Wednesday 30 September 2020

3 Tips Lancar Saat Menyusui Ala Amy

Aku mau share ama kalian gaes, share aja yaa bukan menggurui. Belajar dari pengalaman saat kelahiran anak pertama, khalif. Yang harus lahir secar dan aku beri sufor sejak lahir, dikehamilan kedua aku mempersiapkan diri lebih baik untuk memberikan ASI Eksklusif untuk Array. 

Waktu kehamilan pertama, aku kira semua Ibu ditakdirkan dapat melahirkan lancar dan menyusui anak dengan lancar pula, ternyata aku salah banget. Pada kenyataannya untuk melakukan proses melahirkan dan menyusui setiap orang punya takdir yang harus diusahakan. 

Setelah berusaha VBAC, anak keduaku lahir lagi dengan cara secar, Alhamdulillah. Meski gagal VBAC, tapi aku berhasil melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan memberikan Array ASI hingga umurnya yang sekarang 1tahun 1 bulan dengan metode DBF (Direct Breast Feeding) alias nyusu langsung dari nenen. 

Bukan nau pamer, tapi menurutku ada 3 hal yang harus dimiliki seoarang Ibu yang mau memberikan ASI untuk anaknya. 

1. Persiapan Mental

Beb, menyusui anak perlu mental yang kuat. Waktu anak pertama, aku bisa nitipin Khalif sama Mama, pas mau nenen yaa tinggal bikin sufor. Beda sama Array, sejak lahir setahun lalu, pasti tidur mesti banget sama aku. Sebelum enam bulan, aku sama Array tak bisa dipisahkan hehehe. Keluar rumah ada meeting dan lainnya paling lama cuma tiga jam karena DFB, dicoba perah Array nggak mau, hehehe. Jadi bener-bener beda ama Khalif dulu. Itu disisi waktu ya, belum lagi pas abis lahiran Array tuh lagi rame kicauan seorang dokter yang membeberkan fakta bahwa menyusui anak itu memberikan efek pada Ibu, kebanyakan efek negatif seperti menjadi lemot! Hahaha gilaa berkat cuitan itu beberapa temenku berhenti menyusui anaknya gaes. Dalihnya mereka memberikan pilihan lain biar nutrisinya lebih terpenuhi.Huhuhu, padahal kalo memang mau memenuhi nutrisi mah bisa diakalin mamaknya minum vitamin ataupun makanan bergizi tinggi dan seimbang. Iya kan? 

Banyak banget loh yang mempengaruhi mental kita saat menyusui. Qadarullah Array kena dermatitis atopik. Dan aku yang disalahin, katanya Array alergi ASI, hiks. Katanya aku jangan makan ikan, jangan makan dairy food, jangan makan kacang, dan jangan makan makanan bergizi lainnya, huhuhu. Padahal kan Array perlu omega 3, dan nutrisi lain yang notabene dilarang. Setelah ke dokter ternyata itu bukan pengaruh makanan tapi karena udara dan juga memang imun bayi yang masih menyesuaikan. Untungnya aku minum blackmores, jadi meski beberapa waktu nggak makan makanan bernutrisi, aku ngerasa masih ngasih ASI bernutrisi buat Array. Nggak cuma menyusui sih ya, rata-rata setelah lahiran adaaaaaa aja yang dikomenin dari seorang Ibu.Jadi beneran mental harus disiapkan matang-matang. Aku tipe yang nggak terlalu masukin ke hati juga sih. Jadi kalo ada yang komen koo gini koo gitu, aku senyumin aja. :) 

2. Moodbooster

Setelah diuji mental, maka cara terampuh biar bisa tetap menyusui adalah melakukan self love yang menjadi moodbooster. Kalo aku pas abis lahiran Array lagi suka nonton drakor, jadi yaa aku lanjutin aja. Terus aku juga suka jualan, hahah ini suka apa butuh. Jadi aku ngerasa seru aja kalo abis posting jualan, dan ada yang nanya-nanya. Oiah, pas lahiran Array, akutuh lagi aktif jadi member MLM, abis lahiran,aku langsung folow up loh gaes. Dan ada yang nyangkut tiap minggu dapet bonus. Moodbooster banget kan? Hahaha. 

Selain ngelakuin hal yang disukai, moodbooster aku juga dari makanan. Makanya agak bete ketika ada yang komen kalo dermatitis atopikmya Array dari makanan yang aku konsumsi, huhuhu. Aku kan waktu itu lagi suka banget yang cheessyy dan creamyyy. Pokoknya kumanjakan lidah dengan alasan busui mah bebas! Nggak takut gendut! 

3. ASI Booster

Setelah mood membaik baru deh aku minum ASI booster. Nggak perlu yang aneh-aneh sjh menurutku. Aku ngerasa udah cukup minum vitami untuk ibu menyusui, dan aku percaya Blackmores udah mencukupi nutrisi yang diperlukan untuk Array. Salah satu produk yang berasal dari Australia ini kini udah didistribusikan oleh salah satu perusahaan farmacy ternama di Indonesia. Yaitu, Kalcare. Jadi nyari blackmores nggak sesusah jaman Khalif sih. Waktu itu kudu ikut jastip dulu, sekarang kita bisa pesen diberbagai ecommerce kaya Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Shopee. Belinya di official shopnya ya biar terjamin produknya itu asli. 


Kenapa Memilih Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sebagai ASI Booster? 


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui:


  • Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia
  • Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit
  • Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
  • Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui.

Kurang apalagi coba? Yang aku suka dari produk ini, bukan cuma manfaatnya untuk membuat ASI berkualitas, ASI bernutrisi, dan aku jadi lancar menyusui tapi juga karena Kalbe Blackmores Nutrition berkomitmen dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui, serta memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati. 

Kalbe Blackmores Nutrition bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat sejak tahun 2017 untuk membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Untuk kegiatan lainnya, kita bisa liat di websitenya https://www.blackmores.co.id/mom-and-baby/  atau kepoin instagramnya @blackmoresid apalagi tiap menyambut World Breastfeeding Week, Blackmores pasti punya kegiatan seru banget buat ibu-ibu Hamil dan Menyusui.

Nah aku mengkonsumsi Blackmores ini setiap habis sarapan dan makan malam. Kapsulnya memang agak besar. Jadi kudu banget sediain air sebelum minum ini ya. Kalo nggak nanti meleug gaes. 

Itu aja kali ya gaes tips lancar menyusui ala aku. Aku nggak mau nulis mengASIhi seakan ibu yang gagal memberikan asi ekslusif adalah ibu yang nggak sayang sama anaknya. Karena menurutku semua ibu pasti sayang sama anaknya. Sama seperti aku yang sayang sama anak pertamaku. Jadi semangat teruuuus buat para ibu yang sedang berjuang untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya! 

Semoga bermanfaat. ^_^

15 comments:

  1. Wahh maksi infonnya..bgus neh buatbd sahre ke sdra yg lgi menyusui

    ReplyDelete
  2. Wahh bagus banget ya vitamin ini , sempet denger denger dr temen kalo ini bagus trnyata ada review lengkapnya, jd terbantu kalo nanti pny anak lagi bisa pilih ini jd vitamin , dan bisa jg rekomendasikan ama ama temen temen..mengasihi memang pakai hati..berusaha dan ikhtiar juga perlu..semoga anak anak kita kelak sehat dan pintar aamiin..semangat mengasihi ya moms
    Terimakasih reviewnya sangat lengkap dan membantu

    ReplyDelete
  3. Setujuuu banget tehh menyusui itu butuh persiapan mental yang bener bener harus di persiapin. Karena sepengalamanku 4 tahun menyusui non stop dari anak pertama lanjut anak kedua its really tiring :")
    Harus ada hati yang di lapangkan dengan segala usaha dan ikhtiar yang mantap demi nutrisi terbaik untuk anak-anak.
    Much love teh thank you for sharing this๐Ÿ’™

    ReplyDelete
  4. Beneeer banget..
    Mood dan mindset ibu itu salah satu pengaruh terbesar yang bikin asi berlimpah


    Tapiii.. nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui juga harus terpenuhi
    Sooo,, asi booster juga perlu buat support gizi yang diperlukan oleh ibu dan bayi..

    Nahhh jujur Blackmores aku blm coba
    Semoga di kehamilan berikutnya bisa mencobaaa


    Terimakasih sharingnyaaaa ❣️

    ReplyDelete
  5. Terimakasih untuk share ilmu yang bermanfaat buat pembelajaran nanti kalo punya anak lagi ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  6. Makasih banyak share ilmu nya mom

    ReplyDelete
  7. Duh pertama tama selamat ya bep.. Kamu bisa lanjut asi meski di awal agak seren baca ada yg bkin mental down. Jadi kepikiran nanti kl punya babyblagi pengen banget asip biar bisa aktif kesana kemari kerja. Karna biasanya selama asi aku emang off bnaget susah ngapa ngapain. Sempet mikir bakal susah kl asip dan bingung mulainya nusti gimna. Tp setelah baca postingan ini alhamdulillah jadi ada petunjuk. Juga blackmorriest nya aku udah konsumsi sejak dari pandemi covid. Tp karena skrg lagi tidak mengASIhi minumnya yg biasa aja vitamnin v bukan untuk moodboster asi. Insyaalloh tahun depan program baby lagi ah.. . Sehat selalu y array sayangku solehku. . Aamiin

    ReplyDelete
  8. Setujuuuuuu bangeettttt , mengASIhi butuh persiapan mental dan mood yg baik biar asi makin melimpah , thankiss udah share ilmu nya mom ๐Ÿฅฐ

    ReplyDelete
  9. Pengalaman nya jadi pembelajaran bgt soalnya saya gagal mengaASIhi ,semoga next kalau punya anak bisa sukses nuhun tettn info dan pengalamannya bermamfaat sekali ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  10. Semangat mengAsihi..makasih ya share ilmu nya mom..

    ReplyDelete
  11. Semangaatt mengasihi bunda2 hebaaatt... Emang bener2 butuh niat dan kesabaran mengasihi ituu...

    Blackmores breastfeeding bner2 ngebantu kerasa pas anak ke 2 ku udh setahun lbh kerasaa asii kyk yg dikittt di tambah minum inii jd melimpah lagiii asiiikuuu...b

    ReplyDelete
  12. Akupun sama konsumsi Blackmores dan berhasil mengAsihi sampai 2th.
    Nice info momy, sudah berbagi pengalaman

    yg penting busui harus selalu bahagia yaaa biar asi selalu lancaaaar

    ReplyDelete
  13. Terimakasih info nya ,sangat bermanfaat sekali :) bisa jadi referensi saat nanti punya debay lagiiii nih.

    ReplyDelete
  14. Terimakasih info nya ,sangat bermanfaat sekali :) bisa jadi referensi saat nanti punya debay lagiiii nih.

    ReplyDelete
  15. Bener banget ini. Pengalaman yg bisa jadi pembelajaran buat yg sedang mengASIhi atau baru mau mengASIhi.

    Yg paling utama adalah niat untuk mengASIhi dengan ikhlas (ikhlas ketika diberikan ASI banyak, sedikit bahkan jikapun tidak ada sama sekali) ketika sudah berniat InsyaAllah berusaha (berusaha memproduksi ASI dengan tetap happy, minum vitamin penyubur ASI, olahraga, pijat ASI, makan sayur untuk ASI dll) dan melakukan yg terbaik meskipun hasilnya belum tentu sesuai harapan ya mom, karena yg baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah.

    ASI adalah bagian dari rezeki yg dibawa anak, banyak atau sedikitnya, ada dalam waktu lama atau sebentarnya seperti rezeki di kalangan kita org dewasa, ya kan? (Suka banget pernyataan ini karena membuat aku yg pernah down karena merasa gagal MengASIhi dengan ASI yg sedikit dan hanya sampai 1thn karena datang rezeki lain yaitu hamil anak ke 2). Yg penting mommy sudah mengusahakan yg terbaik, segala macam caranya.

    Semangat mengASIhi ya mommies bagaimanapun jalan ceritanya. Makasi banyak sharingnya mom *love love

    ReplyDelete