Wednesday 28 September 2022

Impact Investing Bersama Amartha Mulai Dari 100ribu Saja!

Apa arti uang 100 ribu buat kita? Mungkin kita yang tinggal di kota besar, uang 100 ribu tidak memberikan dampak berarti. 100 ribu bagi kita hanya cukup untuk belanja kebutuhan 1-3 hari, bahkan bisa habis sekejap untuk hangout disebuah cafe. Namun jika uang 100 ribu tersebut kita gunakan untuk melakukan impact investing di Amartha, ada jutaan orang yang akan terbantu.



Impact Investing bersama Amartha

Amartha adalah sebuah microfinace marketplace yang melayani segment para Ibu-ibu atau perempuan yang tidak terkangkau oleh sektor keuangan formal alias “unbank”. Amartha menjadi penyalur modal dari para investor kepada masyarakat kelas bawah khususnya perempuan yang ingin membuat usaha untuk perubahan. Perubahan yang di lakukan tidak hanya berdampak pada kehidupan sosial, namun juga berdampak pada ekonomi, dan lingkungan.
Muncul sejak tahun 2010, Amartha memiliki mitra sebanyak kurang lebih 1,2 juta. Yang kebanyakan tinggal di pedesaan. Memiliki tagline "Kesejahteraan Merata Bagi Kita, indonesia" Amartha ibarat oasis bagi para mitra yang memang selama ini memiliki keadaan ekonomi yang tidak baik. Mereka para perempuan dengan keterbatasan modal namun niat dan usaha yang tinggi. 

Pada acara blogger gathering yang diadakan di Bandung, 24 September 2022 aku baru tahu dampak yang bisa kita lakukan hanya dengan berinvestasi 100 ribu rupiah di Amartha ini cukup besar. Tidak hanya dampak ekonomi, namun juga secara sosial bahkan lingkungan.

Mengapa Harus Berinvetasi Di Amartha?

Selain karena Impact Investment, Amartha merupakan salah satu Microfinance Marketplace yang mengharuskan para Mitra-nya membuat sebuah grup beranggotakan 10-20 orang. Sistem ini disebut dengan tanggung renteng (Konsep Grameen Model), artinya jika ada salah satu dari anggota grup yang tidak bisa mencicil untuk membayar kembali modalnya maka para anggota lain akan membantu memenuhi tagihannya. 

Konsep Grameen Model ini menjadi salah satu mitigasi resiko yang dilakukan Amarta. Sistem ini juga dipercaya mampu meningkatkan rasa kebersamaan sekaligus para mitra menjadi lebih bertanggung jawab dalam mengembalikan investasi para lender. Dari sisi resiko tidak terlalu besar, dan nilai investasi di Amartha yang relatif kecil memudahkan kita untuk mencoba berinvestasi. Dimulai dari 100 ribu, kita bisa berinvestasi dan membantu sesama. Imbal balik nya pun tidak sedikit, bisa mencapai 15% flat dalam setahun. Uniknya, keuntungan ini dibagikan setiap minggu karena para Mitra juga melakukan setoran cicilan pinjaman seminggu sekali. 

Alasan lain mengapa harus berinvestasi di Amartha adalah tujuan peminjaman yang dilayanin oleh Amartha hanyalah pinjaman produktif, bukan konsumtif. Jadi jika ingin menjadi Mitra di Amartha kita harus benar-benar memiliki usaha yang ingin dijalankan.

Selain mendapatkan modal dengan cicilan ringan (Bisa di cicil dalam waktu 25-50 minggu), Amartha juga menyediakan mentoring dan training untuk para Mitra sehingga usaha yang dilakukan bisa berkembang dan memiliki strategi. Sekaligus ada juga literasi keuangan dan literasi digital yang diajarkan tenaga lapangan pihak Amartha kepada para Mitra. 

Udah mulai tertarik belum? Saat acara diputarkan juga video para Perempuan yang berhasil bangkit dari keterpurukan. Kisah-kisah sukses sederhana dari para perempuan yang berjuang untuk keluarga. Terharu banget :')


Bukan hanya tersentuh secara emosional karena para Mitra yang memang dari kelas menengah kebawah, yang bahkan uang 100 ribu bisa mengubah nasib mereka, saya tertarik berinvestasi di Amartha karena menurut teh Anisa Aprilia (Ica) seorang Financial Planner bersertifikat, Amartha adalah salah satu Microfinance Marketplace yang sehat. 

Apa saja ciri bahwa sebuah instrumen investasi itu baik?

Pertama sudah terdaftar dan memiliki izin usaha di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kedua, TKB90 minimal 90%, artinya para peminjam yang mengembalikan dana dalam waktu 90 hari ada minimal 90% dari total peminjam. Ketiga, Transparansi mengenai sistem credit scooring, informasi peminjam, latar belakang, tujuan pinjaman, dan data lain tentang nasabah/kreditur. Keempat, pilih instrumen yang sesuai dengan jangka waktu serta profil resiko. terakhir adalah pilih instrument yang memiliki mitigasi resiko. Semuanya ini ada di Amartha! Keren kan? Yuk kita mulai berinvestasi di Amartah! Dengan 100 ribu rupiah, ada jutaan peluang yang bisa kita ciptakan untuk kemajuan, kesejahteraan, dan kabahagiaan masyarakat Indonesia!

Semoga bermanfaat!

5 comments: