Skip to main content

Aplikasi Yang Cocok Untuk Gadget Anak

Siapa yang suka anak kecil? Iya, anak kecil itu selalu ngegemesin, kadang berbagai cara sering dilakukan orang dewasa untuk menarik perhatian anak kecil biar anak kecil itu mau digendong. Bener nggak? Salah satu cara yang biasanya dilakukan orang dewasa untuk menarik perhatian anak kecil adalah menunjukan gadget. Ini mah cara saya dan suami banget, hehhe. Dulu waktu mau membujuk keponakan biar nggak ikut sama mamahnya dan mau ikut sama kita, kita kasih lihat games-games yang biasa kita maenin. Dan ternyata mereka suka, langsung deh nemplok sama kita. Tapi lama kelamaan ponakan merasa bosan, lalu suami saya menunjukan saja beberapa video film anak-anak dari youtube. 

Awalnya keponakan anteng-anteng aja dikasih lihat beberapa film kartun kesukaannya, eh lama-lama minta nonton film hantu. Ampuun deh! Kalau hantunya yang beneran hantu yang serem sih okelah, tapi yang muncul dihasil pencarian itu kan lebih banyak hantu esek-eseknya. Nah setelah dilema agak lama. Sayapun mencoba mencari aplikasi-aplikasi yang cocok untuk anak-anak Di play store Dan hasilnya banyak banget! Sampe bingung milihnya.

Saya coba instal aplikasi-aplikasi tersebut, terus saya bandingin kualitas gambar dan isi dari aplikasi yang sudah saya instal. Sampai akhirnya saya menemukan aplikasi yang bagus untuk anak kecil seusia keponakan-keponakan saya. Mungkin bagi sebagian orang mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut membuang waktu, kuota, dan tenaga. Nah kali ini biar yang baca artikel ini nggak buang-buang waktu, kuota serta tenaganya saya mau kasih bocoran deh ada aplikasi keren yang cocok banget buat anak usia 2-6 tahun. Mau tahu apaan?


Namanya Boci, bukan bobok ciang ya! Boci adalah nama seekor bunglon yang menjadi karakter utama dalam aplikasi ini. Ada banyak seri dari aplikasi boci. Yang paling saya suka adalah Petualangan Boci dan Boci Pasar Malam. Kebayang nggak gimana isi aplikasinya?

Saya dan suami memang suka ke pasar malam, dulu waktu masih jaman pacaran. Jadi pas liat aplikasi Boci Pasar Malam, kita jadi keingetan dulu pernah ngapain aja di Pasar malam dan apa aja yang paling kita suka. Biasanya saya ke Pasar malam buat beli arumanis dan naik bianglala. Pernah sekali naik kora-kora, tapi aseli saya kapok. Kora-kora di Pasar Malem, lebih menegangkan daripada kora-kora di dufan, serius!


Di Boci Pasar Malem, ada banyak wahana yang bisa diperlihatkan sama anak-anak. Misalnya Rumah Hantu, Bianglala, Komidi Putar, dan Kolam bola. Setiap atraksi atau wahana punya cara feedback berbeda ketika kita menyentuhnya. Contohnya saja si wahana Komidi Putar ini:


Tuas dibawah berfungsi untuk memutarkan para karakter sehingga muncul bergantian dilayar. Semakin besar angkanya, semakin cepat putarannya. Dan saat karakter itu di sentuh(tap), maka mereka akan mengeluarkan reaksi berbeda. Ada yang bilang "Haloo", "Horee", dan "Hahahha". Gemesin deh! Well, kerennya di Aplikasi ini tersedia dua bahasa. Yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Keren kan!

Versi Bahasa Indonesia

Versi Bahasa Inggris
Aplikasi Pasar Malam Boci juga ukurannya nggak terlalu besar, hanya sekitar 62 MB. Bukan cuma wahana nya loh yang bisa dijadikan objek belajar dan bercerita yang atraktif, di Boci Pasar Malam juga ada beberapa tenant seperti Arumanis, Balon, dan Ice Cream. Ah pokokya imut-imut deh berasa di Pasar Malem beneran! Buat anak-anak yang belum pernah diajak ke taman hiburan khususnya pasar malam, aplikasi ini sangat bermanfaat.

Saya yang udah segede gini, yang udah jadi calon Ibu aja seneng banget maenin aplikasi Boci, gimana anak-anak ya? Btw, beberapa aplikasi Boci yang menurut saya sangat bermanfaat selain Pasar Malam Boci ini antara lain:
1. Boci Petualangan Warna
2. Boci Berhitung
3. Boci Menulis Alfabet

Namun ada satu kekurangan dari aplikasi Boci. Setiap kita melakukan back ke menu sebelumnya selalu ada iklan yang muncul, hehe. Pas saya pinjemin gadget saya sama sepupu yang masih umur 2 tahunan, dia bingung begitu muncul iklannya. Jadi saya harus mendapingi dia, setiap dia menemukan iklan yang terkoneksi untuk mendownload aplikasi lain.

Nah buat ibu-ibu, rekan-rekan, dan calon ibu lainnya, adakah aplikasi lain yang direkomendasikan untuk gadget anak-anak? Share yuk di kolom komentar *wink*

Semoga bermanfaat ^^

Comments

  1. iya ya, biasanya buat nenangin anak kecil yg rewel, tinggal kasih gadget aja. Enaknya skrg ini bnyk aplikasi yg bisa bikin anak pinter, salah satunya boci ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, semoga kita tak termasuk orang dewasa yang menjerumuskan anak lewat gadget ya. Aamiin :D

      Delete
  2. Bisa bantu anak-anak belajar sekalian yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba ^^
      Pelajarannya juga macem-macem dan menyenangkan :)

      Delete
    2. Betul mba ^^
      Pelajarannya juga macem-macem dan menyenangkan :)

      Delete
  3. Anakku si Rara (3 th) lagi seneng2nya main Belajar Menulis bersama Boci....bisa melatih motorik halusnya juga, loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka mba, hihihi. Padahal buat anak-anak ya.. Insyaallah anak saya masih dalem perut, jadi emaknya dulu aja deh yang mainin. :D

      Delete
  4. Aplikasi Boci emang lucu dan cocok untuk anak2 :D

    ReplyDelete
  5. Aplikasi Boci emang lucu dan cocok untuk anak2 :D

    ReplyDelete
  6. Anakku jg seneng banget mainin ini, terutama yg bagian pertama karena ada dongengnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba gemes deh aplikasinya, apalagi sama si miaw mukanya pengen nguwel nguwel hehehe

      Delete

Post a Comment