Wednesday, 11 April 2018

3 Tips Agar Anak Aktif Ala Amy

Teh amy, khalif dikasih makan apa sih koo aktif banget? Ya nasilah. Masa beling, hehehhe. Dibalik aktifnya khalif, suka sedih kalo inget dulu karena saya nggak lulus ASI Ekslusif. Udah mah lahir secar, nggak asi ekslusif. Lemah banget yaa mamahnya, hiks. Tapi yaa meski hidup anak ditentukan dari 1000 hari pertama kehidupannya, apa yang orang tua lakukan sesudahnya juga masih berpengaruh. Iya kan?

Yeeeay udah bisa nangkep ikan sendiri! 

Nah jadi sebisa mungkin saat ini saya mengupayakan beberapa hal terbaik untuk khalif. Inilah 3 hal menurut saya yang paling berpengaruh dalam tumbuh kembang khalif.
1. Mandi
Penting banget nggak ini? Hehehe. Koo bisa yah? Kalo menurut saya ini faktor penting, dari kecil banget khalif kalo bangun tidur yaa maksimal sejam sesudahnya pasti dimandiin. Jadi habitnya tiap bangun tidur, khalif akan poop, terus sekalian deh dimandiin. Walo masih pake air hangat, mandi tuh bikin badan anak jadi seger. Khalif dimandikan sehari dua kali. Selain bikin jadi seger, tubuhnya tuh kan nggak jadi sarang kuman. Pernah sih beberapa kali nggak dimandiin sore karena doi ketiduran atau pas lagi sakit panas banget. Sisanya pasti dimandiin. Oiah untuk mandi sore, usahakan sebelum jam 5 sore. Kalo kata orang sunda mah pamali, tapi kalo menurut saya itu ada penjelasan alamiahnya. Cobain aja deh sama kita, kalo mandi sore sebelum sama sesudah jam 5 sore, kebadannya enakan mana?

2. Asupan Nutrisi
Jangan ngebayangin saya mpasi pake butter2an, keju2an, apalagi repot ngasih salmon ama anak bayi ini. Dari pertama Mpasi, khalif dikenalkan dengan brokoli, wortel, daging ayam, telur, daging sapi, dan makanan mudab didapatkan lainnya. Jadi cukup nggak sih asupan nutrisinya? Kalo dari makanan aja mah kurang sih ya. Selama ini saya ngandekin susu formula buat tambahan asupan nutrisi untuk khalif. Nah karena sekarang khalif udah dua tahun, saya punya rencana ganti susu. Kenapa? Bawaannya klo dikasih susu yang sekarang khalif mau ngedooot mlulu, jadi biar bisa minum susu digelas saya kudu ganti susu. Cuma masih bingung susu apa yang bagus buat anak usia 2 tahun lebih? Googling adalah hal yang pertama dilakukan. Terus ketemu berbagai merk susu yang katanya baik untuk anak. Tapi koo saya belum tertarik ya? Sampai akhirnya ketemu salah satu susu yang merknya mirip nama saya, hehehe.

Namanya, MyBio Colostrum Milk. Susu rendah lemak dengan kolostrum dan kalsium, difortifikasi vitamin dan mineral, membantu meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan tulang. Kalo kalsiun udah sering denger ya. Nah kolostrumnya ini yang bikin saya penasaran.

Kolostrum adalah cairan pra-susu yang dihasilkan oleh kelenjar mamalia pada 16 jam pertama setelah melahirkan yang sangat berguna dalam mendukung kehidupan bayi yang baru dilahirkan. Kolostrum mengandung zat besi 10-17 kali lebih banyak, Vitamin D tiga kali lebih banyak, dan Vitamin A sepuluh kali lebih banyak dibandingkan susu biasa. Masyaallah, manfaatnya luar biasa ya. 
Halal nggak sih? Kalo ini kolostrum manusia mah halal ge atuh bahaya ya bray, karena ini kolostrum sapi, udah pasti halal. Dan alhamdulillah udah ada sertifikat halalnya juga sih.

Terus MyBio Susu Kolostrum bukan suplemen sehingga tidak ada batas dosis. Cuma disarankan untuk mengkonsumsi MyBio Susu Kolostrum 2 sachet per hari, pagi dan malam. MyBio Susu Kolostrum aman dikonsumsi bagi anak-anak diatas 2 tahun, remaja, dewasa dan orang tua. Pas banget yaa buat Khalif.

3. Main Bareng
Buibu jangan cuma beliin maenan buat anak, tapi yu maen bareng sama anak! ;)
Sorry to say, banyak mamah mamah muda yang saya kenal berasa udah keren kasih stimulasi ke anak dengan heli berbagai book activity, maenan juta-juta, dan segudang alat stimulasi yang malah dimaenin sama anaknya doang. Dari yang pernah saya denger dari Bunda Romi, kalo sesungguhnya permainan yang bisa menstimulasi anak adalah permainan yang dimainkan bersama orang tuanya. Kalo ngasih gadget gimana? Itu mah saya, tapi ya kudu didampingi. Diusua 24 bulan, alhamdulillah khalif udah bisa berhitung 1 sampai 10, kalo belasan ke duapuluh dia masih suka ngacak. Abjad udah bisa tebak 20 huruf. *emang itu keren?* ya buat saya mah keren aja sih, da inget dulu pas lahir mah dia cuma bisa gerakan ngulet, nangis, nenen, ee, sama bobo.:D

Ah my, sok iya ngasih tips biar anak aktif. Emang khalif aktif banget ya? Coba tanyalah pada mereka yang pernah ketemu khalif. Ato cobalah sini ajak maen khalif sehariiii aja. =D


2 comments:

  1. Jadi pengen ketemu Khalif, penasaran juga sama susu kolokolos nya, tfs ya teh😊

    ReplyDelete
  2. Mau sesar mau sufor yang penting anak sehat, aktif dan happy nggak kekurangan kasih sayang ortu, ya Amy. ;)

    ReplyDelete