Saturday 12 August 2017

Konferensi Ayah Bunda Platinum Bersama Morinaga

Sabtu, 5 Agustus 2017 kemarin saya berkesempatan datang ke Konferensi Ayah Bunda Platinum yang diadakan oleh Morinaga. Mengambil tema “Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini”, acara ini diadakan di Harris Hotel and Conventions, Bandung. Bandung merupakan kota ke-8 dari 26 kota yang akan mengadakan Konferensi Ayah Bunda Platinum. Konferensi ini diadakan Morinaga sebagai sarana belajar para orang tua mengenai tumbuh kembang anak. Kira-kira materi parenting apa ya yang akan saya dapatkan untuk mempersiapkan kecerdasan multitalenta anak di Konferensi kali ini? Hmmm….

konferensi ayah bunda platinum, KABP2017, seminar parenting, parenting, tumbuh kembang anak,

Pertama kali tiba dilokasi acara, saya disambut dengan pasukan merah meriah. KEREN! Banyak banget lho yang datang. Penurut panitia, jumlah peserta yang datang ke Konferensi Ayah Bunda Platinum adalah 1006 orang! HEBAT! Ternyata di Kota Bandung ini banyak orangtua yang peduli sama kecerdasan anak hingga rela datang ke acara parenting di saat weekend!


konferensi ayah bunda platinum, KABP2017, seminar parenting, parenting, tumbuh kembang anak,

Selain pasukan merah, dilokasi banyak sekali booth yang berkaitan dengan ibu dan anak. Mulai dari cekalergi.com, Morinaga MI Play Plan, booth Morinaga, Prenagen, dan Milna, serta Playground. Yang paling menarik perhatian saya adalah kehadiran Chila dan Chilo, si maskot Morinaga.

konferensi ayah bunda platinum, KABP2017, seminar parenting, parenting, tumbuh kembang anak,

Setelah berputar beberapa kali, saya dan Khalif masuk ke hall. Acara masih belum mulai, kami memilih duduk dikursi paling kanan tiga baris dari depan. Tak lama, MC membuka acara Konferensi Ayah Bunda Platinum Dan menyerahkan acara pada seorang pria jangkung nan ganteng. Anaknya udah dua lho! Yaps, Teuku Zacky. Pria yang lahir di Aceh dan besar di Bandung ini mendapat sambutan meriah dari Ibu-ibu yang dipelototin bapaknya. Untung suami saya mah nggak ada, hahahaha. Setelah Teuku Zacky membuka acara dengan resmi, doi langsung memanggil narasumber pertama. Seorang dokter tumbuh kembang anak yang terkenal banget. Saking terkenalnya, kalau kita mau konsultasi sama beliau itu harus antri 3 bulan. Alamak!

FYI, dokter tumbuh kembang anak di Indonesia itu nggak banyak. Jumlahnya hanya 51 orang, jadi betapa beruntungnya bisa ikut seminar dengan pemateri Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) ini. Begitu beliau naik keatas panggung, ibu-ibu yang asalnya rebut langsung merhatiin dengan seksama. Pasalnya dokter yang akrab disapa dokter Wawan ini akan mengungkap “4 Faktor Pembentuk Anak Generasi Multitalenta”. Kira-kira gimana caranya membentuk anak yang cerdas multitalenta di era millennial ini? Yuk simak penjelasan dokter Wawan di postingan berikut:

Setelah dokter Wawan memaparkan 4 faktor pembentuk anak generasi multitalenta, beliau memperkenalkan ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yaitu DR. dr. Eddy Fadiyana, SpA(K). Nggak usah dijelasin gimana track record beliau dibidang kesehatan anak. Betapa beruntungnya warga Bandung karena dokter Eddy ini praktek di Bandung! Limijati dan Hermina adalah rumah sakit dimana dokter Eddy membuka praktek. Menurut para dokter, mereka senang melihat antusias warga Bandung yang peduli terhadap tumbuh kembang anaknya.

konferensi ayah bunda platinum, KABP2017, seminar parenting, parenting, tumbuh kembang anak,

Setelah memperkenalkan dokter Eddy, acara dilanjutkan dengan melakukan beberapa tanya jawab antara dokter Wawan dan peserta Konferensi Ayah Bunda Platinum. Lalu break makan siang. Saat break saya memutuskan untuk mengajak Khalif main di play ground. Khalif terlihat sangat senang karena ada banyak teman-teman seusianya.

konferensi ayah bunda platinum, KABP2017, seminar parenting, parenting, tumbuh kembang anak,

Break untuk Lunch selesai, Konferensi Ayah Bunda Platinum dilanjutkan. Kini waktunya seorang Psikolog keren yang akan memberikan materi. Awalnya saya nggak ngeuh lho siapa pematerinya. Eh  ternyata, psikolog yang akan memberikan materi tentang “Kekuatan Bermain Untuk Membentuk Kecerdasan Multitalenta di Era Millenial” adalah Dr. Rose Mini, M.Psi alias Bunda Romi! Huaaaa, berasa lagi nonton konser ajang pencarian bakat, hehehe.

Kira-kira apa hubungannya bermain dengan kecerdasan? Ternyata yaa, bermain bukan hanya membuat hati anak senang lho! Bermain bisa menjadi stimulasi bagi anak untuk mencapai batas optimal perkembangan kecerdasannya. Untuk materi lebih lengkap tentang “Kekuatan Bermain Untuk Membentuk Kecerdasan Multitalenta di Era Millenial” silahkan baca disini:


Dasyat banget yah! Ternyata hal-hal kecil yang menurut kita hal biasa bisa menjadi stimulasi terbaik untuk anak. *peluk khalif* 

Oiah, apakah Gadget bisa dijadikan media stimulasi anak? Jawabannya adalah bisa. Hanyaaaaaaa, ketika anak sudah berusia 2 tahun dan setelah menstimulasi anak lewat gadget, sebaiknya beri bentuk real apa yang kita beri tahu pada anak. Misalnya kita menunjukan gambar gajah pada anak melalui gadget, jangan sampai anak menyangka gajah hanyalah sebesar apa yang dia lihat dalam gadget. Beri tahu anak bahwa gajah yang sebeneranya sangat besar. *I see, I see*

Jam sudah menunjukan jam 3 sore lebih. Nggak berasa banget deh ikutan Konferensi Ayah Bunda Platinum ini. Materinya seruu dan bermanfaat banget untuk pola pengasuhan anak! Sebelum pulang, saya sempet foto-foto bareng emak-emak blogger yang keren. 

konferensi ayah bunda platinum, KABP2017, seminar parenting, parenting, tumbuh kembang anak,

Semoga tulisan yang saya buat setelah mendapatkan materi dari Konferensi Ayah Bunda Platinum kali ini bisa bermanfaat. Buat Ayah dan Bunda yang mau tahu bagaimana keseruannya, bisa langsung datang ke Konferensi Ayah Bunda Platinum di Kota lain. Selamat mengembangkan kecerdasan multitalenta anak dengan optimal dan penuh kebahagiaan!

Salam hangat,
Amy.
Mamah muda sayang anak.

10 comments:

  1. Teuku Zacky sama istrinya sama2 jangkung ya teh..*salah fokus hehe..
    Acara yg menarik penuh manfaat pastiny :)

    ReplyDelete
  2. Memang ya, Teh. Jadi orang tua harus mengetahui kecerdasan anaknya

    ReplyDelete
  3. serunyaaa eventnya, semoga chilla dan chillo main ke Makassar juga yaaa

    ReplyDelete
  4. Wow.. rame dan seri ya. Ilmu seperti ini perlu banget buat para orangtua untuk meng-upgrade pengetahuannya dalam mendidik anak. ^_^

    ReplyDelete
  5. EO nya totalitas bgt kyknya ngrdesign acaranya, smp playground anaknya nampak seruuu

    ReplyDelete
  6. Baca ginian mah aku jadi pengen punya anak.. Aaaak! :))

    ReplyDelete
  7. Seru banget eventnya Morinaga. Thank you for sharing mba :)

    ReplyDelete
  8. Bakal bermanfaat banget ini ilmunya buat yang punya anak :)

    ReplyDelete
  9. Bagus acaranya, tidak hanya anak2 belajar tetapi orangtuanya juga

    ReplyDelete
  10. Bener yaa...teh Amy ternyata bakat menulis.
    Nulis materi Morinaga sampai dipecah jadi 3 blogpost dan semuanya padeettt ilmunya.

    Barakallah, teh.
    Jadi amal jariyah teh Amy yang sudah berbagi ilmu kepada semua orangtua yang gak bisa hadir kemarin.

    ReplyDelete