Skip to main content

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Berbisnis Online

Saat ini, bisnis online sudah memunculkan banyak jutawan-jutawan baru. Hal ini tentu saja menjadi daya pikat bagi orang-orang yang sedang mencari penghasilan tambahan. Pasalnya, bisnis online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, kefleksibelan tersebut harus diimbangi dengan konsistensi yang tinggi. Nggak bisa deh kita asal-asalan berbisnis online. Eh, bisa-bisa aja sih, cumaa yaa bisnis kita nggak akan berkembang. Bisnis kita akan stagnan, atau parahnya justru akan lenyap dimakan persaingan.


Berdasarkan pengalaman saya yang belum sekaya Mark Zuckerberg ini, jika ingin bisnis online kita berkembang, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.
1. Jangan On Off
Ini penting banget. Banyak orang yang berkecimpung dibisnis online yang terkadang melupakan bisnisnya. Alasannya beragam, misalnya sibuk karena pekerjaan, sibuk karena urusan rumah tangga, adapula yang lupa karena sedang punya uang. *jadi dia bisnis online kalo lagi kepepet aja gitu*. Hal ini sering terjadi pada pebisnis yang melakukan transaksi jual beli, seorang dropshgiper misalnya. Ibarat lampu, kalau on off terlalu sering lama kelamaan akan putus. Begitupun dengan bisnis online. Setiap harinya akan tumbuh ribuan rival baru, kalau kita on off. Say good bye ajalah ya.

2. Tidak Semua Bisnis Online Itu MUDAH
Tinggal, klik-klik aja . Iya, kebanyakan orang berfikir seperti itu. Nyatanya, bisnis online harus dilakukan justru dengan usaha ekstra. Kalau kita jadi agen KUDO, mungkin iya. Berjualan menjadi lebih mudah karena tidak perlu mencari supplier. Kita hanya perlu mempromosikan apa yang ada diwebsite kudo, namun tetap saja kan menawarkan itu perlu usaha? Kita nggak bisa duduk manis sambil minum kopi.

3. Kejujuran
Hal ini adalah hal paling mendasar dari segala bisnis. Apalagi berbisnis online. Pernah lihat status-status dari korban kasus penipuan online? Uuuuh, sumpah serapahnya bahkan diluncurkan sampe 7 turunan. Begitu besar dampak “kejujuran”. Yuk biasakan melakukan promosi yang baik, bisnis yang baik. Agar usaha kita berkah. Ngapain yaa hasil berlimpah tapi nggak berkah? *eh jadi ceramah, tapi ini mah serius*

Masih banyak sih hal lain yang diperhatikan dalam berbisnis online agar berkembang, apalagi masalah teknis. Seperti foto produk, deskripsi, sampai pada service bisnis kita. Tapi sepertinya akan jadi sangat panjang, jadi saya bahas lagi nanti ya. 





Semoga bermanfaat ^_^

Comments