Friday, 28 April 2017

Mau Sehat? #DukungGERMAS Yuk!

Siapa yang pengen sehat? Semua orang pasti pengen dong, tapi nggak banyak orang yang mau nerapin gaya hidup sehat, saya adalah salah satunya. Jangankan olah raga ya, kalo bisa sih ke kamar mandi juga minta anter ojek online! *ini mah full curhat*.

Keresahan saya akan pentingnya kesehatan makin menjadi pas ikutan acara Temu Blogger Kesehatan 2017, gimana nggak disini saya dikenalin sama GERMAS. GERakan MAsyarakat hidup Sehat, sebuah gerakan yang sistematis, terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa. Gerakan ini dilakukan dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Duuuh, hidup saya dibawah standar sehat banget. *Lihat lipatan perut dan lingkar perut*


Temu Blogger Kesehatan 2017 diselenggaralan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk mensosialisasikan GERMAS. Pertanyaannya, Kenapa sih sampai ada ide bikin GERMAS? Setelah dijelaskan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan drg. Oscar Primadi, MPH, ternyata latar belakang GERMAS adalah adanya data yang mengungkapkan bahwa kematian disebabkan penyakit tidak menular kini lebih tinggi daripada kematian akibat penyakit menular. Wiiii, jadi kalo jaman dulu sekitar tahun 1990-an mungkin angka kematian tinggi diakibatkan demam berdarah, nah klo sekarang angka kematian yang paling tinggi itu akibat penyakit jantung, kolestrol, diabetes atau kangker. Seremnyaaaa! -..-


Teruuuus, faktor yang paling mempengaruhi Transisi Epidemiologi tersebut adalah “POLA GAYA HIDUP”. Jreng… Jreng… Saya jadi ngerasa kesindir banget lho! Gimana nggak, hampir semua ciri-ciri pola gaya hidup yang nggak sehat ada dalam kebiasaan saya sehari-hari! Nah, kalo kamu udah sehat belom gaya hidupnya?

Baca juga ==> 7 Tanda Gaya Hidup Tidak Sehat Yang Bisa Membuat Kamu Penyakitan

Setelah merasa memiliki resiko penyakitan yang cukup tinggi, akhirnya saya bertekad untuk bisa memulai gaya hidup sehat. Ups, ternyata biar sehat nggak perlu sampe diet ala Deddy Corbuzier lho! Sehat juga bukan berarti harus langsing bak model majalah dan catwalk, yang penting semua organ tubuh dan kadar zat-zat tertentu itu normal.

Pemerintah itu ternyata peduli banget yaa sama kita, bayangin aja mereka pengen masyarakatnya sehat. Lewat Kemenkes RI, pemerintah mensosialisasikan GERMAS dengan tujuan rakyat Indonesia menjadi terjaga kesehatannya dan bisa lebih produktif. Kemenkes punya 7 bentuk kegiatan GERMAS, yaitu:

1. Melakukan aktivitas fisik
2. Mengkonsumsi sayur dan buah
3. Tidak merokok
4. Tidak mengkonsumsi alkohol
5. Memerikas kesehatan secara berkala
6. Membersihkan lingkungan
7. Menggunakan jamban

Dan ditahun 2017 ini, kemenkes RI punya harapan yang besar banget pada 3 poin pertama untuk direalisasikan dan disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakan Indonesia. 

Saya rasa program ini bangus banget. Saya termasuk tipe orang yang suka ikut-ikutan, dulu di group whatsaap komunitas lagi musim diet dengan meminum air perasan lemon alias lemon shoot setiap pagi, saya ikutan. Walo akhirnya nggak konsisten karena yang lain juga nggak konsisten, hahaha. Nah kalo saja setiap orang minimal berjalan 10 ribu langkah, mungkin saya bakal ngikutin. Kan asik yaa klo misalnya orang lain update status “Hari ini sudah berjalan 10.500 langkah.. Kamu udah berapa langkah?” terus saya bales komen “saya udah 22.222 langkah! Yuk semangat!”. Jadi tunggu apa lagi, yuk ayuuu perbanyak jalan kaki dan beraktivitas fisik! Jangan Cuma mager dikasur sambil megangin gadget!

Eh udah pada tahu belom, kalo di kemenkes RI setiap pegawai itu dikasih waktu untuk peregangan masal? Sekilas info aja nih, jadi kalo kita kerja di kemenkes RI tiap jam 10 dan jam 2 siang itu kita wajib ngikutin gerakan peregangan. Bakal diputer video peregangan dan semua karyawan wajib ngikutin gerakan tersebut. Kemarin diacara Temu Blogger Kesehatan 2017, kita juga diajak buat ngikutin gerakan peregangannya, SERU! Dan yang pasti bikin badan jadi bugar, otakpun Cenghar!

video

Konon, Kemenkes RI akan mensosialisasikan gerakan peregangan ini keseluruh pelosok Indonesia. Jadi nanti bukan Cuma pegawai Kemenkes RI aja yang wajib melakukan pereganagn dijam 10 dan jam 2 siang, tapi seluruh karyawan di Indonesia yang bekerja Office Hours wajib melakukan peregangan ini! Keren! Saya jadi keingetaan drama korea dimana setiap lagu kebangsaan diputarkan, maka setiap orang yang mendengar wajib berdiri danmemberi hormat. Nasionalis sekali! Kalo ini selain jadi kompak, semua pegawai di Indonesia bisa terhindar dari kaku sendi dan kesemutan.


Well saya sih berharap banget GERMAS ini bisa disosialisasikan dengan baik dan diterima dengan baik juga sama masyarakat. Kalau masyarakan Indonesia melakukan GERMAS, saya yakin dampaknya nggak Cuma ke masalah kesehatan, tapi juga masalah ekonomi (biaya pengobatan berkurang) dan keamanan (nggak ada lagi yang mabuk karena narkoba ataupun minuman keras). Yuk man teman kita mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat dan jadilah bagian dari GERMAS!

No comments:

Post a Comment