Skip to main content

1 Dollar Pertama ~

Selamat sore, selalu semangat yaa kalau liat angka-angka di awal bulan. Bagi yang memiliki gaji bulanan, awal bulan bukan cuma di tunggu-tunggu untuk gajian, tapi juga mungkin membayar cicilan panci, kredit sendal, atau hutang mie ayam. Apa hubungannya dengan 1 Dollar pertama?

Gue bukan ahli keuangan, bukan ahli matematika, apalagi ahli mencari uang. Gue cuma sedang mengungkapkan apa yang ada di pikiran gue. Berkecimpung di social media Facebook dari tahun 2008 dan twitter 2009 serta blog baru ini di tahun 2011, gue merasa memiliki banyak manfaat. Buat gue social media bukan cuma ajang bersosialisasi sama orang-orang, tapi juga bisa jadi sumber penghasilan. Belum gede-gede banget sih, lumayan lah bisa membayar cicilan panci, kredit sendal, dan hutang mie ayam.

Gimana caranya dapet uang dari Social Media? Gue kasih tahu cara yang gue tahu aja ya, sebagian. Sisanya kalian bisa ikut kelas training para ahli. Ada 3 cara secara garis besar buat bisa dapetin uang dari Social Media.

1. Social Media Handling

Gimana caranya? Ya ngelamar lah ke perusahaan yang butuh jasa Social Media Admin. FYI, kebanyakan perusahaan besar pakai agency buat ngurusin social medianya, jadi kalau kalian mau ngehandle brand-brand kece, yaa melamarlah ke Agency terdekat. Kita juga bisa nawarin jasa handling social media ke perusahaan kecil yang sedang berkembang atau UKM. Rate untuk jadi admin ini beragam, dari 500K per-account, sampai 5M per-account. Apa yang bisa bikin beda? NASIB, hehehe. Bukan deng, tapi social media apa yang di handle, buat yang handle jadi Admin sebenernya nggak ada keterampilan khusus, asal bisa ngetik, ngerti schedule, dan beberapa tools yang di training sehari juga bisa. Nah biasanya yang agak gede itu buat yang udah mulai ngerti strategi social media. Gimana strateginya? Aah kepanjangan kalau di ketik, butuh training 3-6 bulan buat bisa ngerti ini, dan sialnya nggak ada aturan baku buat jadi social media strategic planner.

Untuk rookie *sok senior*, belajarlah handling social media diri sendiri. Update social media dengan cara yang baik dan penuh energi positif, terus kalau ngerasa udah oke, bisa coba tawarin ke tetangga yang jualan gorengan atau mie ayam, cobalah barter handling social media dengan voucher makan mie ayam sepuasnya. Kalau udah sukses, cobalah upgrade dengan brand UKM, kalau udah oke lagi, yuk lanjut jadi admin brand-brand besar. Aamiin.

2. Social Media Followers
Apaan ini? Ini karangan gue. Whehehehe, maksud gue adalah buat dapetin penghasilan dari social media, nggak harus jadi bagian internal dari sebuah brand perusahaan. Well, mungkin kalian udah sering denger KUTER, alias Kuis Hunter. Peburu kuis. GUE, salah satunya. Lumanyan, gue sempet dapet sampe 7 digit uang tunai dari ikutan kuis via social media ini. Bukan cuma uang tunai, biasanya brand-brand itu bikin kuis dengan hadiah yang beragam. Alhamdulillah, gue pernah dapet bantal, voucher makan, voucher belanja, aksesoris, jam dinding, tumbler, camera digital, boneka, sampe polis asuransi. Menurut gue ini salah satu perpaduan antara kerajinan, kekreatifan, dan keberuntungan. Sering-seringlah update info seputar kuis yang lagi di adain via social media. Saran gue jangan terlalu tertarik sama kuis yang bersifat undian dengan harus membeli produk, terus sebaiknya ikuti yang FREE pendaftaran, yang nggak usah bayar atau transfer-transfer uang. Beberapa temen Kuter gue, ada yang hampir setiap bulan nggak ngeluarin uang belanja, karena tiap bulan dapet hadiah kuis untuk sandang, pangan, dan papan! Seru kan?

3. Be Your Self, Follow Your Passion
Hah? Apaan nih? Hihihi, ini sebutan gue juga. Maksudnya be yourself adalah jadi diri loe sendiri. Ketika loe mau nulis di blog, facebook atau twitter loe, nggak usah denger komentar orang lain, Jadi diri sendiri dan fokus sama passion loe! Banyak contoh sukses di bagian ini, misalhnya Djah Yellow. Tapi kebanyakan kalau nggak di upgrade, "Be Your Self" ini akan menghilang tanpa jejak, seolah-olah cuma hari H aja masa kejayaan dan dapat uang dari Social Medianya.

Nah, loe merasa cocok dimana?
Kalau gue sih 3-3nya. Secara gue pernah kerja di Agency Digital satu setengah tahun, jadi admin yang setiap hari update status akun facebook dan twitter. Jadi kuis hunter juga gue udah pernah, dan sekarang gue lagi "Be Your Self". Gue posting apa aja yang menurut gue penting buat di posting. Gue nulis apa aja yang menurut gue perlu di tulis. Gue share apa yang menurut gue cocok untuk di share. Menghasilkan? Iya, tapi belum banyak. Gue udah berhasil mengumpulkan 1 Dollar pertama gue dari blog yang isinya gado-gado ini. Buat yang udah jago mungkin biasa aja ya, penghasilan mereka bisa sampe ribuan dollar perbulan. Tapi, bukankan perjalanan yang panjang dan jauh di mulai dari sebuah langkah?


So, ribuan dollar akan di dapat dari kumpulan sen dollar ini. Aamiin :D
Kapan 100 Dollarnya yah? Mau bantuin saya? Klik aja banner-banner iklan di blog ini, hehehe ~
Kalian punya pengalaman lain mendapatkan penghasilan dari social media? Share dong kakak :D

Comments