Skip to main content

Multi Level Marketing a.k.a MLM.

Kayaknya dulu gue pernah posting tentang bisnis di blog ini. Merancang Bisnis Sukses
Dan hari ini gue kepikiran lagi, ehehehe
Setelah hari minggu kemaren, gue sama temen rumah gue c Indah ngobrolin MLM.
Multi Level Marketing.
Wow, bagi sebagian orang yang mungkinmemang merasa dirugikan dari sistem MLM yang emang "ANEH", kata MLM mungkin sangat ingin di musnahkan, sama ketika gue mungkin mendengar kata FOREVER hihihihihi.

Tapi gue pernah baca loh di salah satu majalah Islami kalo nggak salah judulnya itu Al-Hikmah, tentang Multi Level Marketing. Kalo dari yang gue baca, konsep MLM itu hampir sama kayak loe mengajarkan ilmu kepada seseorang, dan kemudian orang tersebut mengajarkannya lagi, terus dan terus, sehingga loe juga tetep kebagian pahala dari ilmu yang loe sebar. Selama ilmu itu BERMANFAAT, catet, BERMANFAAT!! Bener nggak sih?

Sabda Rasulullah : "Barang siapa di dalam islam berbuat kebajikan, maka kepadanya diberi pahala, serta pahala dari orang yang mengikutinya tanpa di kurangi sedikitpun."
Firman Allah : "Mereka tidak lalai dari mengingat Allah dalam melakukan bisnis dan jual beli. Mereka mendirikan Shalat dan Membayar Zakat."

Nah, jadi sepertinya, persepsi salah tentang MLM yang menyebar di masyarakat itu, bahwa mlm adalah mencari orang, lalu yang paling atas alias akar dari pohon bisnis adalah yang paling untung, sementara cabang-cabangnya yaaa nunggu menjadi pemanis alias garnis sajah. SALAH!!!

Menurut gue yang ikutan MLM juga, ada beberapa MLM yang memang bener-bener sesuai caranya, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Tapi saling menguntungkan :D

Contohnya yah MLM di Oriflame :)
Gue sudah sangat senang dengan potongan harga 30% stiap pembelian produk, belom kalo orderan kita banyak, bonus point juga ada, dan ada tingkatan level yang bisa jadi semangat mirip2 reward hasil kerja kita!! Wow, keren yah, dan sepertinya juga tidak merugikan orang yang jadi downline, mungkin buat upline sangat menguntungkan, tapi toh nggak ada yang rugi, Bener nggak? Selaen itu, produknya juga emang bermanfaat banget buat gue, yang secara cewek gituh yah pasti butuh lah produk-produk kecantikan dan produk-produk perawatan!!! #yihiiiyyy

Nah guys, itu sedikit penjelasan gue tentang bisnis MLM yang gue jalani, belom sukses banget sih gue, tapi yah semoga membuat kalian berfikir bahwa nggak semua MLM itu menyebalkan dan merugikan,,, Loe mungkin sering mendengar MLM yang nipuin orang degan bayar sekian, dapet produk anu, ini, itu dan berujung dengan kalian harus menipu alias berjualan secara paksa, bahan ada modus baru yang berkembang dengan tameng "USAHA SAMPINGAN MENGELEM KANTONG TEH" wahwahwah, kalikali laporin ajah ke pihak berwenang kalo kalian merasa tertipu dengan penawaran bisnis MLM!! :)

Nah, gue juga pesen nih sama temen-temen yang mungkin termasuk jaringan MLM yang tidak adil dan hanya merugikan downline-downline, inget looh, perasaan orang yang tertindas dan rasa kesal yang dari hati itu mampu menciptakan do'a tulus yang katanya sih di ijabah banget sama Allah SWT. Ati-ati ajah, takutnya orang-orang yang merasa tertipu malah jadi ngedo'ain loe yang nggak-nggak, kan repooot!

Jadi, nggak semua MLM itu buruk, dan menguntungkan juga :)
Cerdas-cerdaslah memilah dan memilih MLM yang mau di ikuti yah guys! ;)

Comments