Saturday 5 September 2020

Tips #MandiBebasWorry Untuk Bayi Baru Lahir

Gaes kalian tahu kan kalo aku sekarang sudah punya dua orang anak? Hehehe, kali aja ada yang belum tahu. Kalo dulu pas zaman Khalif, aku masih di bantuin Mamah mulai dari mandiin, ngasih makan, bahkan karena Khalif dulu nggak ASI Ekslusif, sering banget tidurnya ama Mama, itu berjalan sampai Khalif usia 1 tahun-an. Berbeda dengan kakaknya, di anak kedua kali ini aku mulai mandiri *ciyee* Tetep sih pas belom puput, Array masih di mandiin Mama. Dengan sedikit keberanian, ku coba mandiin Array sejak usia 10 hari. Huhuhu, gimana yaaaa rasanya, sudah diungkapkan. Seneng karena bisa mandiin bayi sendiri sekaligus khawatir, ini mandiinnya bersih nggak ya? Dan aku takut Array jatoh gitu pas di balikin diatas tempat mandinya. 

Dengan seuprit pengalaman memandikan bayi baru lahir, aku mau coba share nih buat para new mom dan mamah muda tips and trik #MandiBebasWorry bayi baru lahir. 

1. Jangan mandikan bayi langsung di kamar mandi. Setidaknya sediakan satu wadah khusus untuk air mandi bayi. Kalau saya memandikan Array diatas Kasur yang dialasi dengan perlak. 

2. Gunakan Air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, alias anget-anget kuku. 

3. Gunakan Sabun mandi khusus bayi, akan lebih baik langsung menggunakan sabun yang sekaligus shampoo agar bayi tidak mandi terlalu lama. 

Eiah, setelah dua minggu, aku sempet panik karena muncul ruam di wajah Array. Beberapa kali konsultasi ke dokter katanya itu adalah alergi. Aku bingung sih alergi apaan ya Array? Makanan? Ada yang bilang Array alergi ASI, OMG. Jadi gini, jangan salah kaprah ya, nggak ada anak yang alergi ASI, tapi alergi pada nutrisi yang terkandung didalamnya, yang notabene adalah nutrisi yang juga dimakan sang Ibu. Aku memang nggak pantang makanan. Sambel, ikan asin, jengkol, apapun aku makan. Setelah konsul sana sini, aku akhirnya tahu kalo yang bikin anak kulitnya ruam itu ada banyak faktor, karena belum memungkinkan test alergi (mahal ya beb, wkwkwk) akhirnya aku coba mensortir berdasarkan makanan yang aku makan dulu. Ternyata masih tetep ruam, malah makin parah. Akhirnya aku coba ganti sabun mandi, dan ternyata Alhamdulillah ruamnya mereda. Ditambah oles salep juga sih. Semenjak ruamnya mereda, aku nggak berani ganti-ganti sabun mandi Array lagi.

MY BABY Hair & Body Wash

Inilah sabun yang memiliki formula lembut dan dibuat dengan perpaduan bahan-bahan alami. Berfungsi 2 in 1, MY BABY Hair & Body Wash praktis untuk membersihkan rambut sekaligus badan si kecil. Kandungan lidah buaya dan alpukat di dalamnya, bermanfaat menjaga kelembapan kulit serta membantu pertumbuhan rambut si kecil, namun tidak licin serta mudah dibilas. Telah teruji di laboratorium terakreditasi, keefektifannya membersihkan kuman hingga 99%.  Sabun ini sangat direkomendasikan apalagi ketika masa pandemi ini. Iya nggak? Sebagai seorang Ibu kita pasti khawatir banget kan anak terkena virus dan kuman. Selain memandikan dengan Sabun My Baby Hair & Body Wash ini, aku juga belum mengajak Array ketempat-tempat ramai pengunjung. Array dan Khali cuma melakukan mobilitas di rumah Mama, Rumah Mertua, dan Rumah Uyutnya, hehehe.





1 comment: