Monday 24 October 2022

Bandung, Dipilih Jadi Tuan Rumah Event Internasional Untuk Majelis Permusyawaratan Dunia!

Sebuah kebanggan buat netizen seperti aku saat diundang untuk berbincang bareng MPR Indonesia. Siapa sangka tanggal 22 Oktober 2022, aku bisa bertemu langsung dengan salah satu Wakil MPR Indonesia. Yes, ketemu langsung sama Pak Fadel Muhammad, bikin rasa nasionalis aku langsung naik berkali-kali lipat. Beliau usianya 70 tahun, sebelumnya pernah menjadi Menteri dan Gubernur. Keren banget ya? Tiba-tiba aku merasa bisa juga seperti beliau. *jangan diketawain plis.



Selain ketemu dengan Pak Fadel Muhammad, aku juga seneng bisa datang ke Diskusi dengan Netizen dengan tema “Penguatan Diplomasi Majelis Permusyawaratan/Lembaga Senat melalui Forum Majelis Permusyawaratan Dunia” karena biasanya kalo acara yang berkaitan dengan pemerintahan selalu ada agenda “Menyanyikan Lagu Indonesia Raya” yes, favorit aku banget! Soalnya kalo nyanyi lagu Nasional, aku merasa suara ini menjadi merdu. Ada yang samaan juga nggak?

Oke, marilah kita bahas acara yang sangat penting hari Sabtu kemarin. Jadi gini gaes, sebelum datang ke venue acara yang diadakan di Novotel Bandung, aku sama sekali nggak kebayang sebenernya apa ya yang mau didisusikan antara MPR dan Netizen Bandung ini? Silahkan baca sendiri ya judulnya. Serius pusing.

Ternyata, kalimat panjang ini kerasaaneh karena memang aku nggak pernah berkaitan. Intinya, MPR Indonesia akan mengadakan kegiatan dimana delegasi-delegasi dari negara lain juga turut hadir untuk membentuk sebuah wadah yang terdiri dari anggota-anggota MPR dari berbagai negara.

Meskipun negara lain memiliki nama lain (bukan MPR kaya di Indonesia) tapi peserta yang hadir adalah delegasi-delegasi yang setara dengan MPR atau Assembly House, atau senat atau Majelis Syuro. Gimana, paham kan?

Di forum yang sudah dikonfirmasi akan dihadiri 13 negara ini, akan membahas apa nama lembaga yang akan dibentuk, apa saja agenda kedepannya, dan forum atau konferensi ini akan diadakan lagi di Negara mana? Terdengar simple ya? Tapi forum ini akan sangat berdampak lho!

Konferensi ini digelar di Kota Bandung mulai 24 Oktober 2022 hingga 26 Oktober 2022. Berikut 12 negara yang akan hadir, selain Indonesia yang menjadi tuan rumah:

  • Palestina
  • Pakistan
  • Bahrein
  • Maroko
  • Yordania
  • Yaman
  • Saudi Arabia
  • Malaysia
  • Mesir
  • Al-Zajair
  • Mozambik
  • Iran
Selain itu ada juga lembaga PUIC (Parliamentary Union of the OIC Members States) yang akan hadir dalam konferensi ini.

Sebagai tuan rumah, Indonesia berharap bahwa akan ada kesepakatan lain seperti investasi dari berbagai negara yang akan hadir di konferensi kali ini. Khususnya investasi di provinsi Jawa Barat. Konferensi yang nantinya akan dilakukan di Gedung Merdeka Bandung ini akan dibuka dengan Welcoming Dinner. Kamu mau ikut liat keseruan konferensi nanti? Ada live streamingnya juga lho! Klik disini ya! s.mpr.go.id/live

Semoga acara ini lancar, bytheway untuk acara konferensi ini diturunkan anggota keamanan sampai 19ribu personil lho! Wiiii keren ya? Karena delegasi yang datang dari negara-negara yang diundang adalah delegasi penting bahkan ada yang setara dengan Wakil Presiden. Jadi ikut bangga karena Bandung yang dipilih sebagai tuan rumah acara internasional ini. Semoga kelak aku juga bisa jadi delegasi mewakilkan Indonesia diajang Internasional. Aamiin.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment