Skip to main content

Arti Nama Khalif ~

Namanya siapa? Khalif.
Nama panjanganya? Khalif aja.
Artinya?
Emmm...

Sebelum Khalif lahir kedunia, saya dan rudi sering membicarakan nama yang akan kami sematkan pada Killua ini *siapa lagi tuh killua? Baca dong ==> Karena Utun Terlalu Mainstream*. Sampai saya pernah membuat tulisan tentang Sembilan Calon Nama Untuk Killua dan selain kesembilan nama tersebut, ada beberapa nama lagi yang sempat kami pikirkan seperti Tenda, Zia Ziali, Nusantara, sampai Garuda(GAbungan RUdi Dan Amy), hihihihi.


Namun ternyata proses melahirkan yang diluar perkiraan membuat kami agak melupakan masalah nama yang akan diberikan pada Killua. Hingga akhirnya selesai proses caesar, diruang rawat inap Rudi memulai pembicaraan.

"Aku udah nemu nama untuk Killua.." meski saat itu kami sedang bahagia atas kelahiran anak kami, tetap saja masih ada sisa lelah setelah perjuangan proses melahirkan dari raut wajah Rudi.
"Siapa?" saya menebak mungkin akan diberi nama Umar atau Garuda. Tapi yang keluar dari mulut Rudi diluar dugaan.
"Khalif.. Artinya sukses. Diambil dari Bahasa Arab, juga Khalifah artinya pemimpin.. Jadi Insyaallah nanti Khalif jadi pemimpin yang sukses..." Aamiin. Masih nggak percaya, saya mengangguk-anggukan kepala sambil berfikir "Nggak akan ditambahin embel-embel apa gitu ya? Umar Khalif atau Khalif Tenggara gitu?".
"Nggak usah ada panjangannya ya, biar singkat." Rudi membaca pikiran saya, saya mengangguk lagi. Oke, his name is KHALIF.

Saat akan keluar dari rumah sakit, saya diberikan surat keterangan lahir oleh suster. Nama anak dikertas tersebut masih kosong. Saat akan mengisi saya bertanya lagi pada Rudi. "Namanya Khalif aja?" Rudi mengangguk. "Nggak ditambahin apa gitu? Umar, Tenggara, Garuda?" saya mengatakan itu dalam hati, hihihi. Akhirnya resmi sudah nama baru untuk Killua adalah Khalif. Bukan hanya kalian koo yang bertanya-tanya mengapa anak kami diberi nama yang singkat itu. Pihak keluarga juga sering menanyakan "Nggak ada kepanjangannya?" ada juga yang bilang "Sini disumbang namanya", hehehe. Awalnya agak risih selalu ditanya "Kenapa nggak ada panjangannya" tapi lama-lama biasa aja kok.


Toh, nama yang kami berikan adalah doa yang baik, singkat dan penuh makna. Dari dulu kami memang pengen banget banget mencari dan memberikan nama pendek yang unik untuk anak kami. Ada juga yang bilang nanti Khalif nggak bisa keluar negeri karena di paspor itu minimal tiga suku kata. Iya juga sih, tapi saya yakin kalau emang udah takdirnya bisa keluar negeri mah pasti bisa aja bikin paspor. Mungkin nanti syarat dan ketentuan bikin paspor berubah nggak harus minimal tiga suku kata. Aamiin. Atau tinggal tambahin aja Bin Rudi Rustandi, bisa nggak ya?

Kini, genap dua bulan Khalif ada di Dunia. Alhamdulillah Khalif udah bikin akte kelahiran. Meski baru lahir, khalif udah terkenal di Kabupaten Soreang lho! Jadi pas mau ngambil akte yang udah jadi, petugasnya udah hapal. Katanya "Ooohhh akte kelahiran buat anak yang namanya pendek itu ya?" wkwkwkwk. Semoga kelak Khalif bisa menghadapi pertanyaan dari orang-orang yang mungkin tak terbiasa dengan nama satu kata dengan penuh rasa percaya diri dan keyakinan akan doa yang tersirat dalam namanya. Setiap manusia di dunia adalah Khalifah, semoga khalif menjadi pemimpin yang sukses memimpin dirinya sendiri dengan menjadi hamba Allah yang taat. Aamiin.

Sekian penjelasannya, buat yang bertanya-tanya kenapa nama anak kami "Khalif" tanpa ada embel-embel lainnya. Semoga bermanfaat. ^_^





Comments

  1. wkwkwkwkw..iya yaa nama utun terlalu mainstream.
    tapi nama Khalif #antimainstream yaa
    moga sehat selalu ya deee

    ReplyDelete
  2. khalif artinya bagus..Mudah mudahan sukses dunia akhirat. Kebalikan amat sama anakku ya, panjang dan ribet, ampe 4 suku kata.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih ateu tetty. Doa terbaik juga buat de aldebaran ^^

      Delete

Post a Comment