Skip to main content

Mengirim Semakin Nyaman Dengan Aplikasi My JNE

Sejak tahun 2011 saya termasuk orang yang sering melakukan transaksi jual beli online. Apalagi saat tahun 2012, karena bekerja disalah satu online shop melakukan packing dan mengirim barang ibaratnya makanan sehari-hari.

Source: http://www.jne.co.id/
Dari sekian banyak ekspedisi pengiriman barang, yang ada dalam Top of mind saya ketika mendengar kata "kirim barang" adalah ekspedisi JNE. Mengapa? Inilah 3 alasan utamanya:

1. Pengiriman bisa dilacak dengan mudah
Menurut saya yang kadang sering ditanyakan "Sist koo barangnya belum sampai?" atau "Sist kira-kira barangnya udah sampai mana ya?" sistem tracking yang dibuat JNE dapat memudahkan saya menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Saya tidak usah repot menjelaskan paket customer sudah sampai mana, cukup berikan saja air way bill number kepada customer. Dan biarkan mereka mentracing pesanannya masing-masing. *wink*

2. Menjangkau daerah-daerah pedalaman
Dari sekian banyak kota yang ada di Indonesia, saat menjadi karyawan online shop saya menemukan tempat-tempat baru yang namanya sangat asing dan unik. Salah satu nama kota unik yang saya temui adalah "Payung", hehehe *jangan-jangan yang lain udah tahu, saya doang yang nggak tahu*

Source: http://www.jne.co.id/
Dan dari banyaknya kota serta daerah pedalaman yang nggak saya tahu itu, ketika saya search ongkos kirimnya di website JNE, ternyata terpampang nyata nama kota dan berapa biaya ongkos kirimnya. Itu artinya JNE bisa menjembatani kita untuk mengirimkan paket sampai ke sana. Luar Biyasa! Salah satu kota terjauh yang pernah saya kirimi adalah kota Timika, Papua. Sementara yang paling pedalaman adalah rumah salah satu saudara saya di Anik, Ngabang , Kalimantan Barat.

3. Ada cashback sampai 15% dari ongkos kirim
Udah pada tahu dong ya kalau kita jadi member, tiap transaksi perpengiriman akan ada cashback. Dulu ditempat saya kerja, dapet potongan 15% setiap transaksi di JNE agen Kopo, Bandung. Jadi misalnya hari ini total ongkos kirim yang harus dibayar adalah satu juta rupiah, maka tempat saya bekerja hanya perlu membayar sebesar delapan ratus limapuluh ribu rupiah saja. Untung dari ongkos kirim saja sudah seratus limapuluh ribu. Alhamdulillah banget kan? *wink*

FYI, sekarang JNE punya aplikasi keren yang membuat kirim-mengirim paket menjadi lebih nyaman lho! Namanya "My JNE", bukan amy JNE ya! :D



Apa sih "My JNE" itu?
My JNE adalah sebuah aplikasi berbasis android yang menghubungkan nomor telepon/handphone dengan seluruh kiriman yang dikirim melalui JNE. Adapun fitur utama dari My JNE adalah:

  • My Shipment

Dalam fitur ini kita bisa melakukan pengecekan status pengiriman alias tracking dimana paket yang sedang dikirim itu berada dengan memasukan air way bill  number atau dengan melakukan scan barcode yang ada dalam lembar pengiriman paket.


Saya seneng banget sama fitur scan barcode-nya! Kenapa? Karena nomor AWB itu kan banyak, nah saya ini sering typo. Jadi dengan adanya fitur scan barcode ini makin memudahkan saya mengecek paket yang sedang dikirim tanpa harus mengetik nomor AWB.
  • My Tariff

Dari namanya, udah tahu dong fitur ini berisi apa? Iya, ini adalah fitur pengecekan ongkos kirim. Jadi kita tinggal mengetikan nama kota asal pengiriman dan nama kota tujuan untuk tahu ongkos kirimnya.


Oiah, selain dari berat paket yang dikirimkan JNE juga mengenakan tarif volume untuk pengiriman barang yang besar-besar. Jadi bukan beratnya yang dihitung  melainkan volume paket yang akan kita kirimkan(lihat gambar diatas, ada perbedaan ongkos kirim padahal beratnya sama). Dengan fitur ini, kita nggak usah repot ngitung berapa volume paket yang akan kita kirim. Cukup masukan panjang, lebar, dan tinggi dari paket yang akan kita kirim saja. Dan triiing! Ongkos kirimnya langsung muncul deh!
  • My Location
Suka bingung nyari agen JNE pas mau ngirim barang? Sekarang nggak usah bingung lagi. Dengan fitur My Location, kita bisa tahu agen JNE mana yang paling dekat dengan lokasi kita saat ini. Cocok banget nih buat yang suka traveling. Jadi kalau lagi berwisata terus oleh-olehnya mau dikirim duluan, nggak perlu bingung nyari agen JNE terdekat buat ngirim paketnya. Iya'kan? *wink*
  • My COD

Kadang ada juga orang yang nggak percaya saat berbelanja online sehingga menginginkan barangnya dikirim duluan dan setelah sampai baru dibayar. Iya kan? Nah fitur My COD ini bisa jadi solusi lho! Jadi customer bisa membeli produk dari kita, dan kita mengirimkannya via JNE. Setelah barang sampai, customer langsung membayar pada kurir. Kita dan customer jadi sama-sama merasa nyaman dan aman dalam bertransaksi tanpa ada rasa takut menjadi korban penipuan. Asik banget kan?


Sebelum mengakses fitur My COD, ada form yang harus kita isi. Kalau sudah pernah mendaftar klik Sign In, jika belum maka klik Sign Up. Saat Sign Up, kita harus memberikan nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan password. Setelah itu akan ada email konfirmasi yang harus kita verifikasi agar akun My COD kita aktif.


Kalau saya sih merasa dengan adanya aplikasi My JNE ini, transaksi jual beli online yang harus kirim-mengirim kini semakin nyaman. Kalau kamu gimana? Udah download aplikasinya belum? Cara downloadnya gampang kok! Langsung aja akses google play dari handphone android kamu, dan search "My JNE", klik unduh/install.


Aplikasi My JNE termasuk aplikasi yang ringan lho! Download size-nya saja hanya 7,21 MB, Padahal fiturnya sangat bermanfaat. Keren banget kan? Yuk gunakan aplikasi My JNE untuk membuat kirim-mengirim menjadi semakin mudah dan nyaman!

Semoga bermanfaat ^_^




Comments

  1. Hmm iya memang betul aplikasi ini sangat simpel sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simple tapi manfaatnya banyak ya kang :D

      Delete
  2. Saya juga baru tau,Mbak, ada kota bernama Payung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo liat nama-nama kota dan kabupaten di Indonesia ini ternyata unik-unik :D

      Delete
  3. Wah ini baru lagi.. Aku sih untuk saat ini masih pro ke konvensional karena aplikasinya masih ribet menurutku.. Jadi kalo mw kirim paket ke store jne terdekat aja.. Nyuruh orang hihihii *tetep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya mba kalo yang MY COD itu kayanya masih jarang yang pake :D

      Delete
  4. praktis ya pakai aplikasi myjen. ya mbak tau gitu diikutin lombanya kemarin ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya mba inipun dlagi diikutin. Doakan semoga menang ya mba :D

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. wah jualan jadi lebih mudah nih... langsung TKP kak
    makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samasama mas, terimakasih sudah mampir :D

      Delete
  7. Bener banget, aplikasi ini emang cocok banget buat kita, apalgi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis online

    ReplyDelete
  8. keren nih... makin banyak inovasi aja :D yg sering kirim barang pasti kebantu bgt

    ReplyDelete
  9. keren tuh aplikasinya, selama ini saya juga sering menggunakan jasa pengiriman JNE

    ReplyDelete
  10. makasih kak atas infonya. jadi pingin pakai buat memantau produk aku.

    ReplyDelete
  11. jadi mudah kalau gini bun. makasih ya. lebih mudah dan nyaman buat cek lokasi pengiriman

    ReplyDelete

Post a Comment