Sunday, 7 October 2018

3 Solusi Sakit Maag Bagi Penikmat Kopi

3 Solusi Sakit Maag ini saya dapatkan setelah ikut acara #NikmatiHarimu di Noahs Barn Cafe yang diadain Promag, Senin, 1 Oktober yang juga diperingati sebagai International Coffee day. Dalam acara tersebut, hadir seorang barista profesional, Muhammad Aga, yang nyabet juara satu di Indonesia Barista Championship 2018 serta mewakili Indonesia untuk ajang serupa di kancah internasional.

Solusi sakit maag

Siapa sangka Cerita dibalik Barista Aga ini sangat unik. Aga, dulu sama sekali nggak suka kopi. Bisa dibilang ia menjadi Barista karena kepepet karena bekerja partime di sebuah coffee shop. Aga mulai dicekoki seniornya kopi dan knowledge tentang kopi lalu akhirnya terjun di dunia barista. Akhirnya, sejak 2015 Aga sukses memiliki kedai kopi yang terkenal di kawasan Jakarta dan saat ini sudah membuka 3 cabang. Mantap pak eko! *eh kang aga! 

Menjadi Barista Profesional ternyata nggak mudah. Aga bercerita kalau untuk sampai dikeadaannya sekarang butuh banyak pengorbanan, baik tenaga, waktu, dan uang. Aga sendiri memulai debutnya sebagai barista profesional dengan mengikuti kompetisi-kompetisi. Saat aga memulai, banyak anggapan remeh terhadap karirnya sebagai barista namun diawali dengan kemenanganya dalam battle tournament, akhirnya Aga makin memantapkan diri untuk menapaki karirnya sebagai barista.

Sampai saat ini Aga masih sering berlatih untuk mencari racikan kopi yang tak hanya standar internasional namun juga memiliki cita rasa yang khas. Dalam sehari Aga bisa menghabiskan 12 gelas kopi. Kebayang nggak sih? Saya perasaan minum 4 gelas sehari aja udah nggak enak mulut. Selain itu, setiap pagi seorang barista harus melalukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka. Mencoba beberapa gelas kopi setiap hari menjadi tantangan tersendiri untuk lambung apalagi minum kopi sebelum sarapan, tentunya rawan memiliki penyakit maag. Bukan hanya barista sih, Kitapun beresiko lho! Seperti kata Chung Yang, seorang profesor terkemuka dan John L. Colaizzi selaku ahli farmasi mengatakan bahwa generasi millennial mengonsumsi kopi lebih banyak daripada generasi lain, untuk meningkatkan produktifitas. Tapi jangan khawatir karena kemarin Aga ngasih tau solusi sakit maag buat para penikmat kopi!

MAAG ITU APA SIH?

Sebelum saya bocorin solusi sakit maag yang Aga kasih, saya mau nanya dulu nih. Kalian tahu nggak Maag itu apa? Maag (indigestion) merupakan istilah untuk menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain maag adalah dispepsia. Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), ataupun karena stres.

Alhamdulillah kayaknya sih saya belom pernah sakit maag, tapi saya dikelilingi orang-orang yang punya penyakit maag. Jadi ini relevan dengan pernyataan WHO bahwa jumlah orang yang memiliki maag tahun 2012 mencapai 40,8 persen. Sakit maag termasuk dalam 10 penyakit terbanyak pada pasien rawat inap di rumah sakit Indonesia. Setuju! Karena tanggal 16 september lalu baru aja Kakek saya masuk IGD karena penyakit maagnya kambuh. Dikasur sebelahpun ada anak remaja laki-laki yang sakit maag sampai sesak nafas. :(

Gejala Maag

Sebelum bisa memberikan solusi yang tepat untuk sakit maag, kenali dulu beberapa gejala sakit maag yang mungkin aja kita derita yuk! Coba diingat-ingat pernah nggak kamu ngerasain 9 gejala maag berikut:
1. Nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada).
2. Rasa panas pada perut bagian atas.
3. Cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan.
4. Mual.
5. Kembung pada perut bagian atas.
6. Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan).
7. Sering bersendawa.
8. Muntah.
9. Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan.

Solusi sakit maag

Pernah ngalami gejala maag tersebut? Penyebab sakit maag sendiri bermacam-macam. Menurut Brand executive Promag, Pak Haryanto Widjajaaja, penyebab sakit maag itu diantaranya karena telat makan, makan makanan yang terlalu pedas dan asam, meminum kopi terlalu banyak hingga gara-gara stress.

Solusi Sakit Maag

Di acara kemarin, Aga ngasih banyak tips dan trik untuk solusi sakit maag, nah saya rangkum jadi 3 poin saja ya!

1. Jangan lupa makan dan minum air putih.
Kebanyakan orang yang meminum kopi dipagi hari melupakan sarapan. Minum Kopi bisa merangsang produksi asam lambung. apalagi dalam keadaan perut kosong, maka keasaman perut akan meningkat dan menyebabkan mulas serta gangguan pencernaan sepanjang hari. Bahkan, Asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan. sehingga, dada atau tenggorokan kita bisa terasa panas dan terbakar. Kondisi ini dinamakan heartburn. 

Nggak mau dong aktivitas ngopi yang biasanya meningkatkan mood dan kreativitas malah jadi berakibat buruk? So, Jangan lupa makan ya. Penting juga bahwa saat kita meminum kopi, jangan lupakan air putih. Meminum air putih dapat menetralisir tubuh. Normalnya minum air putih tuh kan 8 gelas sehari, nah kalo kita mengkonsumi kopi, pastiin asupan air putih kita lebih dari 8 gelas sehari.

2. Pilih Kopi Yang Tepat.
Kopi yang sebaiknya dinikmati oleh penderita penyakit maag adalah kopi arabika seperti kopi gayo dan kopi toraja, karena kopi ini memiliki kadar kafein serta kadar asam yang lebih rendah dibanding kopi robusta. Selain itu, pilih warna kopi yang lebih gelap untuk kadar asam lebih rendah, dan pastikan tidak langsung meminum kopi yang baru dipanggang. Kopi yang baru dipanggang, masih memiliki banyak gas didalamnya, sebaiknya tunggu hingga 3-4 hari agar gasnya sudah hilang.

Solusi sakit maag

Aga pun menyarankan sebaiknya kita menikmati kopi yang dibuat dari biji kopi asli kemudian digiling sendiri saat akan dibuat kopi seduh ketimbang kopi renceng. Dalam acara kali ini Aga berkesempatan untuk membuat kopi tanpa gula yang tetap nikmat dan aman dikonsumsi orang yang memiliki penyakit maag lho!

3. Selalu Sedia Promag
Lebih baik mencegah daripada mengobati, namun jika kita terlanjur sakit maag karena tak kuasa menahan godaan kopi sebelum sarapan, Aga memilih promag cair sebagai solusi sakit maag yang dia derita. Promag memang sudah dipercaya sebagai ahlinya lambung sejak dulu.

Promag di produksi PT Kalbe dengan berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya untuk yang nggak suka obat, kamu bisa minum promag fruity, obat maag yang memiliki rasa ekstrak buah anggur. Jadi nggak berasa lagi minum obat kan? Selain Promag cair dan promag fruity, ada juga promag double action. Promag ini dapat membantu kamu yang punya penyakit maag kronis agar lebih cepat tertangani. Formulanya dapat menetralisir asam lambung sekaligus dapat menekan produksi asam lambung.

Semoga 3 solusi sakit maag bagi penikmat kopi dari Aga ini bermanfaat ya! ;)


4 comments:

  1. Ternyata produk promaag tidak hanya dalam bentuk tablet. Banyak variannya, terimakasih infonya mba :)

    ReplyDelete
  2. Betuul lebih baik mencegah daripada mengobati :D

    ReplyDelete
  3. aku baru tau di acara ini ternyata produk promag bervarian ada yang cair nya juga hihi

    ReplyDelete