Skip to main content

Merencanakan Liburan Ala Joice Tauris Sinta

Siapa yang suka banget traveling? Biasanya berapa sih budget yang dihabiskan untuk melakukan perjalanan yang menyenangkan? Mahal atau mahal banget? Terakhir kali saya liburan yang agak jauh itu tahun 2014, ke Bali. Termasuk perjalanan liburan yang murah karena dipersiapkan dari tahun 2013, hihihi you knowlah yaa pake maskapai apaan yang harganya cuma 99ribu itu. Nah, ternyata "Merencanakan Liburan" ini memang penting lho. Bukan hanya lebih murah, tapi juga bikin liburan makin efektif dan menyenangkan. Nggak akan ada kata "Yah, nggak sempet ke tempat ini!" atau "Yah, lupa kan mau kesana.." kalau kita merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Yaa nggak selama kaya mau naik haji juga sih persiapannya.


Dan kali ini saya berkesempatan dapat sharing dari Mba Joice Tauris Sinta di acara Sunlife Future Plan "Wujudkan Liburan Terbaikmu!", 31 Juli 2016 kemarin. Menurut Mba Joice, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk "Merencanakan Liburan".


1. Kapan
Pertama kali, coba tentukan kapan kita akan berangkat. Minggu depan? Bulan depan? Atau tahun depan? Waktu liburan ini sangat berpengaruh, terutama pada biaya yang akan dikeluarkan untuk tiket dan akomodasi. Hindari jadwal liburan disaat high season, karena sudah pasti cost akan menjadi besar. Dan hampir semua tempat liburan akan penuh oleh wisatawan. Kalo saya sih nggak suka liburan ditempat yang ramai, berasa kurang greget gitu.

2. Kemana
Kemanaaa, kemanaaa, kemanaaa... *ayutingting*
Yes, kemana sih kita mau berangkat? Dalam kota? Luar kota? Luar negeri? Setiap tujuan yang akan kita jadikan tempat berlibur memiliki persiapan yang berbeda. Misalnya saya mau ke ICELAND, nggak mungkin kan saya pake baju tipis? Dan nggak mungkin juga saya cuma bawa baju yang nempel dibadan. Tujuan liburan kita bakal mempengaruhi persiapan barang bawaan dan uang tabungan.

3. Dengan Siapa
Kalau saya sih sekarang pergi-pergi pengennya sama suami dan anak. Jadi kebayang kan barang bawaannya harus untuk 3 orang dan biaya akomodasinya juga untuk 3 orang. Kalo kata mba Joice, paling enak bawa anak dibawah usia 2 tahun. Belum terlalu rewel, apalagi yang masih cuma nyusu. Kita jadi nggak repot bawa makanan bayi yang notabene agak repot nyiapinnya.

4. Budget
Setelah tahu mau liburan kapan, kemana dan sama siapa, barulah kita siapin budget untuk liburan. Ininih 6 budget liburan yang harus disiapin menurut Mba Joice:


  • Budget Tiket
Mau naik kereta, pesawat atau bus. Kita harus siapin berapa budget total pulang-perginya. Bila perlu tambahin sekitar 10 persen untuk berjaga-jaga. Apalagi kalau liburan kita dilakukan setahun kemudian, udah pasti harga tiketnya naik. Untuk menghemat, kita bisa membeli tiket dari sekarang dengan mencari promo diskon. Lebih hemat, lebih baik :D
  • Budget Akomodasi
Nggak mungkin dong liburan sama khalif tapi nginepnya di tenda? Kalau khalif udah gede sih nggak apa-apa ala-ala camping gitu. Ini kan khalifnya masih 4 bulan kurang, yang ada habis liburan bukannya menyenangkan tapi malah kerokan :D
Di post budget akomodasi ini, kita bisa siapin hotel/penginapan mana yang akan kita pilih, harganya berapa dan berapa malam akan berada disana. Perlu juga dimasukan biaya-biaya seperti laundr dan mini bar.
  • Budget Makan/Kuliner
Pastikan budget yang kita masukan termasuk makan pagi, siang, dan malam. Juga ada appetizer, main menu, dan dessert. Oiah, jangan lupa cobalah kuliner khas tempat liburan yang kita kunjungi.  Nggak lucu juga kan jauh-jauh dari Bandung ke Aceh cuma buat jajan Soto Bandung?
  • Budget Perjalanan (Rekreasi)
Yang termasuk dalam post ini adalah budget yang disiapkan untuk semisal tiket masuk ke area wisata seperti tiket masuk Disneyland hongkong, tiket mask ke ancol, ataupun tiket naik odong-odong.
  • Budget Oleh-oleh
Yes, di Indonesia mah yang pertama diucapin temen-temen pas tahu kalau temennya mau liburan adalah "Jangan lupa oleh-oleh ya!", hihihi. Kalau saya sih nggak keberatan dimintain buat bawa oleh-oleh, yang bikin berat tuh kalau oleh-olehnya saya yang bayarin, hahahha. Sebelum nentuin mau beli oleh-oleh apa, tentuin dulu jumlahnya. Jangan kebanyakan, apalagi pas kita pake kendaraan umum soalnya bakalan repot bawanya. Tapi jangan juga sampai kurang. Yang pas-pas ajalah~
  • Budget Tak Terduga
Budget untuk biaya tak terduga ini biasanya berjumlah 20-30% dari total keseluruhan budget. Semakin banyak jumlahnya semakin bagus. Karena siapa tahu kita ketinggalan pesawat saat akan pulang sehingga kita harus beli tiket pesawat lagi kan ~

Kalo bahas soal budget, lumayan bikin pusing ya. Pusing mikirin dari mana uangnya, hihihi. Nah kalo kata mba Joice, ada dua cara yang bisa membantu kita memiliki dana untuk liburan ini. Pilihannya, yaitu: MENABUNG ATAU MEMINJAM.


Tentu saja lebih menguntungkan adalah cara MENABUNG. Etapi selain menabung ternyata ada yang lebih menguntungkan lho! Mba Joice bilang, sebaiknya kita berinvestasi. HAH? Liburan aja pake investasi?

Iya, jadi investasi yang dimaksud adalah untuk liburan yang waktunya sekitar 1tahun lebih. Untuk 1-3 tahun, sebaiknya kita berinvestasi reksadana pasar uang atau campuran. Kalau 3-5 tahun atau lebih, boleh pakai reksadana saham. Agak bingung sih waktu mba Joice ngejelasin ini, pasalnya saya nggak terlalu ngerti apa perbedaan dari macam-macam reksadana itu. Kata Mba Joice, kalau kita nggak ngerti tentang investasi bisa lho kita nanya sama financial planner. Bisa di brightadvisor.co.id juga nanya-nanya tentang investasi dan reksadananya. GRATIS! :D

Selain untuk membuat kita fresh dan senang, liburan juga ternyata bisa dimanfaatkan lho!
Mba Joice biasanya memberdayakan liburannya dengan membuat tulisan, lalu tulisannya disalurkan pada 3 hal berikut ini:
1. Mengirim tulisan ke Majalah atau Koran.
2. Menulis di blog.
3. Menulis buku.

Wiiih, inspiratif banget nih ide-ide "pemberdayaan liburan" ala mba Joice. Ah, nggak nyesel deh dateng ke seminar Sunlife future plan "Wujudkan Liburan Impianmu!" ini. Makasih yaa Mba Joice untuk tips merencanakan liburannya. Insyaallah nanti dipraktekan, terutama yang point memberdayakan liburan, hihihi.

Semoga bermanfaat juga untuk teman-teman ya! ^^

Comments