Skip to main content

Seputar Blogging: 3 Hal yang Bisa Membuat Blog Ramai Pengunjung

Setiap blogger memiliki tujuan "ngeblog" yang berbeda-beda. Namun hampir setiap blogger sangat menyukai jika apa yang dipostingnya dibaca oleh banyak orang. Iya nggak? Apapun niche blognya, memiliki banyak viewers dan comment dalam postingan adalah "sesuatu" yang bisa membuat blogger makin semangat menulis. Tapi sayangnya nggak semua blogpost bisa menjadi sebuah postingan yang dibaca jutaan orang dan dikomentari dengan ramai. Ups, walau postingan kita belum ramai bukan berarti tulisan kita nggak bermanfaat lho!


Nah supaya tulisan bermanfaat kita nggak cuma jadi penunggu blog yang sepi, gimana kalau kita melakukan 3 hal yang bisa membuat blog ramai pengunjung berikut ini:

1. Viral Content
Udah tahu dong maksudnya ini? Yaps, sebuah konten bisa menjadi viral jika memiliki beberapa faktor berikut:

  • Unik
Unik bukan berarti harus original. Banyak hal unik yang bisa kita tulis sebagai bahan tulisan. Misalnya 10 desain kamar unik versi Amy. Atau Tips melipat

  • Bermanfaat
Nah kalo ini pasti udah pada jago yah. Minimal tulisan kita bermanfaat untuk diri sendiri, semacam self reminder gitu. Curhat juga bermanfaat koo. Misal curhat tentang pembuatan STNK, gimana mudahnya membuat STNK atau dimana sih kalau kita mau memperpanjang STNK. Bisa juga kita berbagi info lomba blog atau informasi SIM keliling.

  • Menarik
Hampir sama dengan poin tulisan bermanfaat. Menarik adalah salah satu faktor yang relatif. Mungkin menurut kita sangat menarik, namun belum tentu menarik orang lain. Dan kuncinya tetap berbalik pada diri kita sendiri, tulislah minimal hal yang menurut kita menarik. Percayalah ada 1 banding 1 juta orang yang mungkin juga menganggap hal tersebut menarik.

  • Push To Action

Content push to action adalah content yang mampu mendorong pembacanya melakukan sesuatu. Jangan heran kalau biasanya ada artikel yang diiming-imingi kata-kata ancaman. "Sebarkan jika tidak maka akan sial 7 turunan" dan sebagainya. Tapi sebaiknya sebagai blogger, ya kita nggak perlu pake kata-kata ancaman. Berbagilah hal-hal baik, insyaallah kebaikan itu menyebar dengan sendirinya.

Dari 4 poin tadi, satu yang perlu diingat adalah jangan membuat content berisi hal-hal negatif. Baik itu mencaci maki orang lain, memfitnah orang lain, apalagi sampai menipu orang lain.

2. Share
Sharing is caring, setuju? Setelah membuat konten yang menurut kita sudah layak baca, share link blogpost tersebut disemua media yang berkaitan. Biasanya saya membagikan link tulisan saya difacebook group. Ada juga yang membagikannya dimedia-media seperti vivalog. Meskipun sharing is caring, sebaiknya batasi share kita, jangan sampai kita malah dianggap melakukan spaming. Jangankan ingin mengunjungi blogpost kita, orang mungkin malah akan memblock kita dari pertemanan, hehehe.


3. Blog Walking
Berdasarkan pengalaman ini adalah salah satu cara yang paling mujarab. Biasanya para blogger akan mengunjungi kembali siapa yang pernah mengunjungi blognya. Nah supaya ketahuan kita pernah mengunjungi blog orang lain tersebut, tinggalkanlah komentar. Saya lebih memilih menggunakan Nama dan URL saat meninggalkan komentar diblogpost orang lain. Selain yang empunya blog lebih mudah untuk melakukan kunjungan balik, link yang ada dalam postingan tersebut juga bisa menambahkan penilaian untuk ALEXA RANK.

Saat melakukan blog walking, carilah beberapa blog yang memiliki NICHE yang sama dengan blog kita. Karena akan lebih menyenangkan membaca hal-hal kita anggap menarik, iya kan? ;)

Itulah 3 hal yang bisa membuat blog kita ramai pengunjung. Selain membuat ramai pengunjung, 3 hal tadi juga bisa meningkatkan SEO untuk blog kita lho, apalagi jika kita memiliki kata kunci tertentu dalam semua blogpost yang kita buat. Kamu punya cara lain? Share dikolom komentar yuk! ;)

Semoga bermanfaat ya!
PS: Tulisan ini pernah saya share digroup #BloggerMuslimah
==> Blogger Muslimah Facebook Group <==

Comments

  1. Jangan lupa klik link-ku ya, Sist :))

    ReplyDelete
  2. poin pertama saya mungkin masih dalam tahap belajar ya.. tapi untuk 2 poin lain sudah saya lakukan dan memang banyak manfaatnya seperti yang disebutkan diatas.

    ReplyDelete
  3. Dan... untuk tips ke 3, masih pro-kontra. Memang ada plus-minusnya.
    Tapi... aku masih pakai tips ke 3.

    Untuk konten viral, kayaknya aku mesti harus lebih banyak belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  4. Pengennya poin pertama.. Tapi mentok2nya curcol lagi curcol lagi. Duuuhh.. Membuat tulisan yang bermutu itu susah... Tapi tetep semangat blogging.. Cemungut euyyy...

    ReplyDelete

Post a Comment