Skip to main content

KUDO Istimewa Dalam Kelas Blogger ♥

Saya nggak typo kok, ini beneran judulnya KUDO, bukan Kado. Saya mau cerita pengalaman pertama saat hadir diacara Blogger BDG. Waktu baca pemberitahuannya di grup facebook, sempet sedih karena kuota peserta untuk acara Digital Life & Digital Improvement #KelasBlogger kali ini terbatas dan sudah penuh. Saya bilang bersedia jadi blogger cadangan. Jadi kalo ada blogger yang nggak bisa datang saya bakal jadi penggantinya. Padahal waktu itu belum turun izin dari Suami tercinta, hehe.



Dan inilah yang dinamakan jodoh, sebelum hari H, ada salah satu peserta yang mengatakan tidak bisa datang. So, sayalah yang menggantikan posisinya. Alhamdulillah... Kesempatan datang ke acara yang diadakan  Blogger BDG akhirnya datang juga. *wink* Tinggal minta izin sama suami, untungnya suami saya baik hati dan tidak sombong jadi izinpun sudah terkantongi.


Tanggal 18 Desember bertepatan dengan hari Jumat, jadi suami nggak bisa nganterin saya ke TKP. Jadilah saya yang lagi hamil 24 minggu ini datang ke kantor Kudo hanya ditemani motor kesayangan yang biasanya disimpan di rumah Mama dan sudah lama tak dinaiki. Di perjalanan saya merasa seperti kembali menjadi gadis, hehehe. Iya dulu biasanya setiap pagi saya pergi ke kantor dengan mengendarai motor, jarak dari rumah ke kantor Kudo hampir sama dengan jarak dari rumah ke kantor saya sebelumnya. Dengan mengenang masa muda, tak terasa saya sudah sampai di kantor Kudo. Sebuah fasad bertuliskan KUDO menyapa saya. Saya rasa KUDO itu adalah bahasa jepang. Tapi apa artinya ya?



Belum sempet googling buat tahu arti nama KUDO, saya ingat sudah hampir jam 1 siang. Sayapun melepaskan perlengkapan perang(helm dan jaket) kemudian menuju ke tempat registrasi. Seperti biasa, isi daftar hadir. Kasiannya nama saya mah nggak ada di list yang diprint gitu, jadi nulis manual. Namanya juga blogger cadangan, hiks. *baper* Maklum ibu hamil.

Pas masuk ruangan, sudah ada beberapa blogger yang saya kenal lewat dunia maya. Hihihi, saya ini orangnya introvert jadi cuma bisa senyum-senyum tebar pesona. Tak lama, datang Teh Ida. Salah satu blogger yang pernah beberapa kali saya temui. Ternyata bener, blogger itu yaa orangnya itu lagi itu lagi. Sebelum mulai acara, para blogger diberi kesempatan untuk makan siang sambil menyaksikan video tentang KUDO. Dari video tersebut saya akhirnya tahu apa arti KUDO. Bukan bahasa jepang seperti yang saya pikirkan, Kudo itu singkatan dari Kios Untuk Dagang Online. Oooohhh~

Sekitar jam setengah dua, acarapun dimulai. Pembicara pertama adalah Pak Syaifuddin Sayuti, blogger mantan jurnalis. Beliau membawakan materi tentang "Reportase Ala Blogger". Beliau bilang "Blogger Bandung mah udah pada jago, jadi saya mau sharing aja tentang apa yang saya tahu dan pernah saya alami.." kemudian pak Syaifuddin bercerita tentang pengalaman-pengalamannya saat menjadi blogger dan membuat reportase. Menurut beliau, bahan reportase itu bisa direncanakan, dicari, dan bahkan datang tanpa di duga. Semirip jodoh gitu kali yah!


Beliau ini dulunya adalah wartawan, memang dari kecil bercita-cita jadi wartawan. Namun sejak tahun 2004 mulai berpindah haluan menjadi seorang blogger. Pengalaman pak Syaifuddin membuat saya termotivasi untuk terus ngeblog. Pesan beliau yang saya ingat adalah "Setiap blogger punya cara penyampaian yang berbeda untuk reportasenya, tapi ingatlah pada dasarnya reportase adalah Laporan sebuah kejadian yang nyata. Jadi harus Aktual dan Akurat. Nggak boleh mengada-ada..". Saya rangkum materi yang pak Syaifuddin sampaikan disini:



Gimana? Seru kan belajar tentang "Reportase Ala Blogger" ini? Ada yang nggak kalah seru lho! Di sesi kedua, ada Mas Hendra perwakilan dari Kudo Indonesia. Beliau ngasih secercah harapan buat kita yang mau mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan tekhnologi Kudo.


Jadi perusahaan yang baru berdiri dari Juli 2014 ini memiliki visi yang menjadi taglinenya, yaitu "Now everyone can shop online!". Pangsa pasar Kudo indonesia ini antimainstream lho! Mereka mengincar para penduduk Indonesia yang belum melek tekhnolgi. Wiiih, kook bisa? Penjelasan selengkapnya tentang KUDO dan Penghasilan tambahan bisa dibaca disini:


Ternyata materi yang disampaikan mas Hendra ini banyak banget peminatnya! Yaiyalah yah, hari gini siapa sih yang nggak mau dapet penghasilan tambahan? Apalagi cara ngedapetinnya tergolong mudah dan nggak ribet. Saya aja langsung daftar jadi Agen Kudo, hehehe. Pas liat jam, udah jam setengah empat sore. Kalau dilanjutin terus, bisa-bisa ampe magrib nih ngomongin tentang KUDO dan penghasilan tambahannya!


Well. masih ada satu sesi lagi dari Kang Arul. Beliau akan membawakan materi tentang "Menulis Review Di Blog". Saya kira yang namanya Kang Arul ini bakal kaku, ternyata nggak! Cara Kang Arul membuka materinya keren banget, bikin saya ngakak-ngakak jaim. Kalau saya nggak salah denger, Kang Arul ini penulis yang udah nerbitin 350 buku! WOW.



Diawal materi beliau langsung ngasih 8 Tips menulis. Keren banget nggak sih? Selanjutnya Kang Arul ngasih tahu kunci tulisan yang keren, yaitu "Tulisan harus unik dan mudah dibaca". Tapi bukan berarti tulisan yang dibuat itu bohong dengan tujuan untuk mencari sensasi saja. Menurut beliau, saat blogger menuliskan review pada blogpostnya ada 3 tujuan. Pertama untuk Social Media Public relations. Kedua, Social Media Marketing, dan yang ketiga adalah Social Media Advertising. Nah jadi kalau kita mau menulis review, ketahui dulu tujuan dari review yang akan dibuat itu apa.

Keseruan yang Kang Arul sampaikan saat membawakan materi sampai saat ini masih membekas dihati, penasaran sama gayanya Kang Arul? Saya bahas lengkap disini:


Eiah, selama acara #KelasBlogger ini ada lomba livetweet. Kerennya Kang Arul ngumumin kalo hashtag #KudoBox yang digunakan Blogger BDG saat itu jadi trending topic!



Waaah, meski nggak menang dalam lomba livetweetnya saya merasa senang lho bisa jadi bagian dari Trending Topic itu. *terharu*. Ininih bukti kekhusyu-an para blogger pas live tweet :D


Selesai pengumuman pemenang livetweet, acara #KelasBlogger pun ditutup. Ah nggak kerasa banget deh, tetiba udahan aja. Well, terimakasih banyak yaa Pak Syaifuddin, Mas Hendra, dan Kang Arul atas materinya. Terimakasih juga untuk Blogger BDG atas kesempatan ini, pokoknya saya merasa acara ini sangat istimewa. Semoga kita berjumpa lagi ~

Salam manis dari Bandung romantis. ♥
Big thanks for KUDO Indonesia. Biar makin update, bisa lho follow twitternya di @Kudo_Indonesia ♥♥♥




Comments

  1. ternyata lagi hamil :D saya gak tau-tau acan heuheuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh ulu, jangan pamer tempat-tempat bagus yaa nanti saya ngidam hihihihi

      Delete
  2. Baru tau singkatan Kudo itu ternyata Kios untuk Dagang Online :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, banyak yang belum tau juga yaa ternyata :D

      Delete
  3. Hahaha, kalo liat gaya penyampaian materi dari Kang Arul kemaren, aku gak percaya kalo beliau itu dosen. Kayaknya lebih cocok jadi pelawak, pelawak bergelar doktor lebih tepatnya mah. hahaha

    Salam kenal, teh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah datang juga ya? Salam kenal kembali :)

      Iya, kang arul mah standup comedy banget deh :D

      Delete
    2. aku apalah... sudah tampan... ganteng pula eh typho

      Delete
  4. Replies
    1. Salam kenal juga Mba Yayu :)
      Iya seru acaranya <3

      Delete
  5. Belanja online semakin gampang dan terpercaya ya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, nanti klo saya udah approve jadi agen kudo, belanja-belanja yaaaaaa :D

      Delete

Post a Comment