Skip to main content

5 Hal Yang Menjadi Trending Topic Saat Ramadhan

Insyaallah, kita akan bertemu lagi dengan Ramadhan. Ini Ramadhan pertama yang saya lewati sebagai seorang Ibu. Setelah sekian kali melewati bulan Ramadhan, menurut saya ada 5 hal yang akan dibahas dan menjadi Trending Topic hanya dibulan Ramadhan. 5 hal tersebut adalah:

1. Buka Bareng
Iya kan? Siapa yang sudah punya jadwal buka bareng sama temen-temennya? Dari temen SD, temen SMP, temen SMA, temen kampus, temen main, temen kantor, sampai temen rumah kayaknya bakal ngadain buka bareng. Saya inget dulu waktu jaman masih merantau di Jakarta, saya sampai nggak sempet buka bareng sama keluarga dirumah saking banyaknya acara buka bersama yang harus dihadiri *sok sibuk* 

Contoh tempat buat buka bareng
Meski menyenangkan, kegiatan buka bareng ini harus disiasati lho. Jangan sampai uang THR ludes untuk buka bersama. Sementara habis lebaran kita jadi harus puasa karena uang THR dan tabungan terkuras habis. Biasanya saya akan menyatukan acara buka bersama. Misalnya temen main dan temen rumah. Selain jadi hemat uang, ini juga bisa hemat waktu. Ada juga sisi positifnya lho, siapa tahu diantara temen main sama temen rumah itu ada yang berjodoh. Yaa minimal jadi nambah kenalan, iya nggak?
Bareng temen STM
Tapi hati-hati juga buat yang buka bareng sama temen-temen masa lalunya. Banyak kejadian hubungan yang rusak karena bertemu dengan teman dari masalalu. Ada yang CLBK, Cinta Lama Belum Kelar. Udah ah jangan dilanjutin, nanti pada baper lagi, hihihi. Yang mau cari tempat berbuka bareng temen-temen mungkin bisa mampir kemari:

2. Menu Berbuka
Mungkin kita biasa menyebut menu berbuka dengan Ta’jil, walaupun sebenarnya arti Ta’jil sendiri adalah “menyegerakan berbuka”. Nah biasanya akan berseliweran foto-foto dessert, sirop, dan cemilan lain di media sosial tentang ide maupun apa yang sedang dijadikan menu berbuka saat Ramadhan.


Saya termasuk orang yang nggak terlalu harus berbuka dengan menu-menu khusus. Saya mah yang penting denger adzan, terus membatalkan puasa. Mau sama teh manis kek, kolak kek, bala-bala kek, atau langsung makan nasi juga boleh. Yang penting ta’jil.

Yang penting Ta'jil
3. Mudik
“Kamu mudik kapan?” *silahkan jawab masing-masing*. Dari sebelum ramdahan, sudah banyak stasiun televisi yang berpromosi program liputan mudik. Saya agak heran sih, sebenernya pemandangan dan berita tentang mudik dari tahun ketahun itu kan sama saja ya. Seputaran macet, jalan yang rusak, dan segala keriuhan mudik lainnya. Tapi koo saya masih suka penasaran pengen liat berita tentang mudik itu? :D

Mudik pake pesawat :D
Tawaran mudik gratis bertaburan. Mulai dari tawaran mudik bersama dengan bus, sampai dengan pesawat terbang. Sang pemberi mudik gratispun beragam, ada produk jamu, perusahaan retail, sampai travel agent. Wiiih, kebayang nggak saya dari Margaasih mudik kerumah nenek rudi di gempol yang jaraknya nggak sampe 10KM harus naik bus atau pesawat terbang? Saat ini mudik terjauh saya yaa ke rumah nenek Rudi, sementara dari pihak keluarga saya tempat yang dikunjungi saat lebaran hanya satu. Yaitu rumah kakak Mamah, jaraknya nggak tahu berapa meter. Yang jelas hanya berbeda beberapa blok saja dari rumah yang saya tinggali sekarang. Jadi ketika ditanya “Mudik kapan” atau “Mudik kemana”, saya akan memberikan senyum simple dan balik bertanya “Mudik kemana ya?” Hehehehe.

4. THR
THR ini adalah tunjangan hari raya. Sebenernya sih nggak cuma untuk merayakan lebaran. Untuk teman-teman yang beragama non muslim, yaa akan mendapat THR sesuai dengan Hari Rayanya. Namun karena mayoritas di Indonesia adalah umat muslim, jadilah THR ini identik dengan lebaran. Atau lebaran identik dengan THR? Yaa begitulah pokoknya ya. Cara mendapatkan THR ini berbeda-beda. Ada perusahaan yang memberikannya sesuai UU yang berlaku, ada juga yang memberikannya dengan suka-suka. Biasanya kita harus bekerja disebuah perusahaan minimal selama 1 tahun untuk mendapatkan THR yang Full Salary.

Ngarep ada yang ngasih THR voucher belanja :D
Nah jadi kebayangkan butuh waktu berapa lama untuk dapat THR ini? Dan naasnya kadang THR akan habis dalam hitungan jam saja. Hiks. Selain jumlah THR, yang sering jadi perbincangan tentang THR adalah waktu pemberian THR. Ada yang 2 minggu sebelum lebaran, ada juga yang bahkan sehari sebelum lebaran. Ah, saya jadi ingat nasib THR untuk saya. Dapet nggak ya? Suami sih pasti dapet, nah saya kan freelancer. Gimana dong? *ngarep banget klien baca ini, terus tergerak hatinya buat ngasih THR*

Baca juga : Pekerjaan Impian

Biasanya juga THR ini digunakan sebagai “bonus” yang berakhir pada pembelian gadget baru, baju baru, dan barang-barang baru lainnya. Waktu kecil sih kalo dapet THR langsung dibeliin eskrim, chiki, dan baso. Oiah mengingat lebaran yang akan jatuh pada awal bulan, ingat yaa THR boleh habis tapi jangan sampai uang gajipun ikut habis. Masih ada bulan Juli yang harus kita lewati guys! :D

5. Halal Bihalal
Halal bihalal sehabis lebaran ini biasanya dimanfaatin sekalian travelling. Ada juga sih yang Cuma makan-makan, atau berkunjung kerumah kerabat. Ini adalah waktu krusial, dimana uang THR dan Gaji masih ada tapi sebentar lagi kerja. Atau kebalikannya, waktu kerja masih lama datangnya sementara THR sudah habis tak bersisa. Saya biasanya termasuk yang ditengah-tengah. Waktu kerja suami sudah dekat sehingga nggak bisa kemana-mana, sekaligus uang THR pun sudah ludes nggak tahu kemana, hihihi. Ininih lebaran tahun lalu bareng suami, nemenin lembur dikantornya :D


Halal bihalal sehabis lebaran juga menjadi ajang buka bersama yang tertunda. Saking padatnya jadwal buka bareng, kadang adakan yah yang terlewat buat buka barengan. Nah inilah waktunya berkumpul untuk menggantikan buka bareng yang nggak sempet itu.

Baca Juga: Arti Kata MAAF

Nah itulah 5 hal yang menurut saya hanya menjadi trending topic saat Ramadhan tiba. Mungkin ada yang mau menambahkan, silahkan ditulis dikolom komentar ya . Semoga bermanfaat ^_^

Comments

  1. Paling seru buka bareng mba dan mendekati lebaran, yang ngehits pasti mudik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi betul teh Lis. Teh Lis mudik nggak nanti?

      Delete
  2. Ya ampuuun itu vocher-nya menggiurkan banget. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mba barangkali mau ngasih THR ke saya, pake voucher beginian aja yaa yang banyak :DDDD

      Delete
  3. Hihi, iya, Mbak dari tahun ketahun berita mudik kayaknya sama aja, tapi meskipun kadang sudah berada di rumah (a.k.a sudah mudik), berita mudik masih terus dipantengin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iyaa mba, terus nanti abis mudik ada juga arus balik yaa :D

      Delete

Post a Comment