Friday 3 August 2018

Qurban tak sekedar berqurban, Zakat tak sekedar berzakat bersama Rumah Zakat

Hari gini, siapa sih yang nggak tahu Rumah Zakat? Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Rumah zakat bandung

Saya sendiri udah lama tahu ada lembaga rumah zakat, tapi nggak tahu apa aja yang dikelola disana. Paling sering liat spanduk-spanduknya saat Ramadhan dan menjelang Idul Adha, hehehe. Alhamdulillah, 30 Juli 2018 kemarin saya dapet kesempatan dateng ke kantor rumah zakat di jalan turangga no.33 Bandung sebagai saksi komitmen Rumah Zakat untuk mewujudkan mimpi kemanusiaannya menolong saudara-saudari kita di Lombok Timur, dan Yordania.


Saya jadi tahu, kemana hewan qurban dan dana lain yang dititipkan pada Rumah Zakat disalurkan. Saat mendengarkan penjelasan tim Rumah Zakat terkait negara mana saja yang sudah dibantu, hal-hal apa saja yang sudah diberikan, saya jadi terharu. Kekuatan kita saat bersatu, bisa lho mendamaikan dunia. Kita yanv mungkin hanya menyumbang seratus duaratus ribu, tapi bisa lho menyelamatkan dan membantu saudara-saudari kita yang membutuhkan. T_T


Alhamdulillah, masih banyak orang-orang baik di Indonesia ini. Bukan cuma menyumbangkan harta, banyak juga relawan yang benar-benar mau turun tangan membantu sesama. Seperti yang dilakukan Ahmad Faiz yang akan menyusul sekaligus membawakan Super Qurban pada saudara kita di Lombok dan Pak Andri Murdianto beserta timnya yang akan membantu saudara kita ke Yordania. 


Super Qurban, Energi Berkelanjutan.

Kalau dulu daging Qurban dibagikan hanya dalam radius tertentu karena takut daging Qurban keburu busuk, sekarang kita tak perlu khawatir. Karena Rumah Zakat sudah memiliki Super Qurban. Dimana hewan Qurban yang disembelih akan diolah menjadi kornet dan rendang, sehingga menjadi lebih tahan lama dan bisa didistribusikan jauh sampai ke pelosok negeri. Sampai pada mereka yang benar-benar layak menerima. Mereka yang benar-benar membutuhkan.


Contohnya saja, tanggal 29 Juli 2018 kemarin, 3000 kaleng Super Qurban sudah sampai di Ambon untuk disalurkan pada suku Amuse Ane, Gunung Morkelle, Maluku Tengah. Saya nggak tau di Indonesia ada nama daerah itu. Bener-bener nggak terjamah kayaknya, tapi Alhamdulillah dan Insyaallah apa yang dikirimkan kesana bisa menjadi bantuan untuk krisis bahan pangan lokal yang terjadi.

Super qurban rumah zakat

Selain di Indonesia, Super Qurbanpun menjadi salah satu bantuan yang dikirim ke Suriah dan Palestina. Tak hanya super Qurban, Rumah Zakat juga mengirimkan bahan makanan pokok, hygience kit, serta hewan Qurban untuk disembelih saat Idul Adha. Sebelum itu, Rumah Zakat telah membantu 20.799 penerima manfaat di Palestina untuk penyaluran bantuan paket makanan, bantuan logistik, pendirian sumur bor, operasional ambulance, lampu LED, perlengkapan medis, obat-obatan, program ramadhan dan Qurban. Sementara di Suriah, Rumah Zakat menyalurkan paket makanan, bantuan logistik pembuatan asrama yatim, dan pendirian Women Empowerment Center, dengan penerima manfaat 11.239 orang.

Img source : Teh Nurul

Rencananya Rumah Zakat juga akan mengadakan satu unit ambulance untuk palestina dan pembuatan sumur serta masjid di Suriah. Semoga rencana-rencana Rumah Zakat untuk misi kemanusiaan ini bisa terwujud. Aamiin.

No comments:

Post a Comment