Saturday, 27 July 2019

Mata Pegel, Sepet, dan Perih? Itu Gejala Mata Kering! Atasi Dengan Insto Dry Eyes Yuk!

Gaees mau nanya dong, biasanya kalian terpapar layar handphone atau gadget berapa lama dalam sehari? 8 jam? 12 jam? Atau bahkan dari bangun sampai tidur? Kalo jawaban kamu yang terakhir, kita samaan dong! Yaps, sadar nggak sadar dari bangun tidur ampe mau tidur lagi, saya nggak bisa lepas ama smartphone. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan benda yang punya layar selebar 5.5 inchi ini. Mulai dari liat resep masakan, video karaoke sama khalif, sampai urusan pekerjaan saya lakukan dengannya. Sebelumnya smartphone saya ada blue light filter, bisa dibilang yang sekarang kerasa banget cahayanya lebih tajam dari yang smartphone yang hilang 19 april lalu, hiks.


Foto hanya ilustrasi, dapet dari status wa temen, hehehe. Kalo kata suami, itu bukan masalah smartphone nya tapi emang kondisi saya yang lagi hamil seharusnya jangan terlalu cape mandangin smartphone. Bukannya nggak mau nurut sama suami, meski pekerjaan dikurangi, tetep aja kalo butuh hiburan seperti nonton drama korea atau maen game. Ya yang dipake si smartphone juga, iya kan hehehe. 


Kalo dibiarin, mata kering bisa jadi bahaya lho gaeees. Kaya yang saya alami di bulan ramadhan lalu. Siapa sangka kebiasaan saya yang memaksakan mata untuk menatap layar smartphone berlebihan bikin mata saya kering. Parahnya saya malah menguceknya dengan tangan yang nggam steril. Alhasil mata jadi merah dan gatal. Bahkan dibuka juga susah! Huaaa parah banget, kaya ada yang ngeganjel gitu.  Foto diatas kayaknya kurang seram yaa. Coba liat foto yang dibawah ini, hehehe. *mencoba melotot*


Pas dibawa ke dokter, dijelasin lah kalo mata yang kering jangan cuma dikucek tapi harusnya dikasih obat tetes mata. Mengucek mata yang kering, malah mengakibatkan mata jadi terganggu. Percis seperti yang saya alami. Oleh dokter saya disarankan mencoba 5 tips agar mata sehat berikut ini: 

1. Istirahatkan Mata
Jarak terjauh saya dan smartphone adalah sejengkal. Jadi alangkah lebih baik kalo setelah menatap smartphone selama 15 menit, saya memandang objek yang lebih jauh selama beberapa menit. Setau saya, cara. Ini bisa menjaga kelenturan otot mata. Biar nggak minus atau jadi plus gitu gaes. 

2. Minum air putih
Seperti kita tahu, minimal 2 literlah yaa sehari. Nggak cuma buat mata, ini penting banget buat tubuh kita. Terutama yang kerjaannya mager kaya saya. Seengaknya klo banyak minum kan jadi ada kerjaan bolak balik kamar mandi, wkwkwk. Indikasi lain klo kita kurang minum adalah warna urine berubah. Klo sekarang kayaknya nggak perlu liat warna urine yaa, cukup pakai aplikasi yang water tracker di hape juga bisa. Lebih praktis bahkan ada alarmnya 

3. Konsumsi Vitamin A
Kalo inget vitamin A, ingetnya apa gaes? Saya sih ingetnya wortel. Bisa di jus, bisa langsung dimakan dijadiin cemilan. 

4. Tidur Yang Cukup
Kalo menurut jurnal-jurnal kesehatan minimal tidur malam 8 jam ya. Tapi kalo kata saya sih minimal 6 jam saat malam juga cukup sih. Mata kita perlu istirahat, jangan begadang apalagi hanya untuk menamatkan sebuat drakor 16 episode wkwkwkwk *saya banget itu mah. 

5. Sedia Insto Dry Eyes
Nah ini penting, ketika ngerasa gejala mata kering kaya pegel, sepet, dan perih jangan tunggu lama. Langsung aja tetesin Insto Dry Eyes yaa gaes. Kalo belom punya bisa beli di minimarket, apotek, ataupun warung terdekat.


Sekitar tiga hari, saya coba tips dari dokternya. Mata saya masih merah, tapi udah nggak gatel dan perih lagi. Setelah kejadian ini, saya jadi makin aware ama keadaan mata. Apalagi tips di poin terakhir. Pegel dikit, langsung tetesin Insto Dry Eyes. Sepet dikit, langsung tetesin Insto Dry Eyes. Pokoknya kalo udah kerasa gejala mata lelah karena kekeringan, segera tetesin Insto Dry Eyes. Daripada kaya bulan puasa kemaren kan. So saya sedia Insto Dry Eyes juga didalam tas.


Nah, selama make Insto Dry Eyes, ada satu sih yang jadi masalah. Yaitu cara meneteskan obat mata ini gaaeees, hahahaha. Merasa punya mata minimalis yang cuma segaris, saya kesulitan memasukan cairan kedalamnya. Ternyata, faktor utamanya bukan pada ukuran mata tapi saya salah cara pakenya. Saya baru tahu dari salah satu teman saya kalo pake obat tetes mata itu bukan dari atas, melainkan dari samping mata, disudut dekat hidung. Tinggal tetes dari ujungnya, nanti obatnya ngalir sendiri kedalem, gitu katanya. Kebayang nggak? Kira-kira begini nih:


Daaaaan ternyata emang iya gaess, jauh lebih mudah nggak pake tumpah-tumpah deh Insto Dry Eyes nya!


Nah, gimana pengalaman kamu saat memakai Insto Dry Eyes? Sharing yuk! 

33 comments:

  1. Iya, aku juga sering kena gejala mata kering..

    Makanya selalu sedia insto kemanapun

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, cocok banget pakai Insto. Mata jadi kembali segar dan nggak sakit atau perih lagi. Love banget deh mba pokoknya sama Insto ini.

    ReplyDelete
  3. Ini obat andalan saya banget, kalau mata merah lansung tetesin ini beberapa menit hilang deh mata merah gatal

    ReplyDelete
  4. Ini penting banget buat yang mobile berkendara apalagi sepeda motor harus siap sedia insto dry eyes

    ReplyDelete
  5. aku juga pake ini mbak abis kacamatku tebel banget
    jadi sering kering dan tinggal tetes insto seger lagi deh

    ReplyDelete
  6. habis nulis artikel di depan lappie tuh bikin kering mata memang.Untung ada insto ya

    ReplyDelete
  7. aku paling gak bisa kalau mata merah. padahal aku selalu stay depan laptop dan jalan darat dengan debu yang naudubilah

    ReplyDelete
  8. Pernah dulu mata gatel banget rasanya. Dikucek jadi merah, tapi gak ada apa2. Biasanya pake insto

    ReplyDelete
  9. biasanya kalau mata merah itu kurang tidur, tapi ... bisa juga kecapean qdan akibat radiasi sinar laptop, sekarang aman dong kan sudah ada, insto

    ReplyDelete
  10. wah akupun sudah pakai ini sejaaaaaak dulu kala, hahha tua dong. serius ini rekomended bgt insto idolaaku

    ReplyDelete
  11. Buat blogger kayak kita ini kayaknya memang perlu banget ya nyimpan obat tetes mata kayak Insto Dry Eyes ini soalnya kerjaannya kan mantengin layar melulu

    ReplyDelete
  12. mata kering dan mata lelah yang sering kualami kalau sudah kelamaan liat laptop, tapi aku ga khawatir karena ada Insto andalanku hehhee

    ReplyDelete
  13. Mbak latar warna blog ini yang ungu juga bikin agak enggak nyaman di mata
    Oh ya, toss kita Insto Dry Eyes juga jadi andalan saya saat mata kering mendadak tiba

    ReplyDelete
  14. Serem mbak sampai memerah gtu. Emang kalau udah terasa mata sepet gtu sebaiknya segera diatasi pakai obat tetes mata kyk Insto ya? Supaya gak terjadi iritas atau komplikasi sakit mata yang lebih parah. Trus kalau udah gtu biasanya hindari liat layar monitor dulu :D

    ReplyDelete
  15. wah bener banget nih kak Insto dry perlu dibawa kemana-mana nih untuk mengatasi mata perih, sepet, dan kering...Biar aktifitas kita tetap lancar jaya tanpa gangguan penglihatan.

    ReplyDelete
  16. Dengan kemasannya yang praktis kecil bisa di bawa-bawa kemanapun dan di butuhkan Insto Dry eyes ini ya, aku pun selalu sedia insto ini

    ReplyDelete
  17. insto ini wajib banget ada di tas aku. ampuh untuk ngatasi mata pegal karena kebayakan natap layar.

    ReplyDelete
  18. Wkwkwk episode tinggal dikit lagi, ditinggal nanggung tapi mata udah sepet banget. Kok sama sih, berarti aku harus punya insto untuk persiapan nonton drakor.

    ReplyDelete
  19. kalau mata kering karena sering naik motor bisa juga kan ya mba menggunakan insto dry eyes ini?

    ReplyDelete
  20. Lihat mata merah bikin linu ya, mba hehe. Insto memang bagus untuk atasi mata kering, krna debu dan polusi juga

    ReplyDelete
  21. Kudu selalu sedia ini juga deh aku. Sering banget ngerasa mata pegel dan perih kalo abis ngejar DL

    ReplyDelete
  22. Wuooo...si mata minimalis yang sering di bilang rasis yaa, teh Amy...
    Mesti banyak stok sabar sama Insto Dry Eyes di tas kalo si mata cantik memerah kaya yang di foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhun info cara pemakaian obat tetes mata agar gak merem-melek, teh Amy..
      Hehhee...aku sering ketakutan sendiri mo netesin teh...

      Delete
  23. Aku banget ini. Mata pasti kering kalau lebih lama di layar laptop. :"""""" Pakai insto kayaknya lebih enak nih.

    ReplyDelete
  24. Oh jadi kalau saya pas pedes di depan layar laptop Krn kelamaan kerja, insto bisa jadi alternatif utk penyegar mata ya kak. Nuwun infonya.

    ReplyDelete
  25. sangat membantu sekali ini. terima kasih infonya.

    salam
    kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  26. Waah aku kayanya perlu banget obat tetes ini, yang terkadang lelah banget seharian di depan PC

    ReplyDelete
  27. Padahal udah sering denger dan lihat ya produk ini. Cuma sering disepelekan karena dianggap kurang penting akibat kurangnya pemahaman. Ternyata insto penting sekali yaaa. Tfs mba

    ReplyDelete
  28. Aku pernah juga mengalami masalah yang persis kayak mbak ini. Mata merah udah kek sharinggan. hihi.. Insto memang ampuh sih.

    ReplyDelete
  29. Aku juga pernah kak merah gitu matanya, biasanya sih karena terlalu lama di depan laptop, untung ada insto dry eyes ya kak

    ReplyDelete
  30. Mata itu salah satu organ tubuh yang sering kita paksa kerja sampai lembur-lembur ya. Jadi sudah sewajarnya kita berikab haknya untuk istirahat, dan dirawat dengan insto. Tfs mb. .

    ReplyDelete
  31. Saya juga pakai Insto Dry Eyes mbak, mampu mengatasi mata kering. Apalagi mata yg selalu diporsir untuk melakukan banyak tugas.

    ReplyDelete
  32. Duuh aku ngilu ngeliat mata merahnya. Iya ya mba sebagai wanita aktif walaupun di rumah bisa rentan kena mata merah.

    ReplyDelete