Tuesday 5 December 2017

Management Ritel Untuk UMKM

Siapa yang belom pernah mampir ke Alfmart? Kayaknya semua orang pernah mampir deh ke Alfamart, nah kalau mampir ke Kantor Pusat nya udah pernah belom? Hehehe, Bangga dong pernah masuk ke kantor pusat Alfamart Bandung 2 Alfamart. Karena dari dulu saya penasaran banget, ada apa yah didalem kantor Alfamart ini? Saya kira kantor Alfamart ini Cuma sebuah gudang, tapi ternyata nggak lho! Ada banyak kegiatan yang diadain di kantor Alfamart ini. Salah satunya adalah pelatihan untuk Mitra Alfamart. Dan saya sangat beruntung karena bisa ikutan trainingnya! Uhuuuy!


Pertama masuk ke “Gudang Alfa” saya liat ada beberapa ibu-ibu lagi nyerbu kaya bazar gitu, ternyata emang kegiatan itu rutin dilakukan. Terus saya nanya ke security dan akhirnya diarahin buat ke resepsionis di lantai dua. Resepsionis nyuruh saya masuk ke pintu sebelah kiri, dan menelusuri lorong. Dari lorong saya lihat beberapa divisi yang ada di kantor Alfamart. Liat suasana kantor, saya jadi pengen kerja. Eh Cuma sesaat aja, setelah masuk ke ruangan training, saya nggak jadi pengen kerja. Pengen wirausaha aja, kerja dirumah. ;)

TRAINING MANAGEMENT RITEL FOR UMKM

Aduh mak, denger judulnya kayaknya saya mau pulang aja, wkwkwkwk. Saya pikir trainingnya bakal ribet jelimet gitu, ternyataaaaaa menyenangkan! Nama pembawa materi kali ini adalah Kang Yogi. Katanya sih umurnya masih 20 tahun, orang maribaya. Plis mblo, jangan nanya doi udah nikah ato belom. :p

Bernama lengkap Yogie Septiyana Rochman, Branch Trainier PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk yang lebioh kita kenal dengan Alfamart ini membuka training dengan gambar MONYET. Hahahahaha, semua peserta yang kurang lebih 40 orang ngakak.

Apasih Definisi Bisnis Retail?

Bapak, Ibu, tahu nggak apa itu retail? Kemudian pada diem. SAYA GOOGLING, mau jawab tapi malu-malu. Melihat peserta masih malu-malu, kang Yogie langsung menjelaskan kalo Retail adalah “Rangkaian kegiatan perdagangan barang dan jasa, dari pihak penjual kepada konsumen(pengguna lanmgsung).”. Nah Alfamart sendiri termasuk retail modern, kalo mamang baso? Mamang baso juga termasuk retail, retail tradisional. OOOOOOHHH. *Kompak ai bilang Oh-mah
* wkwkwkwk

Dan ternyata ada data dari BPS per Agustus 2017 bahwa pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil di kuartal II – 2017 hanya sebesar 2,5 persen. Artinya, terjadi penurunan dari kuartal I – 2017 yang bertumbuh sebesar 6,63 persen. Apalagi jika dibandingkan dengan kuartal II -2016 yang mencapai 6,56 persen. 

Jadi, apakah bisnis Bapak dan Ibu mengalami penurunan? Tanya Kang Yogie, saya mah ngerasa enggak. Tapi ada bapak=bapak dibelakang yang bilang kalau omsetnya memang berkurang. Biasanya 1 hari bisa mendapat 1,5 juta, sekarang hanya 1 juta saja. Hmmmmh...

Pada kenyataannya memang banyak perusahaan retail modern yang tutup. Ada yang tutup cabang, bahkan ada lagi yang tutup semuanya. Apa yang harus kita lakukan agar tidak menjadi korban perubahan? Inget nggak dulu NOKIA yang jadi Handphone sejuta umat? Kini apa kabar? Hilang, di Indonesia sudah hampir nggak ada lagi yang pakai. So, yang kita butuhkan untuk tetap bertahan didunia bisnis, bahkan bisa memimpin dunia bisnis adalah “INOVASI”.

"Inovasi membedakan PEMIMPIN dan PENGIKUT."
- Steve Job -


No comments:

Post a Comment