Thursday, 22 November 2018

Main-main Ke Pabrik Ajinomoto Karawang Yuk!

Saya pernah kepo banget sama kehidupan di pabrik. Letak tempat tinggal saya ada dalam kawasan pabrik, jadi sering banget denger cerita-cerita gimana banyaknya pekerja di pabrik, serunya makan bareng sepabrik, sampai gimana betenya harus tetep masuk kerja meski hari raya sudah depan mata. Alhamdulillah, setelah saya ikutan Blogger Gathering bersama Ajinomoto tentang MSG yang ternyata tidak berbahaya, saya dapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik Ajinomoto, yeeeayyy!



Lokasi pabrik Ajinomoto ini adalah di Karawang yang notabene sebuah kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Duh, seneng banget! Karena saya selama ini bener-bener kepo gimana dalemannya pabrik. Tanggal 7 November 2018, bersama 30 rekan blogger yang lain saya mulai berangkat jam 7 pagi dari meeting point di Hotel Hay, trunojoyo, Bandung. Ternyata hanya dalam waktu 2 jam, saya dan rombongan sudah ada di pabrik Ajinomoto! Terimakasih, Cipularang!


Pabrik Ajinomoto Karawang Adalah Pabrik Terbaru


Saya takjub sama kawasan industri disini, yang saya lihat sih ini tuh kaya perumahan, tapi rumahnya pabrik. Pepabrikan dong? Wkwkwk. Fyi, pabrik Ajinomoto inu ada banyak, dan yang ada di Karawang ini adalah pabrik terbaru dan hanya memproduksi Masako Ayam, Saori, serta Sajiku.


Sebelom keliling factory, kita diberi pengarahan dulu oleh Bapak Fazry untuk Savety Induction For Visitor, lalu ada Bapak Nico Andrias sebagai Section Manager Finance and GA section serta Bapak Galih Prasandy dari Department Manager General Administration. Nggak lupa kita juga diajak mencicipi produk roti buatan Ajinomoto, enaaaak! Fyi roti ini belom beredar langsung ke konsumen, jadi Ajinomoto menjualnya ke pelaku usaha yang memberikan brand masing-masing pada rotinya.

Pabrik Saori Ajinomoto


Pabrik pertama yang dikunjungi adalah pabrik yang memproduksi Saori. Ini tuh kaya bukan pabrik, tapi mirip wisata selfie! Pertama kali masuk kita disambut dummy makanan beserta resep yang lucu-lucu banget. Jadi pengen makan, wkwkwkw. Setelah dibuat gemas, kita akhirnya diberi penjelasan tentang proses produksi Saori. Bukan cuma saus tiram yaa, tapi juga ada saus teriyaki, dan saus oriental lainnya.



Penasaran dalemnya gimana? Tonton video dibawah ini ya!


Pabrik Masako Ajinomoto


Masako merupakan produk andalan dari Ajinomoto. Di jawabarat sendiri, masako ayam lebih disukai sehingga pabrik karawang hanya memproduksi Masako Ayam. Sementara masako sapi diproduksi oleh pabrik di purworejo.



Sama seperti seperti pabrik Saori, kami disambut dengan dekorasi dan interior menggemaskan! Bahkan didalamnya ada setting dapur yang bener-bener keren! Dalam hati saya nanya gitu yaa, apa semua pegawai disini pernah selfie-selfie kaya blogger nggak ya? Mungkin klonliat tiap hari bosen yaa.. Tapi masa sih, kan gemes banget ini property-propertinya.

Setelah terkesima ama properti nan menggemaskan, pak... Menjelaskan gimana proses bahan-bahan pilihan diubah menjadi masako sachet. Ternyata masako ini produksi ajinomoto di Indonesia yang juga diproduksi di negara-negara lain lho! Hanya saja diberikan nama berbeda, seperti di thailand, namanya menjadi....

Saya dan teman-teman lainnya diajak juga masuk melihat langsung proses pengepackan Masako, ternyata dalam satu tahun, pabrik ini bisa memproduksi hingga sekian ton. Banyak banget! Fyi, pekerja pabrik di karawang ini jumlahnya nggak sampe 1000 orang, karena semua proses sudah menggunakan mesin, paling hanya 700an karyawan yang ada di pabrik seluas 16 hektar ini. Wwiii sepi juga yaa.

Pabrik Sajiku Ajinomoto


Pabrik terakhir yang dikunjungi adalah pabrik Sajiku, dan propertinya makin menggemaskan! Huaaaaa rasanta pengen banget foto disetiap sudut ruangan ini. Tapi sayang waktunya nggak cukup, sambil berjalan menyusuri lorong dengan tulisan bumbu-bumbu rempah dan beberapa resep berukuran besar, kita dijelaskan bahwa sajiku ini merupakan salah satu produk yang tergolong baru bagi Ajinomoto.



Dalam satu tahun produksi sajiku ini mencapai.... 

Ya ampun, pabriknya menyenangkan sekali. Dan sekarang waktunya makan siang! Sesuai janji pak ... Kita makan di kantin pabrik ajinomoto, yeeeay! Salah satu impian saya akhirnyabterwujud, yaitu bisa makan di kantin yang disediain pabrik, wkwkwk. Sesederhana itu impian saya mah. :p

Saya salut sama pabrik Ajinomoto, dibeberapa titik ada himbauan-himbauan yang bermanfaat untuk pengunjung. Jadi berasa diperhatiin gitu... Ciyee...Eh sebelum.pulang Ajinomoto mau ngumumin dlu pemenang blogging xompetition gathering sebelumnya. Dan Alhamdulillah, saya dapeg juara 2. Kaget kan?


Sama, sayapun kaget. Mau baca artikelnya? Ininih ==> MSG Tidak Berbahaya <== Makin senang juga karena pupangnya dapet oleh-oleh produk dari Ajinomoto, Alhamdulillah, perjalanan kali ini luar biasa, dikasih ilmu, pengalaman, dan materi yang bermanfaat! <3

Kamu mau dateng ke pabrik Ajinomoto juga? Boleh loh, caranya japri aja ya! :D

Semoga bermanfaat! ^_^

No comments:

Post a comment