Saturday, 6 April 2019

Ingin Bisnis Jual Beli Rumah di Bandung? Yuk Ikuti 5 Cara Berikut!

Ingin Bisnis Jual Beli Rumah di Bandung Berikut 5 Cara yang Bisa Diikuti

Tidak hanya terkenal akan alamnya yang indah, bisnis jual beli rumah di Bandung juga dikenal memiliki prospek yang sangat baik dan menguntungkan.

Berbagai macam pembangunan infrastruktur di Bandung seakan menjadi magnet tersendiri bagi para pemburu properti untuk melakukan jual beli rumah di Bandung.

Sebut saja pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, Tol Soreang-Pasir Koja, Tol Bandung-Kertajati, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdaun) dan berbagai pembangunan infrastruktur lainnya.

Secara geografis Bandung juga terkenal sebagai kota yang sangat cantik. Landscape-nya yang berbukit, hawa yang sejuk, serta memiliki potensi alam yang berlimpah, membuat Bandung menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Belum lagi jika kita membahas tentang banyaknya kampus-kampus ternama yang bermarkas di kota Bandung.

Bisa dibayangkan, berapa banyak mahasiswa yang masuk ke Bandung setiap tahunnya untuk dapat berkuliah di kampus-kampus seperti UNPAD, ITB, UPI, UNPAR, dan sebagainya.

Paling tidak, para mahasiswa ini pasti membutuhkan tempat tinggal sementara, seperti indekost, rumah kontrakan, apartemen, dan lain-lain.

Oleh sebab itu, potensi bisnis jual-beli rumah di Bandung seakan tidak pernah mati karena alasan-alasan yang saya sebutkan di atas.

Lantas, apakah kamu juga tertarik untuk melakukan bisnis jual beli rumah di Bandung?

Sebelum memutuskan hal tersebut, ada baiknya terlebih dahulu kamu membaca cara melakukan jual beli rumah di Bandung dengan mudah dan menguntungkan yang telah saya rangkum di bawah ini.

Penasaran apa saja? Yuk kita lihat bersama-sama.

1. Geluti profesi sebagai makelar rumah

Geluti profesi sebagai makelar rumah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dalam jual beli rumah di Bandung adalah menjadi penjual properti dadakan atau makelar rumah.

Banyaknya jumlah rumah dijual di Bandung bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha jual beli rumah secara mudah dan menguntungkan, lho.

Yang perlu dilakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait rumah yang sedang dijual. Mulailah dari rumah-rumah yang ada di sekitar lingkungan kamu atau tanyalah kepada sanak keluarga, apakah ada rumah yang ingin dijual, kemudian tawarkan diri Anda untuk menjadi makelar rumah tersebut.

Modal pertama yang kamu butuhkan untuk menjadi makelar properti adalah kemampuan komunikasi yang baik.
Asah kemampuan komunikasi kamu sampai pada level dapat mempengaruhi pilihan orang lain dengan hanya berbicara.
Jangan lupa juga untuk bekali diri kamu dengan pengetahuan tentang properti sebanyak mungkin, agar dalam melakukan pemasaran kepada calon pembeli kamu terlihat profesional dan meyakinkan.

Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak sulit untuk membangun kepercayaan dengan calon pembeli agar dia percaya melakukan jual beli rumah di Bandung dengan kamu.

2. Bergabung dengan agen marketing resmi dan profesional

Bergabung dengan agen marketing resmi dan profesional

Jika dirasa Anda tidak percaya diri untuk melakukan jual beli rumah di Bandung secara pribadi, maka bergabunglah dengan agen marketing resmi dan profesional yang ada di kota tersebut.

Saat ini banyak sekali agen-agen properti yang ada di kota Bandung, perusahaan agen properti ini biasanya akan memberikan pelatihan untuk menjadi agen properti yang professional kepada para agennya.

Selain itu, Anda akan memperoleh info terbaru mengenai properti yang bisa dijual berserta dengan potential client yang dapat Anda tawarkan perihal properti yang sedang Anda jual.

Banyak masyarakat juga memanfaatkan jasa agen properti untuk memasarkan rumahnya, sehingga Anda hanya perlu mencari pembeli atas rumah tersebut.

Meski dalam beberapa kasus, agen juga harus mencari calon penjual yang akan menggunakan jasanya beserta calon pembeli rumah tersebut secara mandiri.

Keuntungannya juga lumayan, Anda bisa memperoleh komisi dari tiap transaksi jual beli rumah di Bandung yang Anda lakukan.

3. Bisnis rumah kost/homestay

Bisnis rumah kost atau homestay

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam jual beli rumah di Bandung adalah dengan berbisnis rumah kost atau homestay.

Seperti yang saya sebutkan di atas, Bandung sendiri terkenal memilik banyak kampus dan mahasiswa perantauan yang menetap di sana.

Selain itu, sebagai salah satu tujuan wisata, peluang bisnis homestay rasanya akan tetap hidup di Bandung sampai kapanpun.
Jadi, kedua bisnis jual beli rumah tersebut sangat cocok untuk dilakukan di kota Bandung.

Tidak perlu uang banyak dalam melalukan hal ini, Anda hanya perlu mencari lokasi properti yang strategis dan juga memasarkannya.

Jika Anda memiliki rumah yang tidak terpakai, atau dalam kondisi yang tidak terawat, ada baiknya Anda menjadikan rumah tersebut sebagai homestay atau rumah kost.

Seandainya pun Anda tidak memiliki sebuah rumah kosong, Anda dapat memanfaatkan kamar-kamar kosong yang ada di rumah Anda untuk disewakan sebagai homestay atau kost-kost-an.

Bila Anda tidak memiliki rumah dan juga kamar untuk disewakan, carilah kerabat, teman, atau saudara Anda yang memiliki rumah kosong dan tidak terawat untuk disewakan jadi sebuah homestay atau rumah kost.

Dengan modal yang minim, Anda tetap bisa melakukan bisnis jual beli rumah di Bandung, bukan?

Namun, pastikan rumah yang akan Anda jadikan homestay atau rumah kost tersebut berada di kawasan strategis seperti kawasan bisnis/industri atau kawasan pendidikan di Bandung.

Karena apabila rumah tersebut jauh dari tempat-tempat strategis, maka akan sangat sulit untuk mencari calon penyewa rumah tersebut.

4. Meminjam sejumlah uang

Meminjam sejumlah uang

Sebenarnya meminjam uang untuk modal bisnis jual beli rumah di Bandung itu biasa, hanya saja cara ini mungkin menjadi cara yang paling terakhir untuk dilakukan dalam bisnis jual beli rumah di Bandung.

Sebagai peminjam uang tentu Anda berkewajiban untuk mengembalikan uang tersebut sesuai dengan kesepatakan yang ada.

Namun, dalam menjalankan bisnis jual beli rumah di Bandung, Anda harus sadar bahwa adanya risiko kegagalan yang mungkin dialami ke depannya.

Untuk itu, pastikan Anda telah memperhitungkan matang-matang tentang bisnis jual beli rumah di Bandung, dan pastikan semua yang telah direncanakan berjalan dengan baik.

Cara yang paling aman untuk meminjam uang tentu melalui keluarga atau orang-orang terdekat, karena biasanya orang-orang terdekat memiliki kepercayaan yang lebih tinggi terhadap Anda.

Anda juga bisa bernegosiasi dengan lebih gampang terkait persenan pengembalian uang apabila bisnis ini telah selesai.

Apabila Anda tidak memiliki rekanan atau orang terdekat yang dapat membantu meminjamkan sejumlah uang, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) ke bank.

Namun ingatlah untuk menghitung untung ruginya, dengan demikian Anda masih bisa memperoleh keuntungan dari bisnis jual beli rumah di Bandung tersebut.

5. Manfaatkan situs jual beli rumah

Manfaatkan situs jual beli rumah

Nah, cara yang terakhir ini merupakan cara jual beli rumah di Bandung yang kekinian!
Jika Anda memiliki rumah atau properti yang ingin dijual, cukup gunakan situs jual beli rumah untuk mengiklankan rumah tersebut.

Di sini saya akan merekomendasikan sebuah situs jual beli rumah yang biasa saya gunakan dalam mencari segala jenis properti yang saya butuhkan, yaitu 99.co Indonesia.

Dengan situs 99.co Indonesia, Anda tidak hanya bisa melakukan jual beli rumah, namun untuk sewa rumah, ruko, apartemen, villa, sampai dengan tanah dan berbagai jenis properti lainnya.

Yang perlu Anda adalah, cukup daftarkan diri ke situs 99.co Indonesia, buat akun sebagai penjual, kemudian isi segala informasi data diri dan properti yang akan dijual.

Setelah selesai mengisi segala informasi yang dibutuhkan, properti Anda akan masuk ke listing 99.co Indonesia dan siap dipasarkan.

Itu tadi 5 cara yang bisa diikuti dalam melakukan bisnis jual beli rumah di Bandung. Jadi, sudah semakin yakin kan untuk melakukan bisnis jual beli rumah di Bandung?

Semoga cara-cara yang saya berikan dapat bermanfaat untuk Anda semua.
Selamat bisnis jual beli rumah!

No comments:

Post a comment