Friday 24 November 2017

SINTA UMKM, Jalan Pintas Mendapatkan IZIN

Siapa yang tahu kepanjangan dari UMKM? Saya sering denger istilah UMKM, tapi saya kadang nggak fasih ngartiin kepanjangan UMKM. Kemarin setelah hadir disalah satu acara yang bertemakan tentang UMKM baru deh saya hafal kalo UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah.


18 November 2017 kemaren, saya berkesempatan hadir di acara “Reformasi Pelayanan, Perizinan Bagi UMKM dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Daerah”. Acara ini diadakan di Jatinangor. Pas mau ke lokasi acara, saya dan suami sempet takut kesasar, karena melewati area yang masih banyak hamparan kebun dan sawah. Tapi menurut Google Maps, kita nggak nyasar. Dan emang bener, setelah sekitar 9 menit dari jalan raya Sumedang kita sampai di Kampus PKP21 I LAN Jatinangor, Jalan Kiarapayung KM 4.7.


Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu nasional, Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan MARS UMKM. Selain itu dipinggiran lokasi acarapun banyak UMKM yang datang membuka bootnya. Duh jadi pengen belanja! Sekaligus pengen gabung juga buat jadi MITRA UMKM bareng mereka. <3


By the way, tahu nggak kalo Indonesia tahun 2017 ini naik peringkat dari 41 menjadi ke-36 dalam urusan daya saing nasional? Membanggakan? Iya, tapiii kita masih kalah sama tetangga lho! Malaysia ada diurutan 30, dan thailand ada diurutan kle-35. Koo bisa kita kalah? Padahal sumber daya alam kita lebih banyak. Hmmmm.... Ternyata masalahnya ada di daya saing nasional yang sangat terpengaruh oleh daya saing daerah. Dan daya saing daerah ditopang oleh UMKM. Nah jadi terlihat kan mata rantai perekonomian di Indonesia?


Jumlah UMKM saat ini adalah 56.7 juta. UMKM memberikan kontibusi PDB sebanyak 57.8 % dan UMKM menyerap 96.99% tenaga kerja nasional. Tapi mirisnya ada 60% UMKM yang tidak memiliki izin. Duhhhhh~ Kenapa oh kenapa? Bagi para UMKM, pengurusan izin mungkin sangat sulit. Padahal perizinan ini sangat penting untuk keamanan dan keuntungan para UMKM sendiri. UMKM mungkin kesulitan dalam mencari informasi perizinan, prosesnya berbelit-belit, bahkan ada juga yang harus mengeluarkan biaya diluar akal sehat. Ada salah satu pelaku UMKM yang mengaku bahwa dirinya diminta “SATU EKOR SAPI” untuk mengurus izin usahanya. GILA!

Perizinan yang seharusnya menguntungkan UMKM saat ini menjadi beban bagi mereka, sementara bagi pemerintah pengurusan izin ini adalh sumber pendapatan yang sayangnya baru diuruskan sampai pendataan saja. SALAH SIAPA? Oh honestly, beluma da K/L yang menjadi LEADING SECTOR dan menjadi penanggung jawabnya.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Berdoa dan berusaha. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah adalah dengan mencanangkan perogram berikut:

1. Elektifitas basic requirements.
- Membangun satu sistem pelayanan perizinan.
- Menerapkan sistem secara nasional, dikoordinasi oleh leading sector.

2. Efficiency Enhancer.
- Pembinaan
- Membangun jejaring
- Perluasan pasar
- Akses modal, informasi dan sharing best practice
- Perbaikan berkelanjutan dalam perizinan

3. Innovation Sophistication
- Diversifikasi dan promosi nilai tambah produk primer
- Pengembangan dan branding
- Benchmarking

*saya nulisnya aja udah pusing apalagi ngejalaninnya nanti ya!* :))

BTW, buat UMKM yang mau branding via social media boleh lhoo pakai jasa saya! Harga bersahabat, efek Insyaallah dahsyat! :D

Atas dasar hal-hal tilah para peserta Reform Leading Academy angkatan VII mencetuskan SINTA UMKM sebagai salah satu upaya untuk mempermudah UMKM mendapatkan izin secara mudah dan murah.

SINTA UMKM adalah singkatan dari Sinstem Izin Terpadu Usaha Mikro Kecil dan Menengah, sebuah aplikasi online yang dapat diakses Pemerintahn dan pelaku UMKM untuk akses informasi, pasar modal, dan bantuan pengembangan kapasitas sekaligus untuk registrasi para pelaku UMKM.

Manfaat yang didapat UMKM adalah:
One online registration system
Kemudahaan pendaftaran izin usaha
Efisiensi waktu dan biaya
Memperpendek rantai birokasi
Transaparan
Scale UP (Naik kelas)

Nah, mau kenalan lebih lanjut sama SINTA UMKM? Silahkan klik http://s.id/sintaumkm
Semoga UMKM Indonesia maju terus dan perekonomian bangsa meningkat sehingga rakyat bisa sejahtera ya! UMKM BISA, RAKYAT SEJAHTERA! 

Semoga bermanfaat! ^_^

No comments:

Post a Comment