Wednesday 23 June 2021

3 Tips Merawat Mobil Ala Amy

Punya kendaraan pribadi ada plus dan minusnya. Di masa pandemi ini, jauh lebih safety ketika kita melakukan aktifitas yang membutuhkan perpindahan tempat dengan menaiki kendaraan pribadi, terutama mobil. Selain lebih aman karena tidak terpapar orang lain, mobil juga memiliki keunggulan dapat melindungi kita dari terik matahari maupun basahnya hujan.

Aku bukan mau bilang di usia 25 kamu harus udah punya mobil ya, hahaha. Aku cuma mau bilang kalo mobil yang dulu dianggap "wah" itu, sekarang memang sudah jadi kebutuhan. Walopun aku sendiri lebih suka naik motor karena anti macet-macet club. Tapi klo naik motor nggak bisa lewag jalan tol. Aku suka naik motor karena bisa ngerasain angin, lebih romantis, dan hemat bensin. Tapi kalo naik motor masih bisa keujanan, dan klo ngobrol nggak jelas, suaranya kebawa angin. 😂😂😂 Kalo naik mobil kan ngobrolin orang lain juga jadi lebih jelas ya gaes, apalagi kalo ngobrol dari hati kehati. Biasanya sih aku suka ngomongin mobil lain, kaya misalnya ada Alphard atau Vellfire lewat terus aku becanda ama suami "Ini mobil karimun tuh versi mini mereka ya pah!", suami aku mah iya-iya aja menghadapi kehaluan istrinya. 😅

 3 Tips Merawat 

Punya mobil bukan berarti harus cicil-cicil ya gaes, next aku bakal cerita lagi deh kenapa menurut aku lebih baik beli barang tua tapi cash ketimbang baru tapi harus cicil-cicil. Menurut aku kita bisa kok beli mobil yang udah agak tua, tapi terawat! Atau kalo kamu baru aja beli mobil baru, pastiin kamu merawat mobil agar selalu nyaman dan terlihat baru ya! Nah aku mau share nih gimana caranya merawat mobil ala aku!

1. Gunakan Sabun Khusus Mobil 

Plis jangan bilang semua sabun itu sama saja. Saat memilih sabun cuci untuk mobil, kamu bisa memilih sabun yang tidak mengandung silicone dan detergen. Karena  Silicone dan detergen dapat membuat cat mobil mudah pudar dan menjadi kusam. Sayang banget kan klo cat jadi kusam? Oiah pastiin busa yang kita pakai juga bersih ya! Kalo ada debunya,  itu bisa bikin lecet di badan mobil gaes, sayang banget. Tadinya pengen bersih malah jadi rusak kegores, hiks.

   

Akan lebih aman lagi klo kita menggunakan sabun atau shampoo untuk mobil yang berbahan alami atau organik. Jika kamu kesulitan mencari shampoo atau sabunnya, kamu hanya perlu datang ke carwash dan sampaikan ingin menggunakan sabun/shampoo organik. Supaya warna mobil akan bertahan lama dan tidak mudah pudar ataupun kusam. Walopun mobil emang bisa di cat lagi sih, tapi tetep aja kan ngecat mobil itu lumayan banget harganya, klo cat mobil kita awet budgtet ngecat bisa kita pake untuk beli aksesoris lain, atau buat biaya vacation tiap akhir minggu barreng keluarga, hehehe.

2. Pakai Bahan Bakar Yang Tepat

Sama seperti manusia, mesin mobil memerlukan makanan alias bahan bakar. Nah pastikan bahan bakar yang kita pakai itu sesuai. Jangan sampai yaa gaes, mobil kamu pakainya bensin, tapi diisiin solar, hehehe. Setau aku bahan bakar yang paling baik saat ini untuk hampir semua kendaraan yang menggunakan bensin adalah Pertamax, karena RON-nya 92. Oiah RON itu apa sih? RON adalah Research Octan Number atau Nilai Oktan yang menunjukan pada seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. *ini hasil googling ya gaes, akutuh secara teknis nggak terlalu ngerti sama mesin-mesin, cuma tau mobil yang keliatannya bagus sama harga aja* hehehhe.

  

So yang saat ini terbaik tuh ya Pertamax, dengan nilai RON 92, yang paling terbaik off course si Pertamax Turbo yang mencapai RON 98. Memang pertamax lebih mahal dikit ketimbang pertalite, tapi menurutku yaa harga nambah dikit, untuk manfaat dan merawat kendaraan kita kan nggak masalah. Iya nggak? Kalo untuk mesin diesel, aku juga kurang begitu tahu sih ya gaes, karena belum pernah punya kendaraan yang pake diesel, tapi yang pasti klo diesel ya dikasihnya solar. Nah kalo di Indonesia umumnya solar itu, Pertamina Dex atau Dexlite. Kamu kendaraannya pakai bahan bakar apa? Seru-nya sih kalo udah pake listrik ya. Duh impian banget punya mobil listrik Tesla Model 3 warna merah, hehehe.

3. Melakukan Service Rutin

Sering dicuci, dikasih makan, teruss diapain? Yes, cara ke-3 adalah Melakukan Service Rutin! Rutin yaaa bukan setahun sekali, hehehe. Kalo perawatan itu dilakuinnya berkali-kali, yang cuma sekali namanya percobaan. 🙈🙈🙈 Sama kaya metabolisme manusia sih ya gaes, klo nggak di maintaice, mobil juga bisa cepet rusak.

 
 Nggak ada alesan bengkel penuh ya beb, sekarang udah canggih. Udah ada juga aplikasi yang bisa ngatur janji kita ke bengkel, lengkap dengan perawatan apa aja yang mau kita lakuin. Ganti oli, cek berkala, cuci mobil, sampe Spooring dan Balancing sekarang mah klo mau pesen gampang! Nah biar makin oke, pakai aplikasi aja yuk! Sssssttttt ada harga diskon yang bikin kita nggak akan males service! Oiah selain service yang harus dilakuin tiap hari adalah manasin mobil. Biar nggak basi, wkwkwk. Bukan deng tapi biar oli yang ada pada mesin tuh nggak kering. Jadi kan kalo mobil diidupin, mesin yang harus kena oli pada kenakan, nah klo didiemin terlalu lama, si olinya bakal kering, bisa jadi menyumbat dan mengerak gitu kan. Sama kaya manusia lah, ibaratnya mobil yang dipanasin tuh manusia lagi olah raga kali yaaa...

OTOKLIX Partner Service dan Perawatan Mobil Terpercaya

Kenalin gaes, ini partner aku dalam promo untuk service dan perawatan mobil. Sementara ini hanya ada di jabodetabek, tapi Insyaallah nanti akan tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Nah biar nanti pas udah ada dikota kamu, kamu nggak ketinggalan promo, kamu bisa download sekarang ataupun kunjungin otoklix.com


Buat yang mau daftar jangan lupa masukin kode referal PLDOGD kalo masukin kode referal kamu akan mendapatkan langsung poin sebesar 10.000 yang bisa dipakai untuk memotong biaya pemesanan service ataupun perawatan lain di OTOKLIX. 

Kenapa Harus Pakai OTOKLIX?

Tentu saja buat aku yang harus hemat, terutama saat pandemi yang paling penting adalah PROMO! Hahaha, Gerecep banget emang emak-emak kalo ada promo. Yang kedua, banyak DISKON! Idih sama aja sama poin pertama ya. Iyalah intinya sih menurut aku pake OTOKLIX itu jauh lebih HEMAT beb. Nggak cuma hemat dan asal MURAH aja sih, semua bengkel yang terdaftar juga kan terpecaya. Nggak ada tuh bengkel abal-abal yang kadang baut kita jadi ilang satu, wkwkwkkw.

Buat kamu pengguna baru, mungkin agak bingung ya? Sini aku kasih tau cara pake aplikasi ataupun website OTOKLIX-nya!

1. Buat yang mau pake aplikasi-nya bisa download di Playstore ataupun ios dengan search "OTOKLIX" nah setelah itu download.

2. Dibuka aplikasinya, masuk/daftar. Buat pengguna baru, tentunya daftar dong ya!

3. Isi data diri, jangan lupa masukin juga kode referal PLDOGD untuk dapetin 10.000 poin yang bisa dituker untuk berbagai service yang akan kamu lakukan nantinya.

4. Selesai daftar kamu bisa langsung melengkapi data seperti jenis kendaraan, Plat nomer kendaraan, dan tahun pembelian kendaraan.

5. Otoklix siap membantu kamu!

Apa yang mau kamu cari? Service berkala? Ganti Oli? Ganti Ban? Service keseluruhan? Apapun service-nya kamu tinggal serach aja. Nanti akan muncul juga perkiraan tarif/ biayanya. Setelah kamu merasa oke, kamu tinggal klik pesan saja. 
 
Pusing nggak gaes? Aku bikin tutorialnya aja dalam bentuk video ya! :D Jangan lupa masukin kode referal-ku. Kode-nya PLDOGD untuk dapetin 10.000 poin yang bisa dituker untuk berbagai service yang akan kamu lakukan nantinya.

Takut pemesanan nggak masuk? Ah kamu, jangan suudzon dong. Biar kamu nggak khawatir Otoklix juga ada representative melalui whatsapp. Jadi kamu bisa langsung whatsapp konfirmasi pemesanan. Eiah kelupaan, sebelum checkout pemesanan, kalo ada kode promo jangan lupa di klaim dlu ya! 😉

Untuk website, langkahnya hampir sama dengan via aplikasim, hanya saja tidak perlu mendownload. Uniknya, di Otoklix, kita jug abisa mencari artikel-artikel yang sesuai dengan kebutuhan kita lho! Seperti misalnya kapan waktu yang pas untuk mengganti oli, atau kapan waktu yang pas untuk service berkala mobil. Semua informasi itu bisa kamu temukan di Blog Otoklix. Bahkan di sana kamu juga bisa menemukan berbagai promo menarik, Nggak rugilah gaes melakukan pemesanan untuk service ataupun cuci mobil kamu di Otoklix.





No comments:

Post a Comment