak biasa. Kan kalo pacaran biasanya di cafe mana gitu yah, nah kita mah di acara pelatihan, hihihi. Sebelum pemateri membagikan ilmunya, kita diperkenankan untuk perkenalan. Dan suami saya kebagian giliran pertama, hihihi saya mah cuma bisa ketawa. Suami saya bodor, tapi yasudahlah pengalaman. Setelah perkenalan, dibelakang saya ternyata ada Teh Okti Li. Kami sama-sama member blogger muslimah. Teh Okti ini yang dulu blognya pernah ikut progran BlogWalking, makanya saya agak kenal. :D

Dari acara Fun Blogging 6 ini, saya merangkum ada beberapa orang yang menarik perhatian. Selain tentunya para pengisi acara yang keren-keren. Saya menyebut ketiga pemateri ini sebagai 3 serangkai.


Sesi Pertama dimulai oleh mba Haya Alia Zaki. Dulunya beliau ini editor, dan panjang ceritanya kemudian menjadi blogger ketje. Mba Haya ini membagi ilmu tentang content sebuah blog. Yang saya inget sih pelajaran EYD yang diberitahu sama mba Haya. Akhirnya saya nggak bingung lagi menulis di dan ke itu harus dipisah atau disatukan, hihihi. Banyak tips dari mba Haya yang bisa ditiru supaya blog makin berisi, padat, jelas, dan memancing pelanggan :D *maksudnya yang ngajak kerjasama*. Pokoknya sesi mba Haya itu membuka pola pikir kita tentang bagaimana "Content" blog yang sesungguhnya. Dan saya? Olohok aja. Selama ini yang saya tulis mah apa atuh ya, gitu we.

Sesi kedua dibawakan oleh Mba Shinta Ries, Mba Shinta bicara mengenai platfrom blog. Gimana cara kita mengoptimalkan blog supaya terindex google, gimana biar ke trace sama alexa, dan gimana caranya biar blog kita ada diurutan atas. Pokoknya orang mencari apa, blog kita yang direkomendasiin sama mesin pencari. Ribet? Iya sih dikit, tapi ilmunya asik. Saya yang udah pernah ngoprek google analyctic jadi inget lagi pekerjaan saya yang dulu. Gimana caranya meyakinkan klien bahwa apa yang sudah kita tulis itu berpengaruh? Yasalah satunya dengan google analytic.  Mba shinta juga ngebahas kelebihan domain berbayar sama gratisan. Mana yang lebih oke? Ternyata domain.... (Kalau mau tau jawabannya ikutan fun blogging 7, hihi)

Dan sesi terakhir setelah makan siang, kirain bakal ngantuk. Ternyata mba Ani Berta bisa membuat kita semua cenghar! Gimana nggak cenghar, yang dibahasnya uang, hahahha. Mba Ani mengupas tuntas apa yang bisa kita dapatkan dari ngeblog, dan apa yang harus kita lakukan agar blog itu menghasilkan. Yang paling berkesan adalah ketika lihat bayarannya teh Ani dari salah satu klien. WOW banget. Suami saya yang dari awal diem, pas ngomonin uang mah ngerti loh! :D

Nah selain tiga serangkai, ada 3 penarik perhatian saya di acara fun blogging 6 ini.

1. Si Kembar Eva & Evi 


Bandung teh kecil gening ya, hehe. Saya pernah ketemu sama teh Evi, cuma sekali sih. Tapi saya inget banget sama teh Evi, soalnya teh Evi punya kembaran namanya Eva. Dan diacara ini kita bertemu kembali. Saya langsung ngusap-ngusap perut, berharap punya anak kembar. Hihihi.



Apa yang bikin saya tertarik sama mba-mba ini? Hehehe. Mba Mita ini rempong, dia bawa dedek bayi. Dan saya ingat sekali, beliau ini punya sebuah usaha dalam jasa pembuatan nama. Baik itu nama anak maupun nama untuk brand. Dia juga menarik perhatian saya karena menjadi pemenang live tweet dari CNI dan Smartfren. Keren!

3. Andromax

Ini jadi perhatian saya, karena ini adalah hadiah yang bisa dibawa pulang oleh pemenang #LiveTweet dari smartfren. Meski saya nggak dapet handphone ini, tapi saya jadi kepingin beli. Selain fitur 4G-nya, harganya juga sangat terjangkau. Cuma 9xx.xxx-an :D

Setelah mengikuti acara Fun Blogging 6, saya dan suami pulang kerumah dengan pegal-pegal. Hihihi. Mungkin saya nggak terbiasa diam diruangan berAC sampai berjam-jam. Walau kecewa karena tidak mendapatkan apa yang diinginkan (Hadiah Gadget) tapi akhirnya saya bisa ikutan komunitas fun blogging. Ada banyak informasi yang saya dapatkan dari grup Fun Blogging di facebook, mulai dari tips, info job, sampai pada teman baru.

Nilai lebih yang selama ini mungkin hanya terlintas dan terbayang dalam wujud materi, ternyata benar-benar bisa didapatkan di grup ini. Yaitu teman baru, orang-orang yang luar biasa penuh inspirasi dan keunikannya masing-masing. Jadi begitulah kira-kira secara singkat apa yang saya ingat tentang fun blogging 6.

Ini adalah acara blogger pertama yang saya datangi bersama suami, awalnya kikuk. Sampai akhir juga kikuk, hihihi. Yang penting kita berdua senang, seperti apa yang sering saya bilang "Bukan dimana tapi dengan siapa kamu berada.." Iya kan? ;)

Comments