Tuesday 25 September 2018

3 Kunci Sukses Berbisnis Online Syariah

Belakangan sedang marak hal-hal berlabel “syariah” di Indonesia. Perusahaan besar berlomba-lomba membuat produk syariah yang sangat bermanfaat untuk ummat. Sayangnya banyak juga perusahaan yang hanya melabeli diri “syariah” namun masih belum sesuai dengan ajaran islam. Termasuk bisnis online. Bisnis online syariah kini mulai merajalela, banyak klaim tentang bagaimana produk maupun sistem syariah yang dilakukan perusahaan sehingga menarik konsumen untuk membeli dan tidak ragu menjadi membernya. Tapi apakah dengan label “syariah” saja cukup untuk meraih kesuksesan? Tentu saja tidak. 

Bisnis online syariah

Dalam berbisnis online syariah, tentunya ada hal yang harus kita lakukan berdasarkan pengalaman saya, apapun bisnisnya 3 hal ini bisa menjadi jalan untuk mencapai kesuksesan.

1. Jujur

Pertama jujurlah pada diri sendiri. Sudah benarkah apa yang kita jual? Sudah benarkah bisnis online syariah yang kita jalani? Bermanfaatkah produknya? Bisakah produk dari bisnis online syariah kita ini menjadi solusi? Dan apakah harganya sudah sesuai dengan kualitas? Adakah riba didalamnya? Setelah kita jujur pada sendiri, barulah kita jujur pada orang lain. Baik itu konsumen kita, maupun calon mitra atau downline kita. Sampaikan sejelas-jelasnya dan sejujur-jujurnya perusahaan atau jenis bisnis online syariah yang kita jalani, jelaskan produk dan harganya, serta bagaimana sistem bagi hasilnya. Hindari klaim berlebih pada produk yang kita jual. Apalagi sampai harus berbohong demi mendapatkan pelanggan. 

Berkaitan dengan kejujuran ini, kitapun harus benar-benar mengenali bisnis online syariah yang kita jalani. Dimulai dari disertifikasinya bisnis online kita sebagai bisnis syariah oleh MUI. Embel syariah pada bisnis yang kita jalani, bukan hanya tentang produknya. Namun juga sistemnya, terutama bisnis-bisnis online networking yang belakangan ini sangat booming.

2. Bekerja Keras

Yang saya yakini, usaha tak akan mengkhianati hasil. Kerja keras yang kita lakukan hari ini, pasti akan berbuah dikemudian hari. Dalam bisnis online syariah, kerja keras ini tentunya melakukan hal-hal terbaik dibidang online. Cakupannya tentu sangat luas, mulai dari kita membuat produk atau mendapatkan (jika tidak memproduksi produk sendiri) produk yang benar-benar bermanfaat dan menjadi solusi masalah dari konsumen kita. Lalu mulai pada branding, awareness. Hingga bagaimana produk yang kita jual sampai pada konsumen, baik itu produk maupun jasa.

Bisnis online syariah, mungkin terlihat sangat mudah dilakukan. Orang bilang hanya dari rumah bisa dapat uang. Namun kenyataannya banyak sekali waktu dan tenaga yang harus kita korbankan dalam berbisnis. Salah satu keunggulan bisnis online syariah adalah modal “uang” yang terjangkau. Low budget, high impact, begitulah kira-kira ungkapan yang tepat. Namun high impact tak akan didapatkan hanya dengan ongkang-ongkang kaki. Ikutilah training-training tentang pemasaran online dan branding untuk agar strategi bisnis online syariah kita tak kalah dengan orang lain. Akan lebih baik jika kita bergabung dengan perusahaan bisnis online syariah yang memberikan support system dalam pemasaran online. Sehingga kita tak terlalu bingung harus memulainya darimana.

3. Berserah Diri

Menolak hari ini, bukan berarti tak akan butuh selamanya. Ya, setiap produk yang kita tawarkan tak akan langsun diterima oleh pembeli. Jadi tugas kita hanya menebarkan kebaikan, memberikan informasi tentang manfaat produk yang kita jual. Jika memang konsumen merasa produk kita cocok menjadi solusi untuk masalahnya, maka Alhamdulillah. Jika tidak, nggak usah baper. Banyak jalan menuju roma, banyak jalan menuju kesuksesan. Berserah diri pada Allah, yakinlah semua bisnis online syariah yang kita jalani akan sukses pada waktunya. :)

Apakah kamu belum menemukan bisnis online syariah yang cocok? Ada lho bisnis online syariah yang sudah terdaftar di APLI dan memiliki SIUPL serta sertifikasi syariah oleh MUI. Namanya K-Link. Sejak 2002, K-link Indonesia menjadi salah satu pemain bisnis MLM Syariah yang diperhitungkan dan terbukti memberikan peluang bisnis usaha rumahan bagi ibu rumah tangga dan peluang usaha bisnis online terutama bagi anak-anak muda yang memiliki ide bisnis kreatif. Nggak percaya? Gabung sekarang, dan buktikan kemudahan menjalankan bisnis online syariah dimana saja, kapan saja dengan kesempatan income yang tak terbatas! ;)

1 comment:

  1. 3 kunci berbisnis tsb harus dipegang teguh ya agar bisnis yg kita tekuni berjalan lancar..

    ReplyDelete