Skip to main content

Merancang sebuah BISNIS dan USAHA yang KEREN!!! ^^

Apa yang kalian pikir ketika mendengar kata "USAHA". Kalo gue, selalu langsung kepikiran buat berbisnis, bekerja sebagai wirausahawan. Zaman sekarang, banyak banget pengusaha-pengusaha mudah yang mulai meramaikan dunia bisnis di Indonesia #sotoy. Dan gue berharap, sebelum usia gue menginjak umur 25 tahun, minimal gue udah punya usaha sendiri walopun masih harus kerja sama orang lain. Istilahnya usaha gue itu buat nambah-nambah biaya nyicilin pesawat terbang, hahahahah #jayus.
Disini, gue akan berteori, sekedar sharing ajah gitu yang, dari pengalaman usaha yang selama ini gue lakukan di alam pemikiran gue. Ada beberapa hal yang sangat penting buat menjalankan sebuah usaha, mau tahu apa ajah? Ini nih, gue punya daftar sekaligus penguraiannya, tapi jangan salahin gue kalo ini nggak bener, because gue cuma merisetnya sekilas mungkin

1.Modal Awal
Bener, modal Awal adalah sesuatu yang sangat menentukan sebuah usaha. Nggak cuma berupa materi, tapi jiga non materi. Modal ini, gue bagi lagi jadi beberapa, ini masih menurut gue yah. Gue yang sama sekali belum punya bisnis, gue yang belum sukses meraih impian gue, jadi terserah kalian, mau nganggep ini pembelajaran, sumber referensi, atau tulisan gue ini sebagai curhatan anak manusia biasa saja.

  • Modal Duit. Kayaknya sensi banget deh gue kalo ngomongin modal yang satu ini, jujur karena memikirkan modal yang satu ini, ampe sekarang gue nggak pernah jalan buat memulai bisnis gue. Gue punya rancangan bisnis yang sangat banyak, mulai dari bidang fashion sampai bidang multimedia. Banyak banget planer bisnis gue! tapi karena gue memikirkan modal duit ini, gue stuck. Sebenernya, kalo gue mau, nggak perlu punya modal duit yang gede juga sih buat memulai sebuah bisnis. Kita bisa kumpulin duit-duit dingin temen-temen kita buat membangun bisnis, ntar sisitemnya bagi hasil, atau bisa juga kita ajuin pinjeman. Tapi kalo versi gue, gue harus kerja dulu dengan gaji yang agak besar, setelah itu mengumpulkan modal, and then barulah gue memulai bisnis gue. Yang entah kapan terealisasikannya, hehe.
  • Modal Ide Bisnis. Nah ini sih gue udah punya banyak #PEDE. Gue itu hebat, hahahaha. Bisa di bilang Multytasking, hihihi. Mungkin tanpa perlu gue ceritain, kalin juga udah ngerti banget apa yang gue maksud modal yang satu ini. Jadi tentuin dulu, KITA MAU BISNIS atau USAHA APA???
  • Modal Planing. Ini juga penting, kita harus tahu seberapa bisa kah bisnis kita bertahan, seberapa banyak saiang kita, se unik apa produk kita, sebanyak apa target pasaran kita. Kalo kalian udah punya modal duit, terus udah punya ide, tapi nggak tahu cara ngeplannya, yang ada bisnis kalian ntar diikuti sama orang, dan gulung tikar! OH NO! Dan kalo kalian merasa gue cocok dengan visi misi bisniskalian, dengan senang hati gue akan membatu, tentunya dengan bayaran yang pantas , hihihihihi #promosi.
Nah itu tadi beberapa modal awal, sebenernya gue tuh udah bakat baget jadi wirausahawan, hanya saja sikap gue yang plegmatis agak kurang mendukung diri gue, sehingga gue menunggu. Entah menunggu apa! Jadi kalian janga meniru gue kalo mau maju! hahahaha :D
2. Modal Tengah
 Hahahaha, gue menyebutnya modal tengah, dimana ini adalah modal dari dalam diri kita setelah kita sudah punya, DUIT, IDE, dan PLANING! Lebih ke kepribadian, sebagai seseorang yang baru memulai bisnis, kita nggak boleh belaga dewa! Maksudanya, ketika nanti kita menawarkan produk kita, kita nggak boleh sotoy bilang "Ah, Dia mah mana mau beli ini, ah dia mana bisa beli ini, ah mana mungkin dia mau" dsbg. Sebagai seseorang yang memasarkan produk, kita nggak pernah tau, mungkin saja orang yang kita sangka nggak mungkin banget BUTUH sama produk kita, ternyata punya peluang menjadi KONSUMEN terbaik kita. Contohnya ajah nih yah, gue pernah nawarin ke temen coeok gue, sebuah CIPUT! WOW, heloooo he is a man, and its impossible banget gituh yah dia make ciput. Tapi ternyata dia emang lagi nyari ciput buat someone specialnya! Gue ngarang cerita tadi, hahahha, itu cuma sekedar contoh yah guys :D
Selain jangan belaga dewa, kita pun harus seperti malaikat, wowwww. Bisakah? Nggak ada yang nggak bisa yah di duinia ini, walopun sulit! Jadi maksudnya menjadi seorang malaikat adalah, kita harus berlapang dada dan berjiwa besar. Jika kita someday dalam bisnis kita mendapatkan halangan dan rintangan. Tenang ajah. SETIAP USAHA DAN BISNIS ITU PASTI ADA HAMBATANNYA, DAN SETIAP WIRAUSAHAWAN PASTI PUNYA JALAN DAN CARA PENYELESAIANNYA MASING-MASING!
Kita juda harus memiliki modal untuk meneruskan bisnis kita, mau di bawa kemana? Mau stadnan atau berkembang? Atau justru mau di hentikan? Yang aneh itu pilihan kalo kita mau stadnan. Artinya, maju nggak, mundur juga nggak. Kasian donk orang-orang yang mungkin nanti akan bekerja dengan kita. Mun ceuk basa sundana mah "Hirup teh kieu-kieu wae!" hehe. Lakukan apa yang menurut kita perlu di lakukan!
Jadi nih yah intinya, modal tengah ini adalah faktor internal dari dalam diri kita seteh punya modal awal. Kalo kalian masih bingung, gue sarankan buat cari ajah blog lain yang emang penulis blognya adalah PAKAR BISNIS, hahahahahaha.
3. Modal Akhirat
Bukannya gue mau nakut-nakutin dengan nagsih nama modal ke-3 ini adalah modal akhirat. Jadi gini yah, menurut gue, yang beragama Islam, gue harap semua pebisnis sadar akan hal ini, mau yang usahanya menengah, kecil, apalagi yang gede. Gue saranin, buat kalian menanam modal Akhirat ini, minimal 2,5 % dari hasil keuntungan usaha kita. Kalo yang bukan Islam, a.k.a non muslim, gue saranin buat bayar PAJAK!!! Kenapa? Karena itu adalah kewajiban kita sebagai Wirausahawan. Gue nggak punya dalil khusus ataupun UUD Negara Republik Indonesia yang harus gue kasih tahu supaya kalian percaya sama modal Akhirat ini, tapi gue yakin, di hati nurani kalian yang paling dalam, ada sesuatu yang mengatakan 'setuju' dengan modal Akhirat ini. Selain masalah memberi, salah satu modal Akhirat adalah jangan "mencurangi" siapapun dalam bentuk apapun!!! Ingat, ada Badan Pengawas yang mengawasi Usaha kita, yaitu para malaikat Tuha, bisa saja Tuhan dengan seketika menghancurkan Usaha dan bisnis Kita saat kita melakukan kecurangan secuil kuku, karena Ia Maha Tahu!!!

Yah, itu tadi apa yang bisa gue bagi tentang kalian, walau sepertinya sangat mudah untuk di lakukan, pada kenyataannya banyak yang belum mau melakukannya, terutama MODAL AKHIRAT tadi.
Semoga Usaha dan Bisnis kita semua berkembang. Mulailah dari sekarang, dan dari diri sendiri dulu. Gue harap someday ketika kita bertemu, kita sudah sukses dengan Usaha masing-masing. Kalau belum, yaaa, berarti Tuhan punya rencana yang Indah buat kita. Selamat mencoba! :)



Nb : Alangkah senangnya jika tulisah gue ini di publish saat gue sudah menjadi Enterpreneur yang Sukses :D
Amiiin.

Comments