Friday, 29 December 2017

Tips Memotret Makanan Dengan Kamera Ponsel

Suka motret makanan? Mau nggak fotonya sama kaya foto-foto foodblogger yang hits meski hanya menggunakan kamera ponsel? Yaps, kamu berada dijalan yang benar, karena saya mau sharing hasil workshop sama foodblogger yang punya akun instagram @foodaffair bareng Polytrom Prime 7.


Meski acara molor 2 jam dari yang dijadwalkan, tapi para peserta workshop nggak ngerasa jenuh. Karena di Ngopie Doeloe ini banyak spot ketjce yang instagramable. So setelah lunch, saya dan beberapa blogger bandung lainnya foto-foto dulu.


Begitu narasumbernya dateng langsung deh acara “Food Styling and Smartphone Photography” dimulai. Mba Felicia dan Meidi langsung memberikan tips and triknya untuk kita semua. FYI, mereka ini adik kakak yang emang doyan jalan-jalan buat kulineran.


Untuk membuat foto yang keren dengan kamera handphone itu mudah lho! Simak 8 tips memotret dengan ponsel berikut ini:

1. Cahaya
Sudah jadi rahasia umum, cahaya terbaik untuk memotret adalah cahaya matahari 1 jam setelah terbit dan 1 jam sebelum terbenanm. Selain itu ada juga nih tips dari Fellicia dan Meidi, yaitu sediakan reflektor dan memilih lokasi didekat jendela saat berkunjung ke restoran/tempat makan. Waktu pengambilan gambarpun berpengaruh pada colour of mood gambar yang kita ambil.


2. Temukan Sudut Pandang Yang Sesuai
Untuk mengambil gambar makanan berlayer (berpoint pada tengahnya) gunakan lah Eye Angle, untuk makanan yang lebih ingin bercerita secara keseluruhan, gunakan Top Angle.


3. Styling
Ini gunanya properti. Nggak harus punya biji kopi atau lada hitam yang diawur-awurkeun dina meja, guys. Cukup gunakan apa yang ada disekitar kita. Misalnya taplak meja, vas bunga, bahkan tembok pun bisa jadi background keren kalau kita mau.

4. Add Human Element
Tak ada properti, tangan manusiapun jadi. Ya kira-kira begitulah filosofinya. Bisa tangan kita lagi pura-pura motong kue berlayer, atau mungkin makan kue brownis. Kalo selfie? Bisa sih, tapi yaaa mo moto makanan apa muka? :D

5. Shoot The Fresh Food
Setuju banget sama yang ini, saya nggak suka makan-makanan yang dimasak tapi udah dingin. Rasanya kaya ilang, nggak senikmat makan kalo makanan baru jadi. Nah ternyata, ini juga berpengaruh loh pada foto. Karena ada beberapa makanan yang akan berubah tampilannya dalam beberapa saat, misalnya aja ice cream. Biar pas makanan datang, kita bisa langsung foto, coba styling tempat pengambilan gambar sebelum makanan datang.

6. Jangan Gunakan Zoom
Yes, kita udah tahu lah yaa kamera ponsel mah kalo di zoom gambarnya jadi nggak sebening kalo nggak di zoom. Kalo emang butuh lebih close up, sebaiknya kita aja yang mendekat. OK!

7. Rule Of Third
Ini kaitannya dengan komposisi gambar. Anggaplah layar handphone dibagi menjadi 9 kotak sama besar. Dan objek foto yang utama diletakan pada salah satu titit garis pertemuan 9 kotak tadi. Aturannya adalah 1/3 bagian frame digunakan untuk objek, dan 2/3nya dipakai untuk background.


8. Editing
Ini bagian yang paling nggak saya suka, wahahahaha. Udah dari tahun 2007 kerja ngeditin foto melulu, dari foto selfie, foto kawinan, foto lahiran, dan foto ulang tahun klien sampai tahun 2015. Jadi rasanya agak enek kalo abis foto harus edit-edit lagi. Namun Fellicia dan Meidi berpendapat foto mereka masih harus diedit dengan VSCo atau Snapseed.


Nah, gimana man teman, sudah pernahkah teman-teman mempraktekan tips untuk food photography dengan ponsel tadi? Mumpung ada ahlinya, para peserta diajak untuk praktek berfoto. Ada beberapa makanan yang disajikan dimeja. Dengan antusias para peserta menyerbu meja. Eh ternyata panitia menyediakan beberapa ponsel dengan merk “Polytron” lho! Yes,  itu  si Polytron Prime 7 #BreakResistant !


Polytron Prime 7 ini sebuah ponsel yang digadang mampu memotret dalam keadaan minim cahaya, serta hasil yang tetap fokus meski tangan begetar ria. Sebelah kanan, adalah ponsel Polytron Prime 7. Cocok ya buat penangkap gambar “moment” kaya para blogger!


Setelah melihat hasil gambar dari tangkapan kameranya, bisa kali yaa Polytron Prime 7 ini jadi salah satu wishlist ditahun 2018 kita? Bukan cuma jagoan kamera lho, ponsel ini juga tahan banting. Dilindes pake mobil aja nggak rusak! Wooooo.. Perfect nih buat mamak-mamak yang ponselnya sering dibanting anak, wkqkqkq ;))


Selesai ikutan workshop ini, saya jadi inget Golden Rules of Lomograpgy, “Don’t Think, Just Shoot”! Karena setiap orang punya cara pandang tersendiri dari apa yang ia lihat untuk disampaikan pada orang lain melalui gambar tangkapannya. Enjoy yourself!
Dan maaf kalo hasil foto saya gelap, belom pake Polytron Prime 7 sih.. :( Semoga bermanfaat! ^_^ 

1 comment:

  1. Waw, reportasenya lengkapp
    Saya juga mupeng banget prime7 soalnya tahan banting, hasil foto keren dan terjangkau harganya

    ReplyDelete