Sunday, 24 December 2017

Coba Menu Baru, Es Santan!

Santan termasuk bahan olahan yang serbaguna. Selain digunakan untuk membuat masakah seperti sayur, santan juga bisa digunakan untuk membuat kudapan serta minuman. Salah satu minuman yang terbuat dari snatan adalah es santan. Minuman ini cocok untuk anda yang menyukai minuman-minuman yang menyegarkan, tetapi bercita rasa yang kaya. Es santan dibuat dari perasan kelapa yang kental dan dipadukan dengan campuran es serta bahan-bahan yang lain.


Es Santan banyak dijumpai di pedagang-pedagang minuman di berbagai daerah. Cara membuatnya juga tergolong mudah, mengingat saat ini banyak sekali produk santan instan yang dijual di toko atau pasar. Bahan pelengkap lainnya pun mudah untuk didapatkan. Es Santan sangat tepat untuk dinikmati saat sore hari, terutama saat keluarga berkumpul sambil bersantai. Jika anda ingin mencoba membuat es santan, sila ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Salah satu menu minuman khas yang menggunakan Es Santan adalah tegal, di sana ada namanya es osrok. Es ostrok tidak lain adalah es santan. Kalau kamu pernah berkunjung ke sana, kamu pasti akan menyukai rasanya. Sebab memang sangat nikmat dan menggoda selera. Jika kamu ingin membuatnya sendiri. Berikut bahan pembuatan Es Santan yang harus kamu siapkan. Sebagai catatan, menu ini untuk porsi sebanyak 5 orang. Jika ingin lebih, silakan sesuaikan saja takaranya. 

Es batu yang digeprek atau dihancurkan, pakai es batu glondongan juga boleh. Tapi rasanya lebih segar yang dihancurkan. Lalu 3 lembar daun pandan, masing-masing bagi menjadi 2 bagian, daun pandan ini berfungsi untuk menambah aroma Es Santan jadi makin menggoda. Kecuali bila kamu tidak suka dengan aroma pandan, kamu bisa juga tidak menggunakanya. Tapi jarang yang tidak suka pandan. 

Siapkan juga 1/2 sendok teh garam dapur halus, 1/2 sendok teh vanili bubuk, 80 gr gula pasir putih dan susu kental manis secukupnya, bisa susu putih bisa juga cokelat. Atau kadang-kadang juga banyak yang menggunakan sirup. Rasanya tergantung mana yang kamu suka saja. 

1 liter santan kelapa kental siap saji (atau membuat sendiri juga boleh). Hanya saja lebih enak gunakan Sasa Santan Kelapa. Sebab Sasa Santan Kelapa ini dikemas dalam kondisi sudah matang dan siap pakai. Jadi tidak akan merepotkan kamu. apalagi secara aroma dan rasa se segar kelapa yang diperas. Juga ia tanpa bahan pengawet. Pastinya cocok untuk segala masakan, entah itu minuman maupun makanan. 

Cara Membuat Es Santan:

  • Rebus santan kelapa kental bersamaan dengan daun pandan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Aduk hingga mengental dan jangan sampai pecah.
  • Tambahkan vanili bubuk dan gula pasir ke dalam rebusan santan. Usahakan aduk rebusan hingga semua bahan tercampur rata. Tunggu hingga gula pasir larut dalam rebusan.
  • Setelah rebusan tercampur rata, angkat dan diamkan rebusan santan. tunggu hingga air rebusan santan benar-benar dingin.
  • Siapkan wadah untuk penyajian es santan. Boleh menggunakan gelas atau mangkok saji.
  • Masukkan es batu yang sudah digeprek atau dihancurkan ke dalam wadah. Masukkan secukupnya saja.
  • Tuang Sasa Santan Kelapa ke dalam wadah yang telah dipersiapkan
  • Tambahkan susu kental manis di atas es santan yang sudah siap dalam wadah
  • Es santan yang segar dan enak siap dihidangkan kepada seluruh anggota keluarga. :)
Semoga bermanfaat! ^^
Sasa Santan, Aslinya Santan.

No comments:

Post a Comment