Skip to main content

3 Cara Untuk Mengatasi Selulit Pada Wanita Hamil

Sudah tanggal 6 April, itu tandanya kalau menurut HPL (Hari Perkiraan Lahir) dari Bidan, 2 hari lagi Killua akan dilahirkan ke dunia ini. Konon katanya, kalau anaknya perempuan biasanya tanggal lahir akan maju dari HPL. Sebaliknya jika anak yang akan dilahirkan laki-laki, maka tanggal kelahirannya mundur dari HPL. Yaa itu mah rahasia dan kuasa Allah, yang penting nanti killua lahir dengan selamat ya nak, aamiin, :)

Dalam tulisan kali ini saya nggak akan berbagi tentang nama anak, tentang baju yang sudah disiapkan untuk anak, ataupun tentang betapa sensitifnya perasaan saya saat menanti kelahiran Killua. Pembahasan kali ini adalah sebuah hal yang menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan kaum hawa, yaitu "SELULIT". Iya, selulit atau strechmark pada kulit memang sulit dihilangkan. Meski ada beberapa salep yang katanya bisa menghilangkan selulit, saya sih lebih memilih menghindarinya sedini mungkin.

Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Hehe. Dari pengalaman saya semasa hidup *apaaah*, selulit itu datang karena terjadinya pemelaran kulit dibagian-bagian tertentu. Khususnya paha, bagian belakang tubuh, dan perut. Nah apalagi pada ibu hamil, perut yang awalnya kecil sixpack (ini perut siapa ya? Perut saya mah udah dangdut dari sebelum hamil mhihihihi) akan membesar jadi beberapa kali lipat. Ibarat balon yang asalnya ciut terus ditiup kemudian dikempeskan lagi, maka akan muncul guratan-guratan selulit itu. Saya baru ngeuh ternyata ada cara mengatasi selulit yang bisa kita lakukan sedini mungkin lho! 


1. Gunakan Cream
Cream disini bukan cream pagi, cream siang, atau cream malam ya apalagi serum vitamin C! Sebaiknya gunakan body cream atau body butter pada daerah-daerah rentan selulit. Seperti paha, pantat, dan perut. Kandungan vitamin dari body cream bisa memberikan kelembaban sehingga kulit menjadi lebih lentur dan kenyal. Selain untuk menghindari Selulit saya menggunakan body cream untuk memberikan keharuman dan terhindar dari kulit bersisik. 


Saya mencobanya, alhamdulillah bagian perut saya yang saat ini sudah dalam usia kehamilan 9 bulan, hanya ada beberapa garis dibagian bawah karena saat itu ngga tahu kalau selulit bisa dicegah dengan menggunakan cream. Sebelum tahu bahwa body cream bisa digunakan untuk mencegah selulit saya biasanya menggunakan minyak telon diarea perut supaya nggak masuk angin, hihihi. Sekarang kalau kerasa gatal akan melar, saya langsung olesi body cream. Kalo kata suami saya saat saya mengolesi body cream pada perut dia bilang "Pakein itu biar Killua nggak bau asem kayak anak SD" hihihi.

FYI, body cream yang saya gunakan ini awet lho. Padalah sudah 2 bulan saya pakai rutin sehabis mandi untuk bagian tangan, tubuh, dan kaki. Harganya juga lumayan murah hanya 129ribu aja dengan isi 250 ml. Bulan ini lagi promo jadi hanya 65.000! Yang mau nyetok bisa kontak saya ya! :D

2. Jangan Menggaruk
Saya nggak tahu rasa gatal itu datang karena pemelaran atau jusru karena gata yang digaruk akan menimbulkan strechmark, tapi yang jelas jika ada bagian paha, perut ataupun pantat yang gatal sebaiknya jangan digaruk. Konon saat gatal, kita juga tidak boleh menggaruk bagian yang gatal dengan kain alias dari luar pakaian. Jika benar-benar sangat gatal sebaiknya hanya diusap-usap dengan tangan langsung (kulit tangan menempel dengan area yang gatal).

Untuk menghindari rasa gatal dari gigitan nyamuk atau semut sebaiknya gunakan minyak telon atau kayu putih. Semntara jika rasa gatal itu seolah-olah datang dari bawah kulit sebaiknya olesi dengan body cream.

3. Berdoa
Ya ini cara paling ampuh. Apapun usaha kita kalau Allah tidak meridhoi mah percuma, iya kan? :D
Meski terlambat mengetahui selulit bisa dicegah, saya sih nggak menyesal dan tetap melakukan pengolesan body cream serta mencoba untuk tidak menggaruk tubuh agar selulit tidak terlalu banyak.

Sebenarnya untuk wanita yang berhijab, selulit ini bukan masalah besar. Mengapa? Karena tertutup hijab, selama suami menerima kita apa adanya, iya kan? Jadi kalau selulit atau strechmark pada tubuh saya masih muncul dan yang sudah terlanjur ada itu tidak bisa hilang, saya sih memilih berdoa sama Allah supaya suami saya menerima selulit dan strechmark ini apa adanya. :DDD

Sekian curahan hati menjelang kelahiran Killua, semoga bermanfaat. ^^









Comments

  1. ahh.. dapet nih solusinya. makasih mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak. Semoga bisa digunakan solusinya hehe :D

      Delete
  2. Anak saya dua-duanya (laki & Perempuan)mundur dri HPL mbak :)
    Semoga lancar dalam persalinan mbak
    sehat ibu dan bayinya aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih mas doanya.
      BTW anak saya meleset dari HPL, hehe.. Jadinya lahir tanggal 12 april :D

      Delete
  3. mbak waktu itu aku seklias lihat alat untuk bersihin muka tapi lupa mbak amy share dimana ya

    ReplyDelete

Post a Comment