Sunday 22 July 2018

Pakai Kartu Kredit Bisa Buat Kondisi Keuangan Sehat, Masa Sih?

Kebanyakan orang menggunakan kartu kredit untuk berbagai transaksi tanpa tahu apa yang seharusnya jadi tujuan penggunaan kartu kredit itu. Oleh sebab itu, beberapa di antara mereka kadang merasa terjebak dan kondisi keuangannya malah makin memburuk karena kartu kredit. Padahal, ini sebenarnya murni kesalahan pengguna kartu kredit tersebut, lho!


Pasalnya, bila kita menggunakan Kartu Kredit secara bijak, kondisi keuangan malah akan jadi sehat. Lho, kok bisa? Bisa! Sekali lagi, asal kita bisa menggunakannya dengan bijak, kondisi keuangan kita akan sangat terbantu dengan kartu sakti ini. Lalu, bagaimana bisa kartu kredit ini buat kondisi keuangan kita sehat? Cek rinciannya berikut ini!

1. Gampang Cari Pinjaman.
Bila kita membutuhkan uang untuk suatu keperluan, misalnya saja untuk membuka usaha, dengan kartu kredit, kita akan makin gampang untuk mencari pinajman. Salah satunya bila kita ingin memperoleh pinjaman yang cukup besar bahkan hingga ratusan juta rupiah dari program kredit tanpa agunan atau KTA dari bank tempat kartu kredit kita diterbitkan. 

Sebelum memberikan pinjaman tanpa jaminan pada kita, pihak bank nantinya akan melihat riwayat pembayaran tagihan terlebih dulu untuk menilai apakah kita layak untuk menerima KTA atau tidak. Setelah itu, kita hanya perlu memenuhi syarat adminsitrasi lain. Prosesnya pun juga akan berjalan lebih lancar dibanding bila tak punya kartu kredit.

2. Bisa Lebih Irit
Menggunakan kartu kredit secara bijak juga bisa membuat kita lebih irit, lho! Kita bisa memanfaatkan berbagai diskon dan program cashback dari kartu kredit asal bisa memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Misalnya saja, kita bisa berbelanja di mall dengan diskon yang lumayan, makan di restoran atau tempat belanja lain.

Bila kamu ingin dapat diskon atau cashback tanpa memiliki kartu kredit, hal ini akan sangat sulit kita wudukan. Lain halnya dengan pengguna kartu kredit. Kita akan lebih mudah dapat tawaran ini dan Kita juga bisa menemukannya di banyak tempat. Bahkan, ada juga yang menyediakan diskon dan cashback dalam jangka waktu yang panjang.

3. Bisa Buka Usaha
Yup! Kita juga bisa memulai usaha menggunakan kartu kredit. Seperti yang sudah dikatakan pada poin pertama, kita bisa memanfaatkan kartu kredit untuk meminjam modal usaha di bank dengan lebih mudah. Kita bisa mendapatkan pinjaman KTA hingga ratusan juta tanpa syarat ribet yang harus dipenuhi.

Selain itu, Kita juga bisa membeli berbagai perawalatn untuk usaha kita lewat skema cicilan. Apalagi, sekarang ada skema cicilan 0% yang pastinya akan makin memudahkan kita. Namun ingat, ada baiknya kita tidak membeli alat usaha dengan cara tarik tunai, ya! Ini malah akan membuat kondisi keuangan terbebani.

4. Lebih Mudah Mengatur Keuangan.
Keuntungan lain dari memiliki kartu kredit untuk kondisi keuangan yang lebih sehat adalah Kita bisa lebih mudah mengatur keuangan. Dengan menggunakan kartu kredit, Kita bisa memantau pengeluaran bulanan. Sebab, semuanya tercatat pada tagihan yang akan diberikan pada kita setiap akhir periode bulanan.

Nah, tagihan yang dikenakan pada kita pada bulan tersebut bisa buat patokan  mengatur keuangan untuk bulan berikutnya. Ada baiknya, bujet bulan depan kita lebih sedikit dari anggaran bulan ini. Apalagi bila bulan ini pengeluaran kita membengkak. Hal ini tujuannya adalah untuk menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran.

Selain itu, Kita juga harus buang jauh-jauh pikiran bahwa kartu kredit adalah mesin pencetak uang. Sebab, kita harus tetap membayar tagihannya di akhir periode kartu kredit tersebut. Bila kita beranggapan seperti ini, pantas saja kondisi keuangan malah jadi buruk saat menggunakan kartu kredit. Karena kita tak bisa mengaturnya, sih!

Bagaimana? Sudah tahu kan seperti apa manfaat dari kartu kredit untuk buat kondisi keuangan kita jadi lebih baik dan sehat? Tentunya, hal ini harus kita lakukan sejalan dengan pemikiran yang tak hura-hura, ya! Bila kamu butuh info tentang kartu kredit atau produk perbankan lain, cek saja di CekAja.com. Ada banyak info menarik lho disana! 

14 comments:

  1. Oh gitu ya Teh, kalo yang mampu bisa kali ya, yang penting bijaksanašŸ¤—

    ReplyDelete
  2. Cekaja.com ini infonya memnag banyak dan bermanfaat ya termasuk info seputar kartu kredit

    ReplyDelete
  3. Aku gak punya kartu kredit, dulu sempet kepikirian mau bikin pas sering-sering pergi pakai maskapai karena sering dapat diskon. Tapi karena sekarang lebih banyak di rumah, gak jadi deh bikin CC nya.

    ReplyDelete
  4. Aku dulu punya cc dan kebantu bgt pas pesen tiket sm penginapan. Tp spy ga macet, aku biasa bayat sblm jatuh tempo :)

    ReplyDelete
  5. Huhu, aku pake kartu kredit malah sebaliknya. Orangnya gampang kabitaan sih. Jadinya tahun lalu aku tutup kartu kreditnya. Ngandelin punya suami aja. Alhamdulillah jadi lebih irit. :D

    ReplyDelete
  6. Wah aku masih belum berani pakai CC, kemarin butuh juga masih pinjem punya temen :D

    ReplyDelete
  7. bener banget...
    kartu kredit itu jadi alat pembayaran internasional yang membantu kita buat beli tiket pesawat dan lain2.
    aku sama suami minat bikin CC, tapiii.. masih sieun. wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Hihihi...punya kartu kredit bisa lebih irit kalau pakai cicilan 0%, asal tepat ayar cicilannya bisa menghemat

    ReplyDelete
  9. Bisa aman asal bijak dlm menggunakannya ya

    ReplyDelete
  10. Belum pernah pake CC, coba cek ah ke cekaja

    ReplyDelete
  11. Saya termasuk yang takut buat pake kartu kredit. Tapi suami pake karena dia lebih telaten dan lebih bisa ngatur.

    ReplyDelete
  12. Kartu kredit akan menjadi baik atau tidak tergantung pada yang menggunakan. Kalau digunakan secara bijak tidak berbahaya. Tapi kalau tidak bijak, bisa menjadi bahaya ��

    ReplyDelete
  13. Semuanya memang harus bijak dalam penggunaan yaa, teh...
    Semoga kita gak terjebak dalam cara hidup yang berlebihan.

    ReplyDelete
  14. Belum berani bikin CC, takut kebablasan. Hihi.
    Nuhun infonya ya, AmišŸ˜‰

    ReplyDelete