Wednesday 12 August 2020

3 Tips Merawat Wajah Agar Tak Berjerawat!

Duluuuu banget pas masih sekolah aku termasuk anak yang jerawatan. Sempet insecure, tapi untungnya ngerasa putih dan agak tinggi, jadi insecure gegara jerawat itu tertutupi, wahahaa. Branding diri yang jadi bullyan adalah sipit, so jerawat yang dateng keroyokan itu nggak terlalu aku khawatirkan. Im lucky to be me pokoknya. Peduli amat mau jerawatan apa nggak, aku sayang sama diri sendiri, whe :p

Tapi kenyataannya nggak sepede itu juga sih, setelah lulus dan belajar photoshop, aku mulai sadar kalo wajah berjerawat ini harus dirawat biar mulus kinclong, bukan di edit. Maap dulu belom ada filter ig atau kamera jahat.

Langkah Pertama Mengobati Jerawat

Segala macem obat jerawat udah di coba, sampe akhirnya aku ketemu salah satu dokter kecantikan, dan dari beliau aku baru sadar kalo ternyata selama ini aku ALERGI susu. Jadi mau sebersih apapun aku cuci muka dan pake obat jerawat, selama aku masih konsumsi susu, ya aku bakal tetep jerawatan. Jerawatnya bukan cuma bruntus yaa gaes, dulu tuh jerawat aku pada gede-gede gemes. Sejak tau alergi, aku stop makan dan minum apapun yang ada susunya. Cheating-cheating dikit lah, minum kopi susu, wkwkwk. Nah ini jadi catetan penting buat para pejuang Acne buat cari tahu dulu penyebab jerawatnya tuh apa? Makanan, hormon, atau bakteri?

Mencegah Jerawat Nggak Balik Lagi

Ketika udah nggak konsumsi susu, jerawat nggak langsung ilang gitu aja. Karena aku masih tetep harus melakukan hal berikut ini:

1. Pakai Skin Care Sesuai Jenis Kulit

Jangan kemakan iklan yaa gaes. Pilih skin care yang sesuai jenis kulit. Setauku ada empat pilihan skin care sesuai jenis kulit. Untuk kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi, dan untuk semua jenis kulit. Aku pakai skin care sesuai musim, klo kemarau biasanya auto pindah facial wash untuk kulit kering. Untuk toner, aku gonta-ganti. Gimana promo wkwkwkwk. Pelembab aku pakai CC cream yang udah ada SPF-nya. Kalo malem ngga usah pake pelembab, cukup facial wash and toner. Kadang kalo lagi mood yaa maskeran. Seminggu sekali kadang pakai porepack. Tiga bulan jerawat batuku nggak muncul lagi. Alhamdulillah. 

2. Sedia Obat jerawat

Lama nggak jerawatan, membuatku lupa diri. Ketika orang-orang WFH, siapa sangka aku malah dapet tawaran kerja disebuah konveksin jadi digital marketing yang harus ngantor tiap senin ampe sabtu. Rutinitas ku yang dulu #RebahanTiapHari sekarang jadi mulai riweuh. Aku kadang nggak punya waktu buat skincare-an. Jangankan skincare an kadang malem tuh aku suka lupa cuci muka karena ketiduran pas ngelonin para bocah. Ckckckckck. Sudah kuduga dong, nggak lama jerawat mulai datang, walo nggak rombongan tapi lumayan sakit juga ya. Plus ada beruntusan, pori-pori jadi gede, sekaligus komedoan. Oh no! Apa yang harus kulakukan?

Balik ke awal saat jerawat diwajah hilang, akupun memilih untuk rajin skin care-an, minimal cuci muka lah tiap abis make-up-an atau sebelum tidur. Terus aku juga pake serum anti acne. Serum yang cuma di pake di area yang berjerawat aja. Namanya Humprey Acne Serum+, dilengkapin tea tree extract, white willow extract, dan vitamin B, bisa bikin jerawat kempes nggak sampe 24 jam!

Secara khasiat, serum ini nggak usah di raguin lagi. Terbuat dari bahan alami yang aman sekaligus halal. Humprey Acne Serum+ ini kemasannya cukup mudah di bawa kemana aja. Sayangnya bagian atasnya berbentuk pump yang menurutku bikin jadi agak berantakan pas mau di aplikasiin. 

Pas di pake di wajah teksturnya kental, menyerap, dan agak lengket. Kalo aku pakenya sebelum tidur, setelah cuci muka dan pake toner. So far paling lama jerawat nempel di wajah itu dua hari aja. Pas dipakai serumnya ke area kulit berjerawat sama sekali nggak ada rasa panas atau gatal. Malah kerasa nyess dingin gitu. 

3. Pola Hidup

Selain skin care an, setelah jerawat datang dan pakai Humprey Acne Serum +, aku juga mulai rutin konsumsi air putih, buah dan sayur. Terus satu lagi, jangan begadang kalo tiada gunanya. Begadang boleh saja, kalo ada cuannya, wkwkwk. Beneran deh, cobain seminggu aja begadang. Nggak cuma jerawat yang muncul deh, efek negatif lain juga bisa muncul, kaya jadi nggak semangat di pagi hari, bahkan kelewat solat subuh, huhuhu. 

Nah gaes, kalo kalian jerawatan karena apa? Sharing yuk gimana cara kalian menghadapi dan menaklukan jerawat itu seperti apa?

14 comments:

  1. Kewajiban pakai masker juga ada baiknya untuk kulit wajah lho kak, jadi nggak langsung terpapar debu dan kotoran dari jalanan.

    ReplyDelete
  2. jerawat ini biasanya dari hal yg sepele
    tapi kalo udah muncul bikin berabe
    makanya perawatan juga harus tepat banget
    terima kasih tipsnya

    ReplyDelete
  3. JAdi inget jaman smp, jerawat di jidat banyakkkk banget. Obat, salep dan krim apapun nggak manjur kak. Akhirnya kok ilang sendiri. MUngkin gaya hidup nggak sehat ya waktu itu

    ReplyDelete
  4. Waktu SMP sih jerawatan karena hormon hehe. Trus krn mau ada tamu bulanan. Skg malah jaraaang jerawatan

    ReplyDelete
  5. Iya nih makanan juga sangat berpengaruh ternyata ya... Aku yang banyak jerawatan anak pertama dan kedua, tapi sekarang yg sulung alhamdulillah sudah bersih. Tinggal anak yg kedua nih...

    ReplyDelete
  6. Pola hidup tuh emang salah satu faktor terbesar ya mbak agar gak jerawatan. Aku kalau lagi terlalu banyak makan berminyak, udah deh langsung timbul tuh jerawat.

    ReplyDelete
  7. Makanan punya pengaruh besar untuk yang punya wajah jerawatan, kayak Pewe-ku tuh, salah makan dikit aja jerawatnya bisa tumbuh banyak lagi. Memang perlu perawatan khusus ya biar kulit wajah jadi mulus dan rajin pakai skin care.

    ReplyDelete
  8. Kalau muncul jerawat diwajah bikin kesel kesel gemesh, hehehe. Kesel munculnya tiap bulan, gemesh soalnya wujudnya kecil kecil. Pengen tak pites pites kalau muncul diwajah aku haha

    ReplyDelete
  9. bner nih, munculnya jerawat bisa ngeselin semua orang. Menurut saya ada satu tips lagi yg mungkin bisa ditambahkan yakni pola pikir positi karena sangat berpengaruh terhadap stressor tubuh.

    ReplyDelete
  10. Daku lagi jerawat wajahnya, karena nggak cocok sama salah satu skin care. Lagi menghentikan pemakaiannya dan lagi berusaha untuk mengobatinya

    ReplyDelete
  11. Kalau aku biasanya jerawatan karena pengaruh hormon sih kak. Sama kalau males bersihin wajah. Pasti selain wajah kusam, tapi juga mulai deh muncul si kecil yang bikin keki ini

    ReplyDelete
  12. jerawat memang menyebalkan.untung jerawatku nggak yg gede2 tapi cukup bikin kesel juga,biasnya sih aku obatin obat jerawat sama lebih sering bersihin muka.itu aja resep mukaku hehehe

    ReplyDelete
  13. nah ini sama dengan problem kulit muka sy jerawat show off bergantian hihi..btw hilangkan noda hitam bekas jerawat tuh ya susah dan lama.. mksh sdh berbagi tips ya

    ReplyDelete
  14. tahun-tahun 2014/2015, muka ku parah banget deh mba sama jerawat, meradang merah gitu apalagi abis facial, haha. terus akhirnya minum jamu jerawat dan rajin merawat muka deh, sama skincare sekarang ini

    ReplyDelete