Monday, 1 April 2019

Metode Sederhana Sablon Kaos Teknik Sublimasi

Teknik sablon sublimasi kini menjadi metode sablon yang sangat diminati orang, khususnya para pebisnis pemula yang menginginkan keuntungan dengan tidak mengesampingkan unsur murahnya biaya operasional. Sablon kaos sublime dapat diaplikasikan dengan cara yang sangat sederhana, cukup melalui hadirnya beberapa elemen seperti  printer, tinta, keras sublime dan mesin press untuk kaos.


Sudahkah kamu ketahui penyebab utama mudahnya proses transfer setelah melalui proses press meskipun menerapkan print dengan tinta sublime? Hal ini disebakan oleh karena pengaruh tinta sublime yang merupakan jenis watebased dengan kharakteristik mudah menguap apabila terkena suhu panas berlebihan. Keutamaan penggunaan tinta sublime adalah dapat memperlacar proses penyerapan warna pada bagian permukaan kain kaos dan membuahkan hasil sablon yang bagus.


Catatan kecil: Pemakaian teknik sublime mengharuskan penggunaan bahan kaos berjenis TC dengan berwarna putih

Kualitas tinta yang dibuat sangat mempengaruhi hasil kualitas sablon sublimasi. Semakin bagus kualitas tinta, maka akan bepengaruh terhadap kepuasan customer. Begitupun sebaliknya, kualitas tinta yang tidak bagus akan mengecewakan customer karena hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan. Oleh sebab itu pemilihan tinta harus sangat diperhatikan dalam mendukung hasil dari teknik sublimasi. 

Teknik cetak sablon dalam metode sublimasi sendiri sangat mudah dilakukan, begitupula tidak adanya sistem pembatasan untuk membuat desain kaos. Hal ini membuat teknik sublimasi sangatlah dianjurkan untuk pencetakan desain kaos dalam skala satuan. Dibawah ini adalah beberapa langkah untuk mempermudah kamu dalam mencetak sablon dengan teknik sublimsi.

1. Cetaklah rancangan ilustrasi gambar sablon dengan teknik mirror 
2. Taruhlah bahan kaos tepat pada mesin press.
3. Tempatkkan kertas desain tepat diatas kaos yang ingin di sablon
4. Press mesin kaos selama 5 sampai 10 detik ketika suhu sudah mencapai 120 – 150oC.
5. Ambil desain kaos dengan perlahan dari mesin press dan proses sublimasi sudah kelar.

Sangat gampang sekali bukan menerapkan teknik sublimasi dalam mencetak sablon kaos. Pengguaan teknik sublimasi untuk kebutuhan sablon kain memiliki beberapa kelebihan dalam produksi. Berikut adalah beberapa kelebihan sablon sublimasi.

1. Tinta sablon sublimasi menghasilkan warna yang bagus dan penerapannya tidak ada pembatasan sehingga sangat culorfull. Pola degradasi warna pada hasil sablon kain pada kaos akan terlihat elegan.
2. Hasil sublimasi akan menghasilkan sablon yang awet dan tahan lama. Tinta yang berkualitas bagus akan memiliki sifat presipitasi yang baik pada permukaan kain, sehingga sablon tidak akan mudah luntur dan rusak.
3. Teknik sublimasi tidak hanya akan mendukung produksi sablon berskala besar namun juga dapat digunakan dalam skala satuan.
4. Permukaan sablon dapat disetrika secara langsung.
5. Cocok digunakan untuk mencetak desain sablon pada alat cetak Mug, Mouse Pad, Keramik, dan masih banyak yang lainnya.
6. Harga sangat terjangkau.

Kelengkapan peralatan dibutuhkan untuk mencapai hasil sablon sublimasi. Berikut adalah beberapa perlengkapan untuk sablon dengan teknik sublimasi.

1. Mesin Printer
Printer adalah alat yang digunakan sebagai pencetak ilustrasi gambar. Printer basic Epsin pada umumnya menjadi mesin printer yang kerap digunakan. Selain memiliki kualitas print yang bagus, tetapi juga menawarkan keamanan yang tinggi.

2. Tinta Sublimasi
Seorang pebisnis sablon yang sukses harus lebih mementingkan kualitas untuk memperoleh customer akan loyal terhadap bisnis kamu.

3. Keras Sublimasi 
Proses ini menjadi sangat penting mengingat proses sablon dengan sublime adalah menerapkan metode transfer printing. Semakin lancar proses transfer maka mampu membuahan hasil yang bagus.

4. Mesin Press Kaos
Kondisi mesin press harus tetap dijaga untuk membantu proses transfer ilustrasi gambar pada area permukaan kaos. Selain itu proses pemanasan yang tidak merata tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

5. Kaos 
Pemilihan kaos juga harus cermat karena dapat mempengaruhi hasil yang sablon yang diperoleh. Hal ini melalui tekstur kaos, jenis kaos dan bahan kaos.

Diatas merupakan sedikit penjelasan teknik sublimasi pada mesin sablon. Pengguaan teknik sublimasi akan dapat menjadi terobosan dalam menjalankan jasa sablon kaos digital kamu. Harga yang terjangkau, dan sangat efektif dalam membantu produksi kaos sablon kamu. salam sukses dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment