Wednesday 30 November 2022

Kampung Berseri Astra, Dari Bekas TPA Hingga Kampung Budaya Safety Riding yang Tak Biasa. Mana Yang Paling Menginspirasi Anda?

Sudah pernah dengar tentang Kampung Berseri Astra? Sebuah program coorporate social responsibility dari Astra yang dimulai sejak tahun 2013. Program ini awalnya dianggap hanya sebagai pencitraan. Namun dengan kesungguhan pengelolaan dan konsistensi, Astra berhasil membuktikan, bahwa Kampung Berseri Astra bukan hanya sebuah program pencitraan, melainkan sebuah program berkelanjutan yang sesuai dengan visi Astra yaitu Catur Dharma. Dalam visi tersebut, ada poin pertama yang mengatakan bahwa Astra ingin "Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.".


Bukan sembarang kampung, Kampung Berseri Astra yang memiliki tagline "Menuju Desa Sejahtera" merupakan program yang mengajak masyarakat secara kolektif melakukan perubahan dalam meningkatkan kualitas kehidupan di berbagai bidang dengan empat pilar. Yaitu bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan. Hingga saat artikel ini dibuat, sudah ada 87 titik Kampung Berseri Astra yang tersebar diseluruh Indonesia.

Berbekal semangat Catur Dharma, Astra sebagai sektor swasta berkolaborasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga swasaya masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya berkomitmen kuat untuk melakukan kontribusi sosial berkelanjutan untuk memberdayakan Kampung Berseri Astra agar terus tumbuh dan menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia. Kriteria utama pemilihan Kampung Berseri Astra adalah ciri khas dan keunggulan masing-masing desa. Untuk memudahkan, Astra membaginya dalam empat kategori, yaitu Kampung Wisata, Kampung Hijau, Kampung Produktif, dan Kampung Budaya.

Kampung Wisata


Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata Kampung Wisata? Benar. Tentunya ada tempat wisata yang bisa memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Beberala daerah di Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar, namun tidak semua masyarakat bisa ikut berkontribusi dalam memajukan tempat wisata tersebut.


Dalam Kampung Berseri Astra dalam kategori Kampung Wisata, para masyarakat diajak untuk berkolaborasi memajukan kampung mereka dengan kreativitas diberbagai sektor. Namun juga tidak kehilangan jati dirinya sebagai kampung yang memiliki kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, serta keseharian yang berkarakter atau memiliki ciri khas tersendiri.

Kampung Berseri Astra yang merupakan Kampung Wisata, diantaranya adalah Kampung Kemuning Yogyakarta (Telaga Kemuning) , Kampung Wakatobi (Pulau Tomia), dan Kampung Tanjung Binga, Bangka Belitung.

Kampung Hijau


Sudah jelas, Kampung Hijau merupakan kategori Kampung Berseri Astra yang memiliki konsentrasi pada kelestarian lingkungan. Kampung hijau juga sering disebut sebagai kampung proklim atau Pro Iklim. Tujuan dari pengembangan program Kampung Hijau adalah menciptakan kampung yang asri, sehat, dan tangguh terhadap perubahan iklim.


Salah satu Kampung Berseri Astra yang mengusung tema Kampung Hijau, berdiri di eks-TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sempat menjadi kampung pemulung pada 1992, pada tahun 2016 Kampung Keputih Tegal Timur Baru yang berada di Surabaya ini berhasil mendapatkan pemghargaan Green and Clean untuk kategori Partisipasi Masyarakat Terbaik.

Kampung Hijau lain yang tak kalah menarik dan unik adalah Kampung Bulakan Asri, Kampung Pulau Seribu (Pulau Pramuka), Kampung Pinang Asri Kota Tangerang, dan Kampung Pasirluyu Kota Bandung, Kampung Telaga Murni Kota Bekasi, hingga Kampung Cidadap Ecovillage Kabupaten Bandung.

Rata-rata Kampung Hijau memiliki sejarah yang agak buruk, sadar akan hal itu para masyarakat berkontribusi untuk menjadikan Kampungnya lebih asri untuk kehidupan yang lebih baik.


Kampung Produktif


Kampung ini adalah Kampung yang berfokus untuk mendorong kemandirian masyarakat melalui kewirausahaan. Selain meningkatkan pendapatan masyarakat, Kampung Produktif juga menjadi penggerak 3 pilar yang kualitasnya ingin ditingkatkan, yaitu Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan.


Kampung Berseri Astra yang berhasil memberikan kehidupan lebih baik diantaranya Kampung Pinang Tangerang, Kampung Lengkong Kulon BSD, Kampung Syamsudin Noor Banjarmasin, Kampung Layana Indah Palu, dan Kampung Gendangsari. Setiap Kampung dari Kampung Produktif sudah memberikan dampak positif bagi maayarakat dalam keberlangsungan hidup dan ekonomi yang semakin mandiri.


Kampung Budaya


Bagi Anda pecinta budaya, akan cocok bila berkunjung ke Kampung Berseri Astra dalam kategori ini. Salah satu kampung yang berhasil melestarikan budaya wayang kulit menjadi Kampung Berserk Astra. Namanya Dukuh Butuh yang terletak di Klaten Jawa Tengah. Pernah hampir punah, wayang kulit di daerah ini pun kini mulai dibuat oleh para pegrajin milenial.


Kampung Budaya Safety Riding


Tidak hanya berurusan dengan Seni Budaya, Kampung Berseri Astra yang lainnya memiliki keunikan tersendiri. Kampung Safety Riding (Kampung Pandean Lamper), membangun budaya tertib berLalu Lintas. Cukup inspiratif bukan? Memiliki jargon Tiga Siap, Kampung Safety Riding menerapkan Siap Aturan, Siap Kondisi Fisik, dan Siap Kondisi Kendaraan. Dua Kampung Budaya lain yang termasuk dalam program Kampung Berseri Astra adalah Kampung Desa Cikedokan dan Kampung Desa Sukolila.


Kampung Safety Riding tepatnya berada di Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah. Pemandangan biasa bagi warga Kampung Safety Riding adalah rambu-rambu Lalu Lintas. Tujuan Kampung Safety Riding ini adalah menekan jumlah kecelakaan di kawasan Pandean Lamper.


Menurut Lukmam Muhazir, Pelopor Kampung Safety Riding Pandean Lamper, dikawasan itu dalam satu bulan , hampir selalu terjadi dua sampai tiga kali kasus kecelakaan. Program Kampung Safety Riding, digaungkan Lukman sejak akhir tahun 2010. Lukman memiliki ide membuat Kampung Safety Riding setelah bertemu dengan Suko Edi dan Oke Desiyanto (Instruktur Safety Riding di Anak Perusahaan Astra) dalam Seminar Safety Riding dan Sosialisasi Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diselenggarakan di Universitas Semarang.

Dalam mewujudkan Kampung Safety Riding, Lukman mengungkapkan ada 5 program yang dijalankan. Yaitu:

1. Program Warga Aman
2. Program Kampung Aman
3. Program Motor Aman
4. Program Warga Peduli
5. Program Bina Aman


Apa saja perbedaan dari program-program tersebut? Anda bisa membaca selengkapnya di Buku Inspirasi Dari Kampung Berseri Astra. Atau kunjungi "Buku Inspirasi Kampung Berseri Astra" 

Setelah membaca, yuk share Kampung Berseri Astra mana yang menurut Anda paling menginspirasi?

No comments:

Post a Comment