Saturday 23 March 2019

5 Hal Yang Harus Ditentukan Sebelum Liburan Supaya Makin Menyenangkan

Katanya jadi mamak-mamak tuh harus sering piknik biar nggak julid, nyinyir, dan terkena penyakit hati negatif lainnya. Saya setuju sih, piknik ini bukan berarti kudu maen jauh atau liburan ala sosialita, tapi pergi berkelana bareng keluarga yang bisa bikin kita makin bersyukur dan makin dekat sama Allah. *ciyee tumben nih rada bener* :p


Tapi tetep aja yaa namanya liburan, pasti harus mikirin BUDGET. Yakali kita abis liburan bukannya refresh malah mumet karena uang belanja bulanan kepake, wkwkwkwk. Jadi inget saya sampe sekarang masih belom mewujudkan liburan ke Karimun Jawa, padahal udah direncanain dari tahun 2017, hiks.


5 hal yang harus kita tentukan sebelum liburan

Sebelum liburan ada 5 hal yang menurut saya kudu ditentuin dulu biar kita bisa menyiapkan budget sesuai dengan kebutuhan liburan tanpa mumet belakangan. Liburan menyenangkan tanpa hutang!

1. Tentukan tujuan liburan.
Kita mau liburan kemana sih? Dalam kota atau luar kota? Atau mau ke luar negeri? Penentuan tujuan liburan ini akan mempengaruhi biaya transportasi. Misal saya kan di Bandung, kalo liburan ke Yogyakarta berarti bisa milih mau naik apa, pesawat kah, kereta api, atau bus? Dan kalo mau ke luar negeri harus ada biaya bikin passport atau visa. Nah sudahkah kamu nentuin mau liburan kemana? 

2. Tentukan akan pergi dengan siapa saja.
Kalian mau liburan ama siapa sih? Sebelom nikah, saya nentuin liburan bareng temen. Dan nggak ngaruh ke budget karena kan bayar masing-masing. Berbeda setelah menikah dan punya anak, tentunya budget bertambah. Misal kalo pergi sama suami dan anak, naik kereta masih cukup bayar 2 tiket. Tapi klo naik pesawat udah kudu bayar 3 tiket. Ato kalo misalnya kamu mau pergi sekeluarga besar dan memilih nyewa bus pariwisata, nah tetep ketauan kan berapa budget yang dibutuhkan.

3. Tentukan kapan akan liburan.
Di Indonesia, ada banyak banget hari libur nasional. So itu bakal jadi high season dalam perhotelan dan transportasi yang nyebabin harganya lebih mahal ketimbang hari biasa. Nah biar nggak salah pilih tanggal yuk cek dulu cuti nasional dan tanggal merah  lainnya di https://www.traveloka.com/libur-nasional/cuti-bersama

Saya sendiri bukan orang yang mesti liburan saat hari libur berderet panjang karena suami nggak lagi kerja kantoran. Seperti akhir tahun 2018 kemarin, kami memilih pergi liburan di awal Desember dengan pertimbangan biaya jauh leih murah dan tempat wisata juga nggak terlalu padat. Alhamdulillah, berangkat dari Bandung 6 orang dewasa dan 3 batita, selama 4 hari 3 malam malam hanya mengeluarkan biaya nggak lebih dari 5 juta lho! 

4. Tentukan berapa lama durasi liburan.
Durasi liburan ini akan menunjukan berapa biaya yang diperlukan selama kita menikmati liburan. Misal biaya makan sehari 3 kali, biaya ngopi, biaya hotel, dan biaya transportasi di tempat liburan. Pastinya makin lama durasinya, biaya yang dikeluarin akan makin besar. Nah klo misalnya kita mau liburan long term sampe sebulan, ada baiknya menyewa rumah saja ketimbang nginep di hotel atau penginapan. Bahkan klo sewa rumah, kita bisa hemat biaya untuk makan lho, hehehe. 

5. Tentukan wisata apa yang akan dilakukan selama liburan. 
Ini penting banget! Jangan sampai ketika kita ingin liburan ke suatu kota, misal Bali, eh tapi sampe sana malah bingung mau ngapain, wkwkwkw. Sebaiknya tentukan plan liburan kita mau kemana saja. Seperti kemarin di Yogayakarta, saya memang pengen wisata belanja di malioboro dan wisata sejarah ke candi borobudur. Selain itu wisata kuliner dan wisata pantai. Jadi saya membuag list tempat mana saja yang akan di kunjungi, dan dilihat jarak yang berdekatan sehingga memungkinkan atau tidak dihampiri dalam satu hari? Ini sangat berkaitan juga dengan budget, misal biaya tiket masuk, biaya sewa mobil, dan biaya makan. Terutama wisata belanja dan kuliner, harus menyiapkan budget ekstra karena siapa tahu tiba-tiba banyak teman yang menitip oleh-oleh. Ya kan?

Setelah 5 hal tadi kita tentukan, sekarang akan kita temukan berapa budget yang dibutuhkan untuk liburan nanti. Apakah kamu sudah menghitungnya? Semoga tips ala-ala mamah khalif ini bisa bermanfaat yaa, selamat merencanakan liburan, be happy! ^_^

5 comments:

  1. Saya paling suka liburan dengan 2 teman blogger di sini. Imut, muda, energik, dan travel budget. Ga takut kehabisan uang di jalan karena serba share cost

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen Giandra cepat lulus ASI ekslusif lalu ngebolang lagi, deh. Hihihihi.
    Duh!
    Ga ding, memang nanti kalau usia 6 bulan akan diajak berpetualang mencari bahan penelitian. Salah satunya ke Borobudur

    ReplyDelete
  3. Haha iya, kalau udah berkeluarga, budgetnya jadi dobel. Nambah istri dan anak-anak. Tapi katanya rezekinya juga dobel ya :)

    ReplyDelete
  4. Liburan memang sebaiknya direncanakan ya
    Biar gak banyak bocornya terutama di rekening hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku juga tiap bikin rencana liburan langsung browsing2 tempat yg menarik dikunjungi, sekalian itung2 kira2 biaya yg dikeluarkan berapa.

    ReplyDelete